Cara Agar Mangga Cepat Berbuah Dengan Menyakiti Pohonnya

Posted by

Menyakiti Pohon Mangga Dengan Bor Batang Sampai Tembus

Cara tradisional untuk mempercepat pembuahan pada pohon mangga yang satu ini diyakini bisa menstimulasi pohon mangga agar cepat berbunga yang akhirnya akan memunculkan buah. Caranya adalah tentukan kira-kira 3-5cm dari permukaan tanah, batang utama dibor dengan diameter sebesar pensil. Lakukan hingga bor ini sampai tembus disisi lain batang pohon mangga, kemudian diisi dengan kayu atau pensil kayu. atau sayatan bambu dibentuk bulat panjang. Pada prinsipnya cara ini lebih effisien, karena cairan akan keluar dari tekanan akar.

Pohon Buah Mangga



Cara Membuat Pohon Mangga Cepat Berbuah Dengan Menyayat Batang Pohon

Cara yang berikut ini sangat sering dilakukan oleh petani mangga. Jika kita berjalan-jalan disekitar perkebunan mangga maka akan terlihat batang-batang mangga yang penuh sayatan atau bekas diris-iris. Cara ini memang dianggap ampuh untuk mempercepat mangga berbuah bahkan untuk membuat dan merangsang mangga yang tidak pernah berbuah.

Cara menyayat batang pohon mangga adalah dengan mengeluarkan getah pohon mangga sebanyak-banyaknya dengan membuat Sayatan selebar 2cm melingkar pada batang pohon Mangga atau pohon buah lainnya, lakukan sayatan seperti kalau kita mau mencangkok, sehingga getahnya banyak yang keluar, lakukan sayatan dan kupas batang pohon tersebut selebar 2-3 cm melingkar diatas permukaan tanah 5cm. Mangga adalah buah musiman, jadi buat guratan melingkar pada batang pohon pada saat musim Mangga.

Cara Termudah Mempercepat Munculnya Buah Mangga adalah dengan Paku

Cara melakukannya sangat simpel yaitu cukup dengan memaku pohon mangga. Tusuk atau tancapkan paku pada pohon mangga yang belum berbuah.
Dan yang terpenting adalah jangan lupa untuk melakukan pemupukan dengan NPK sebulan sekali dengan cara pupuk dibenamkan di tanah dengan jarak sekitar 20 cm dari batang utama, dengan kedalaman sekitar 10 cm, lalu disiram air agar pupuk cepat diserap tanaman. dan dibuatkan kubangan melingkar dibatang/pohon tersebut untuk menampung air.

Jika anda kurang yakin dengan salah satu cara mungkin bisa juga dengan mengkombinasikan 2 macam cara tersebut diatas, contohnya mengombinasikan cara bor batang dengan menancapkan paku pada batang pohon mangga.

Cara-cara tersebut diatas adalah cara yang biasa digunakan oleh pekebun mangga terutama cara dengan menyayat batang pohon. Tingkat keberhasilannya mungkin saja bisa berbeda-beda tergantung dengan intensif atau tidaknya pohon mangga tersebut dibudidayakan.

Jika pembaca punya tips lain yang sudah berhasil diterapkan berdasar pengalaman dan mau sharing silahkan tuliskan di kolom komentar, semoga bermanfaat bagi pembaca lainnya. Terima kasih.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 20:06:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.