Burung Rangkong Badak, Spesies Terbesar Asli Indonesia

Posted by

Jenis Burung Rangkong Badak, Jenis Rangkong Terbesar Pemakan Buah-buahan.
Burung Rangkong atau Enggang (Hornbill) terdiri atas 57 spesies yang tersebar di Asia dan Arika. 14 jenis diantaranya terdapat di Indonesia. Bahkan 3 diantaranya merupakan Rangkong endemik Indonesia.
Burung Rangkong Badak. Burung asli Indonesia ini adalah salah satu spesies Rangkong terbesar. Selain Kalimantan, burung ini juga tersebar luas di Sumatera, Jawa, Semenanjung Malaya hingga Thailand Selatan.
Makanan pokok jenis burung Rangkong badak terutama adalah jenis buah-buahan sedangkan untuk "camilannya" adalah binatang-binatang kecil seperti kadal, kelelawar, tikus, ular dan berbagai jenis serangga.


Rangkong Badak (Buceros rhinoceros). Foto: Tim Laman.



Sebagai pemakan buah-buahan (frugivor), Rangkong Badak dilengkapi dengan paruh yang besar. Ini masih ditambah dengan tonjolan besar berwarna jingga terang seperti cula Badak di atas kepala.
Burung yang ahli "tertawa terbahak-bahak". Ciri khas burung rangkong lainnya adalah suara dari kepakan sayap dan suara “calling”, seperti yang dipunyai Rangkong Gading (Buceros vigil) dengan “calling” seperti orang tertawa terbahak-bahak dan dapat terdengar hingga radius 3 Km.
Konon cula yang ada diatas kepala Rangkong Badak ini berfungsi untuk menyibak dedaunan lebat, agar si burung lebih mudah meraih buah dengan paruhnya. Selain buah, Rangkok Badak juga berburu tikus kecil, burung kecil reptil kecil dan serangga.
Spesies Burung Rangkong tersebar mulai dari daerah sub-sahara Afrika, India, Asia Tenggara, New Guinea dan Kepulauan Solomon Sebagian besar hidup di hutan hujan tropis. Rangkong banyak ditemukan di daerah hutan dataran rendah dan perbukitan (0 – 1000 m dpl). 

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 18:26:00

0 komentar:

Powered by Blogger.