Burung Pemakan Madu (Nektar), Jenis dan Macamnya

Posted by

Berbagai Macam Jenis Burung Penghisap Nektar atau Madu Kembang (Bunga)
Burung penghisap madu umumnya memiliki ukuran tubuh yang kecil dan ada beberapa yang memiliki warna khas yang indah. Beberapa Jenis Burung Pemakan dan Penghisap Madu atau Nektar Bunga antara lain burung madu kelapa, burung colibri, burung kaca mata, sogok ontong (sunbird), sriganti dll.
Ciri paruh yang khas pada burung penghisap nektar bunga. Paruh burung pemakan atau penghisap nektar (madu) ini berbentuk panjang dan runcing pada ujung paruhnya. Bentuk paruh seperti itu berfungsi untuk mempermudah burung menghisap nektar. Habitat burung ini umumnya di atas pohon untuk memudahkan burung memperoleh makanannya. Serangga-serangga yang biasa dijadikan santapan ialah semut, laba-laba, ulat, kepik, belalang, dan lain-lain.

Burung Madu Kelapa 
Burung Jenis Madu Kelapa biasanya memakan nektar bunga yang berbentuk terompet pada benalu, pisang, kenbang sepatu. Juga memakan serangga, ulat, laba-laba, dan buah yang lembut. Sarang menggantung, berbentuk kantung terbuat dari serat rumput yang dijalin dengan sarang laba-laba dan dilapisi dengan kapas rumput. Burung ini bisa berbiak sepanjang tahun.


Burung-madu kelapa (Anthreptes malacensis) adalah spesies burung dari keluarga Nectariniidae, dari genus Anthreptes. Burung ini merupakan jenis burung pemakan nektar Loranthus, Musa, Hibiscus, serangga, ulat, laba-laba, buah lembu dan memiliki habitat di pekarangan terbuka, kebun kelapa, semak pantai, hutan mangrove. tersebar sampai ketinggian 1.200 m dpl. Bersifat teritorial secara agresif, mengusir burung-madu lain dari pohon sumber makanan yang disukainya, seperti Loranthus, Musa, dan Hybiscus.
Status Kelangkaan Burung Madu Kelapa : Daftar merah IUCN : Kurang mengkhawatirkan (LC), Perlindungan: PP No. 7/1999
Burung Sogok Ontong (Sun Bird)
Burung berukuran kecil yang bernama sogok ontong ini mempunyai warna bulu yang indah, berwarna warni dan mempunyai nyanyian khas burung kecil lainnya yaitu ribut berisik.
Burung Madu atau Sunbird atau nama lokalnya Sogok Ontong adalah burung kecil pemakan nektar bunga dan serangga kecil yg berasal dari family Nectariniidae, sebenarnya ada lagi selain Sunbird di family ini, yaitu Pijantung atau Spiderhunter.
Burung sogok ontong jantan memiliki warna dada hingga perut bagian bawah kuning dan wajah hingga leher depan berwarna hitam kebiruan, serta kepala, punggung dan sayap berwarna hijau tua keabu-abuan. sedangkan burung sogok ontong betina memiliki warna leher hingga perut bagian bawah kuning dan kepala hingga punggung serta sayapnya berwarna hijau tua keabu-abuan.

Burung sogok ontong adalah salah satu jenis burung dari jenis burung kolibri. Burung sogok ontong memiliki bentuk fisik yang kecil seukuran dengan burung pleci dan burung kemade. Memiliki paruh yang panjang untuk menghisap sari-sari bunga yang sebagai makanan pokoknya dialam liar.

Burung Kacamata Biasa (Zosterops palpebrosus)
Burung kecil yang lincah, dengan panjang tubuh (dari ujung paruh hingga ujung ekor) sekitar 10–11 cm. Sisi atas tubuh tertutup bulu-bulu kehijauan atau hijau kekuningan (hijau zaitun). 
Kacamata biasa (Zosterops palpebrosus) adalah nama sejenis burung kecil dari suku Zosteropidae, bangsa Passeriformes (burung petengger). Burung ini merupakan penetap di hutan-hutan terbuka di kawasan Asia tropis, mulai dari India ke timur hingga Cina dan Indonesia.

Burung Madu Sriganti
Burung-madu sriganti memiliki tubuh berukuran kecil (10 cm), mempunyai paruh lancip dan panjang, berdarah panas, dan membiak dengan cara bertelur. 
Burung-madu sriganti (Nectarinia jugularis) adalah spesies burung dari keluarga Nectariniidae, dari genus Nectarinia. Burung ini merupakan jenis burung pemakan nektar Benalu, Mengkudu, Pepaya, Dadap, serangga kecil, laba-laba dan memiliki habitat di pekarangan, semak pantai, hutan mangrove.

Kolibri Sepah Raja 
Jenis burung pemakan madu atau nektar bunga yang sangat populer karena keunikannya adalah jenis burung kolibri.

Ciri khas dari burung kolibri sepah raja (Crimson Sunbird) adalah warna merah dan warna hitam yang di kepalaya menjadi ciri khas dari burung ini. Burung Sepah Raja ini memakan nektar dari berbagai bunga, bahkan air gula.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 20:55:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.