Ciri-Ciri Khas dan Keunggulan Sapi Bali

Posted by

Sapi Bali, Plasma Nutfah Asli Indonesia 



Ada sedikitnya tiga jenis sapi asli Indonesia yang memiliki nama mengikuti daerah asalnya. Yang pertama tentunya sapi Bali ini yang memang populasi terbesarnya ada di pulau Bali. Sapi kedua adalah sapi Madura yang tersebar di pulau Madura sebagai ternak sapi andalan penduduk. Jenis sapi yang ketiga adalah sapi Aceh yang memang kurang begitu populer seperti sapi Madura maupun sapi Bali.


Sapi Bali sendiri sebenarnya juga sudah tersebar kedaerah yang lebih timur lagi yaitu di NTT yang lebih dikenal dengan sebutan sapi Bali Kupang dengan ukuran yang relatif lebih kecil-kecil dari sapi Bali yang diternakkan di pulau Bali, kemungkinan karena sudah adanya persilangan dengan ternak sapi lain didaerah tersebut.

Bali sebagai daerah yang dihuni mayoritas Hindu tidak memakan daging sapi sehingga populasi sapi di Bali bisa berkembang pesat dan menjadi andalan pemasukan daerah dari sektor peternakan.

Apa saja keunggulan dan kelebihan sapi Bali jika dibandingkan dengan jenis sapi lainnya? Simak informasi tentang sapi Bali dibawah ini.

Keunggulan Sapi Bali dan Ciri Khasnya yang Mudah Dikenali

APA SAJA CIRI - CIRI YANG TERDAPAT PADA SAPI BALI?

  • Sapi Bali Betina dan pedet berwarna merah keemasan, meski pada saat pedet berwarna sama dengan betina namun saat dewasa sapi Bali jantan berubah warna. Sapi Bali jantan dewasa berwarna hitam.
  • Adanya ciri khas warna putih dari lutut sampai ujung kaki dan bentuk oval pada bagian belakang (Pantat)
  • Bentuk kepala sapi Bali lebar, pendek, dahi datar dengan telinga sedang dan berdiri.
  • Sapi Bali memiliki tanduk yang besar dan panjang mengarah ke samping atas depan.
  • Ciri khas lainnya adalah bagian dada dalam dengan kaki kuat. Biasanya sapi Bali super memiliki ukuran bagian depan yang besar dan kekar sementara bagian belakang (pantat) tidak terlalu besar.

APA KEUNGGULAN SAPI BALI?

  • Sapi Bali adalah sapi yang sangat bagus dalam beradaptasi terhadap pakan karenanya sapi Bali dapat tumbuh baik dengan pakan yang jelek.
  • Memiliki daya tahan yang baik terhadap panas tinggi.
  • Hasil pemotongan menunjukkan presentase karkas tinggi dengan kualitas daging yang baik.
  • Sapi bali terkenal sebagai sapi yang sangat bagus sifat reproduksinya dan dapat beranak setiap tahun.
 

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 18:22:00

0 komentar:

Powered by Blogger.