Cara Mudah Deteksi Kandungan Boraks Dalam Makanan

Posted by

Test Kandungan Boraks Pada Makanan Anda!
 


Boraks adalah bahan pengawet yang tidak layak digunakan untuk makanan karena efek negatifnya bagi kesehatan. Tetapi pengusaha makanan kadang tidak mau ambil peduli dengan hal tersebut dan mereka tetap saja menggunakan boraks untuk mengawetkan makananya.

Demi menjaga kesehatan ada baiknya konsumen waspada dengan makanan yang mengandung boraks ini. Menyantap makanan yang mengandung boraks dengan terus menerus akan meninggalkan residu zat berbahaya bagi tubuh yang salah satunya bisa menyebabkan kanker dan gangguan kesehatan lainnya.

Kunyit adalah sejenis rempah yang bisa digunakan untuk  membantu kita mendeteksi ada atau tidaknya bahan pengawet yang berupa boraks dalam makanan yang akan kita konsumsi. Anda semua tentu kenal yang namanya kunyit salah satu bumbu dapur yang sangat populer di kalangan ibu ibu rumah tangga.

Manfaat kunyit sebagai obat herbal juga sudah banyak diketahui. Ternyata ada satu manfaat lagi dari kunyit yang belum banyak diketahui orang yaitu sebagai detektor borak atau bleng. Bagaimana Caranya?
Tusukkan tusuk gigi ke KUNYIT terlebih dahulu, kemudian tusukkan pada makanan yang akan diuji selama 5 detik, maka akan kelihatan apakah makanan tersebut mengandung BORAX atau tidak. Karena KUNYIT akan bereaksi terhadap bahan kimia. Bila ada kandungan boraxnya, maka tusuk gigi akan berwarna MERAH.
Cara yang sangat sederhana dalam mendeteksi boraks pada makanan ini adalah hasil temuan dari 2 siswi SMAN 3 Semarang, Dayu Laras Wening dan Luthfia Adila. Mereka menamakan temuannya dg SIBODEX (stick of borak detector). Temuan mereka ini berhasil menyabet medali emas pd International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2014, sebuah ajang kompetisi inovasi anak muda tingkat dunia. Ternyata manfaat kunyit untuk deteksi borak yang menemukan malah anak anak SMA.

Silahkan share dan sebarkan artikel ini jika ada manfaatnya. Terima kasih.

Semoga bermanfaat.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 00:48:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.