Burung Raja Udang, Jenis Cekakak Jawa

Posted by

Jenis Burung Raja Udang (Kingfisher), Burung Langka Dengan Paruh Cemerlang

Burung Cekakak Jawa adalah spesies burung dari keluarga Alcedinidae, dari genus Halcyon. Burung ini merupakan jenis burung pemakan serangga yang memiliki habitat di lahan terbuka, pepohonan, dekat air bersih, tersebar sampai ketinggian 1.000 m dpl. (Wikipedia)
Raja Udang adalah jenis burung berukuran kecil hingga sedang. Raja Udang mudah dibedakan dari jenis burung lainnya karena memiliki kepala yang besar, paruh yang panjang, kokoh dan tajam dengan ujung meruncing serta kaki dan ekor yang pendek.
Suara burung Cekakak sangat bagus untuk memaster burung lomba seperti Murai batu, Anis merah, Cucak ijo, Love bird dan lain-lain. Merawat Anakan Burung Cekakak Menurut pengalaman penulis, burung Cekakak akan lebih bagus dan bisa bertahan hidup lama kalau dipelihara dari anakan. Dan suara anakan yang sudah agak besarpun, kalau mereka lapar suaranya bagus untuk memaster. Karena sepintas suaranya mirip suara jalak suren yang ngekek terus menerus.
Salah satu jenis Raja Udang yang memiliki paruh besar berwarna cemerlang adalah Cekakak Jawa Halcyon cyanoventris. Burung ini memiliki paruh sangat besar berwarna merah-jingga terang dengan warna biru yang indah pada sayap, ekor dan punggungnya .



Cekakak Jawa Halcyon cyanoventris. Sumber: flickr dan pinterest.com.
Di indonesia sendiri di ketahui terdapat ± 45 species burung raja udang dan salah satu yang paling populer adalah jenis “Halcyon cyanoventris”atau orang-orang lebih mengenal dengan sebutan Cekakak jawa.
Cekakak Jawa tergolong spesies endemik yang langka. Burung ini hanya memiliki sebaran terbatas di Jawa dan dilindungi Undang-Undang.

Menurut beberapa informasi burung cekakak jawa biasa bertelur 2-4 butir. Telur burung cekakak jawa sebesar telur burung dara dengan warna lebih putih dan lebih bulat. cekakak jawa mengerami telurnya paling lama 1 bulan dan setelah menetas anak burung cekakak jawa sudah siap terbang jika sudah mencapai umur 2-3 minggu-an.

Beberapa Jenis Raja Udang Yang Paling Dikenal :
  • Raja-udang erasia (Alcedo atthis)
  • Raja-udang punggung-merah (Ceyx rufidorsa)
  • Pekaka emas (Pelargopsis capensis)
  • Cekakak batu (Lacedo pulchella)
  • Cekakak belukar (Halcyon smyrnensis)
  • Cekakak jawa (Halcyon cyanoventris)
  • Cekakak sungai (Todirhamphus chloris)
  • Cekakak suci (Todirhamphus sanctus)
  • Cekakak-pita biasa (Tanysiptera galatea)

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 21:10:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.