Jangan Sepelekan Kulit Kentang, Ini Manfaatnya!

Posted by

Mengapa Kulit Kentang Sebaiknya Jangan Dibuang Atau Tidak Perlu Mengupas Kentang Saat Akan Diolah Sebgai Makanan dan Masakan? 
Ternyata saat kita memakan kentang beserta kulitnya, artinya telah mengonsumsi kebutuhan serat sekitar 7 gram atau sekitar seperempat dari kebutuhan per hari.
Kentang adalah keluarga umbi-umbian yang sangat populer pada anak-anak jika telah dibuat chip sebagai kentang goreng dengan aneka rasa atau perisa yang ditambahkan seperti barbeque, rasa keju, rasa asin dan lain-lain. Tahukah anda bahwa kentang-kentang tersebut tidak dikupas terlebih dahulu saat mau diolah sebagai makanan dan terlihat hanya dicuci sampai bersih.
Dari penelitian yang terbaru, ternyata diketahui bahwa dalam kulit kentang tersimpan kandungan gizi dan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.
Di negara-negara Eropa kentang merupakan makanan poko sebagai sumber karbohidrat, sedangkan di negara kita kentang lebih umum dijadikan sebagai bahan sayuran dan bukan sebagai makanan pokok seperti nasi. Kebanyakan masyarakat kita jika mengkonsumsi kentang semisal kentang rebus biasanya akan dikupas kulitnya karena sepertinya kurang bersih jika memakan kentang rebus langsung bersama kulitnya sekaligus. Demikian juga jika ingin memasak kuliner dengan bahan dasar kentang, selalu kentang tersebut dikupas terlebih dahulu sampai bersih kemudian diiris-iris sesuai keperluan dan dimasukkan ke dalam masakan.
Seperti halnya pisang kandungan Kalium dalam kentang dan kulit kentang tergolong tinggi. Bahkan dengan mengonsumsi kentang beserta kulit mengandung 1.600 mg kalium, setengah dari jumlah kalium yang dibutuhkan tubuh per harinya. Terpenuhinya kebutuhan kalium jadi kunci penting untuk menghindari dehidrasi dan menurunkan tekanan darah.
Kulit Kentang

Sekali lagi jika kita perhatikan kentang goreng atau kentang "snack" yang diiris tipis-tipis yang saat ini banyak dijual sebagai camilan, terlihat masih ada kulit yang menempel pada kentang tersebut yang artinya kentang tersebut tidak dikupas terlebih dahulu sebelum dibuat makanan. Dan sekarang juga sudah mulai beberapa kalangan mengkonsumsi kentang dengan tanpa dikupas terlebih dahulu dan dimakan bersama-sama kulitnya.
Satu kentang besar dengan kulit mengandung 33% kebutuhan mangan per hari. Mangan berperan penting dalam pengolahan protein, karbohidrat dan kolesterol.
Dari penelitian yang terbaru, ternyata diketahui bahwa dalam kulit kentang tersimpan kandungan gizi dan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut beberapa manfaat kesehatan jika kita mengkonsumsi kentang beserta kulitnya sekalian (Kentang tidak perlu dikupas hanya dicuci bersih saja sebelum dimasak/diolah):

Manfaat Sebagai Antioksidan

Kulit Kentang Sebagai Sumber Vitamin C. Banyak yang tak menduga, mengonsumsi kentang bersama kulitnya akan menutrisi Vitamin C ke tubuh. Bahkan, satu kentang besar bisa berfungsi memenuhi setengah Vitamin C kebutuhan Anda. Vitamin C penting bagi tubuh sebagai antioksidan dan membantu menyembuhkan luka.

Manfaat Untuk Kekebalan Tubuh

Kentang dan Kulit Kentang Kaya Vitamin B6. Makan satu kentang beserta kulitnya telah memenuhi 46% Vitamin B6 yang dibutuhkan tubuh. Vitamin ini berfungsi dalam kerja kardiovaskular, pencernaan dan kekebalan tubuh.

Menurunkan Tekanan Darah dan Menghindari Dehidrasi

Kentang dan Kulitnya Kaya kandungan Kalium. Salah satu buah yang juga kaya akan kandungan Kalium adalah pisang. Seperti halnya pisang kandungan Kalium dalam kentang dan kulit kentang tergolong tinggi. Bahkan dengan mengonsumsi kentang beserta kulit mengandung 1.600 mg kalium, setengah dari jumlah kalium yang dibutuhkan tubuh per harinya. Terpenuhinya kebutuhan kalium jadi kunci penting untuk menghindari dehidrasi dan menurunkan tekanan darah.

Menurunkan Kolesterol dan Mencegah Diabetes

Kulit Kentang Berserat Tinggi. Jika makan kentang beserta kulitnya, artinya telah mengonsumsi kebutuhan serat sekitar 7 gram atau sekitar seperempat dari kebutuhan per hari. Namun jika tanpa kulitnya, banyaknya serat dalam kentang hanya 1 gram. Konsumsi kentang akan membuat kenyang lebih lama. Selain itu mengurangi risiko serangan jantung, menurunkan kolesterol dan membantu mencegah diabetes.

Menjaga dalam Metabolisme Protein, Karbohidrat dan Kolesterol

Kandungan Kentang dan Kulitnya Sebagai sumber mangan. Kandungan nutrisi ini memang jarang dikenal, tapi tubuh membutuhkannya. Satu kentang besar dengan kulit mengandung 33% kebutuhan mangan per hari. Mangan berperan penting dalam pengolahan protein, karbohidrat dan kolesterol.

Manfaat Kulit Kentang Lainnya
  • Menguatkan Rambut
  • Terapi kulit muka yang berminyak
  • Memutihkan kulit wajah
  • Menyuburkan rambut

Referensi:

www.Liputan6.com

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 18:52:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.