Burung Nasar Raja, Pemakan Bangkai Berbulu Putih

Posted by

Burung Nasar Raja (King Vulture), Si Tampang Unik
King Vulture tersebar luas di Amerika Tengah dan Selatan. Burung ini mendiami hutan tropis primer yang lebat dengan pohon-pohon yang tinggi. Hidup soliter atau bersama-sama dalam kelompok kecil. King Vulture memiliki daerah jelajah yang sangat luas. Seringkali, burung ini diamati saat terbang tinggi di sekitarpadang rumput atau daerah terbuka untuk mencari bangkai hewan besar yang telah mati atau membusuk.

Nasar raja, foto by wikipedia
Menurut wikipedia, terdapat dua teori bagaimana Hering Raja mendapat nama "Raja". Pertama, nama "raja" diberikan karena kebiasaannya mengalahkan dan mengusir burung hering yang lebih kecil dari bangkai dan membiarkannya menunggu sementara ia makan sendiri sampai kenyang. Teori alternatif melaporkan bahwa nama raja berasal dari legenda peradaban Maya yang berkisah bahwa burung ini adalah raja yang menjadi utusan antara manusia dan dewa. Burung ini juga disebut sebagai "Gagak Putih" oleh orang-orang Spanyol di Paraguay.


Berbeda dengan burung pemakan bangkai lain yang tampangnya terlihat menyeramkan, King Vulture memiliki tampilan berbeda. Warna tubuh putih bersih dengan sayap dan ekor berwarna kontras (hitam). Kepala, leher, pial dan gelambir burung juga memiliki tampilan menyolok dengan warna kuning terang. Warna ini berpadu dengan warna merah, putih, hitam dan sedikit ungu.



King Vulture Sarcorhampus papa. Sumber: en.wikipedia.org., bio expedition.com., fineartamerica.com., ramonmollerjensen.com.

Paruh King Vulture mirip burung Elang, sangat kuat dan melengkung tajam. Paruh ini berfungsi untuk merobek kulit bangkai hewan besar yang tebal dan liat, sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh burung pemakan bangkai yang lain.
Hering Raja adalah spesies Hering Dunia Baru yang terbesar. Panjang tubuh keseluruhan mencapai 67–80 cm dan bentangan sayapnya selebar 1.2–1.7 meter. Bobot tubuh Hering Raja sekitar 2.7–4.5 kilogram.
Pada kebanyakan kasus, jika ada burung bangkai yang menemukan hewan besar yang telah mati seperti sapi atau kuda liar, burung ini akan menunggu datangnya King Vulture untuk merobek kulit yang tebal dan liat. Setelah King Vulture selesai makan dan kenyang, barulah burung bangkai yang lain saling berebutan untuk memakan sisa bangkai yang sudah dicabik-cabik sang Raja.

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 19:35:00

0 komentar:

Powered by Blogger.