Daftar Obat Antik Kantuk, Hati-hati Dalam Penggunannya

Posted by

Inilah Obat-obatan yang Bisa Menyebabkan Insomnia
Contoh obat anti kantuk adalah Alppa-blockers yang umumnya diresepkan untuk mengobati tekanan darah tinggi. Selain menyebabkan insomnia, kebalikannya obat ini juga akan bisa membuat Anda merasa ngantuk di siang hari tetapi melek sepanjang malam.

Insomnia atau susah tidur biasanya banyak dialami oleh orang yang sudah berumur dan kebanyakan menganggap hal tersebut adalah normal saja karena faktor "U" atau faktor umur. Sebenarnya insomnia tidak hanya semata-mata karena faktor usia tetapi lebih banyak dipengaruhi faktor gaya hidup. Ada satu faktor lagi yang kadang kurang mendapatkan perhatian yaitu faktor obat-obatan.

Seseorang yang sedang diterapi oleh dokter menggunakan obat-obatan jenis tertentu ternyata juga bisa berakibat menderita insomnia. Apa saja jenis obat yang bisa membuat seseorang kuat "melek" semalaman akibat susah tidur? Simak daftarnya dibawah ini.

Corticosteroids

Beberapa jenis penyakit seperti rematik dan asam urat biasanya diobati dengan obat ini. Corticosteroids akan membuat hormon kortikosteroid Anda mengalir secara berlebih sehingga membuat Anda selalu terjaga.

ARBs

Salah satu efek samping obat ini adalah kram kaki yang bisa mengakibatkan susah tidur. ARBS biasanya diresepkan kepada pasien dengan penyakit jantung koroner atau diabetes tipe 2. Obat ini akan meningkatkan kadar kalium dalam tubuh yang menyebabkan Anda diare dan kram kaki yang kemudian mampu mengganggu waktu tidur Anda.

Glucosamine dan Chondroitin

Obat anti nyeri dan inflamasi: Glucosamine dan Chondroitin biasanya ditemukan dalam suplemen diet. Obat ini juga bermanfaat untuk mengobati nyeri sendi dan inflamasi. Meskipun belum secara jelas diketahui apakah efek ini akan membuat Anda insomnia, namun obat ini akan membuat peminumnya merasakan diare dan mual sepanjang malam yang akan membuat Anda selalu terjaga.

ACE Inhibitors

Obat ini digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Karena ACE Inhibitors mampu meningkatkan kadar kalium dalam tubuh, maka jam tidur Anda pun bisa terganggu.

Cholinesterase Inhibitors

Cholinesterase Inhibitors merupakan obat yang digunakan untuk mengobati penyakit Alzheimer dan demensia. Obat ini akan mengganggu kerja neurotransmitter yang membuat Anda mengalami insomnia dan mimpi buruk.

Alpha-Blockers

Obat ini menempati daftar teratas dalam daftar obat yang menyebabkan insomnia. Alppa-blockers sendiri diresepkan untuk mengobati tekanan darah tinggi. Selain menyebabkan insomnia, kebalikannya obat ini akan membuat Anda merasa kantuk di siang hari,

Statins

Statins diberikan pada mereka yang bermasalah dengan kolesterol tinggi. Obat ini membuat Anda merasa gelisah karena nyeri otot yang terjadi dan mengarah ke insomnia.

Beta-Blockers

Sala seperti alpha-blockers, beta blockers juga digunakan untuk mengobati hipertensi. Obat ini akan menghambat sekresi melatonin yang membuat Anda sulit tidur di malam hari.

SSRI Antidepressants

SSRI Antidepressants digunakan sebagai obat bagi mereka yang mengalami depresi berat. Meskipun belum ada penelitian yang akurat, namun mereka yang biasanya mengonsumsi obat-obatan ini akan mudah mengalami insomnia.

H1 Antagonists

Obat ini diresepkan untuk mengontrol histamin yang mampu menyebabkan insomnia. Selain itu, konsumsi obat ini juga menyebabkan infeksi alergi termasuk gatal, kemerahan di kulit, mata berair, dan hidung meler.

Saat Anda sedang dalam perawatan dengan konsumsi obat-obatan anti ngantuk ini, maka Anda wajib berhati-hati dengan takaran yang diberikan agar terhindar dari penyakit insomnia yang lebih parah.


Beberapa Penyebab Sulit Tidur Yang Kadang Tidak Disadari 

Karena Takut gelap
  • Orang yang sering mengalami insomnia merasakan lebih cemas dan terganggu suara-suara dari lingkungan ketika lampu kamar dimatikan.

Makan daging saat makan malam
  • Makanan sumber protein akan membuat tubuh mengeluarkan energi lebih besar untuk mencernanya. Efek negatifnya bisa membuat kita juga jadi sulit tertidur.
Kondisi Badan Terlalu lelah
Berbagi tempat tidur
Bulan purnama Suhu terlalu dingin atau panas
Terlalu tenang
 
Nah anda sendiri yang bisa menentukan faktor yang manakah yang paling berpengaruh terhadap kualitas tidur anda. Semoga bermanfaat.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 22:03:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.