Bawang Putih dan Manfaatnya Untuk Ayam Kampung

Posted by

Anda mungkin pernah merasa sangat terganggu dengan bau mulut seseorang disamping anda saat mereka berbicara. Gangguan itu adalah gangguan bau mulut yang dihasilkan karena mereka suka mengunyah bawang putih. Memang ada beberapa orang yang melakukan terapi kesehatan dengan rutin mengunyah 1 sampai 2 siung bawang putih setiap hari untuk menjaga kesehatan. Cuma memang efek sampingnya jika tidak bersih saat membersihkan mulut akan menyebabkan bau yang tidak sedap yaitu bau khas bawang putih. Mengunyah bawang putih juga dipercaya menyehatkan mulut dan bisa mencegah sariawan.

Manfaat bawang putih ternyata tidak hanya bagi manusia sebagai obat alami atau antibiotik alami. Bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati hewan ternak yang sakit seperti misalnya ayam kampung.
Bawang putih sudah lama diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan bagi manusia seperti untuk obat sakit gigi, diare, gangguan pencernaan, menurunkan tekanan darah tinggi, untuk mengobati sariawan, mengobati flu dan pilek, obat alami untuk ambeien dan juga untuk obat batuk.



Bawang putih juga bisa dimanfaatkan sebagai antibiotik alami sehingga dengan pemakaian yang benar bahan ini minim efek samping. Konsumsi 1 siung bawang putih rutin setiap hari akan mampu meningkatkan imunitas tubuh anda.

Bagaimana Manfaat Bawang Putih untuk Jamu Ayam Kampung?
Cara Mengobati Ayam dengan Bawang Putih
Cara pemberian bawang putih untuk jamu yaitu dengan memotong kecil-kecil sebagai ransum atau pakan atau diblender dan dimasukkan ke dalam air minum. Dosis yaitu kurang lebih 1/4 siung untuk 1 ekor ayam dewasa.
Disamping sebagai jamu ayam, bawang putih juga dipergunakan untuk mengobati beberapa masalah yang terjadi pada ayam.

Berikut ini adalah khasiat dari bawang putih untuk ayam kampung.

Meningkatkan ketahanan tubuh
Saat pergantian musim tentu ketahanan tubuh ayam juga berbeda-beda dikarenakan perubahan suhu yang kadang berubah-ubah secara ekstrim. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh akibat cuaca. Pemberian bawang putih dapat menambah suhu tubuh. Allicin yang terkandung dalam bawang putih merupakan senyawa anti jamur. Ini menyebabkan ayam menjadi tahan terhadap serangan bakteri maupun virus. Bawang putih juga dapat mengobati  flu pada ayam. Memperbaiki atau mengobati bagian tubuh ayam yang luka

Hal ini karena bawang putih berfungsi sebagai antibiotika alami yang bisa mematikan jamur dan juga menangkal serangan kuman pada ayam kampung.

Mengobati sakit pada telinga
Tentu penyakit pada telinga ayam memang sulit dikenali dengan jarangnya dijumpai penyakit pada telinga. Pemberian cairan bawang putih pada telinga dapat menurunkan ayam yang stress akibat suara bising (petasan bulan puasa).

Mengurangi diare
Ternyata bawang putih bisa untuk mengobati ayam mencret. Ayam yang sedang mengalami diare karena beberapa faktor seperti cuaca dll, memberi bawang putih pada ayam untuk membuat agar kotoran tidak encer. Dengan ayam mengkonsumsi bawang putih maka sistem pencernaan akan lancar.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 01:20:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.