Jenis Bangau Tongtong Si Burung Bisu

Posted by

Tak Memiliki Syrinx Menyebabkan Bangau Tongtong (Stork) Menjadi Burung Pendiam (Bisu)
Jenis Burung Bangau tongtong atau Leptoptilos javanicus, adalah spesies burung dari familia bangau atau Ciconiidae. Tersebar di selatan Asia mulai dari India timur sampai Pulau Jawa. Tingginya sekitar 110–120 cm, berat 5 kg dan rentang sayap 210 cm. Nama ilmiah: Leptoptilos javanicus (Wikipedia)
Burung Bangau Tongtong, foto:Phukan2010
Bangau Tongtong termasuk keluarga burung bangau dengan ukuran tubuh yang sangat besar dengan leher dan kaki panjang. Berbeda dengan kuntul, kowak dan burung air lainnya, bangau Tongtong lebih menyukai habitat yang lebih kering. Burung ini tersebar di daerah Tropis dan sub-topis di seluruh dunia. Kepala dan lehernya botak, dengan bulu kapas putih halus pada mahkota. Paruhnya berwarna pucat, panjang, dan tebal. Burung muda warnanya lebih kusam daripada burung dewasa. Bangau ini, seperti jenis-jenis bangau lainnya, memangsa ikan, kodok, kadal, serangga besar, dan invertebrata lainnya.
Daerah penyebaran bangau tongtong meliputi India bagian Timur Nepal, Sri Lanka, Bangladesh, Myanmar, Thailand, Vietnam, Malaysia, Laos, Singapore, Indonesia dan Cambodia. Populasi paling banyak ditemukan di India, tepaynya di sebelah Timur Assam, Bengal Barat dan Bihar. Namun mereka sangat langka di wilayah India bagian Selatan.



Leptoptilos javanicus (kiri atas), Jabiru mycteria (kanan atas), Mycteria leucocephala (kanan bawah) dan Leptoptilos dubius (kanan bawah). Sumber: Arkive
Sarang burung bangau tongtong terbilang besar dengan diameter mencapai lebih dari satu meter dengan ketebalan mencapai 1 meter juga. Biasanya mereka akan bertelur sekitar 3 hingga 4 butir sebelum dierami.
Paruh Bangau Tongtong kokoh, panjang, besar dan sedikit melengkung. Paruh ini digunakan untuk menangkap mangsa yang terdiri dai ikan, katak, serangga, cacing, burung kecil dan mamalia kecil. Kadang-kadang, bangau Tongtong mengunjungi tempat sampah untuk mencari sisa makanan dan bangkai. Bangau Tongtong tidak memiliki syrinx sehingga tidak dapat mengeluarkan suara alias bisu.

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 18:38:00

0 komentar:

Powered by Blogger.