Jenis Burung Curlew (Gajahan Timur) Si Paruh Panjang

Posted by

Burung Berparuh Super Panjang, Jenis Gajahan Timur (Curlew)
Burung Gajahan Timur. Jenis Burung ini tersebar luas di Australia, Bangladesh, Brunei, Tiongkok, Fiji, Guam (menuju Amerika Serikat), Indonesia, Jepang, Malaysia, Micronesia, Mongolia, Myanmar, Selandia Baru, Republik Demokratik Rakyat Korea , Bagian utara pulau Mariana (menuju Amerika Serikat), Palau, Papua New Guinea, Filipina, Republik Korea, Federasi Rusia*, Singapura, Thailand, Timor–Leste, Vietnam.

Burung ini mudah diingat dan dikenali di lapangan. Untuk jenis burung pantai berlumpur, ukuran paruh Gajahan Timur tergolong sangat panjang. Paruh yang panjang ini digunakan untuk menangkap hewan invertebrata kecil seperti kepiting, cacing dan hewan lain yang hidup di lumpur yang dalam.
Pada awal abad ke-21, populasi global diperkirakan mencapai 38.000 individu termasuk 28.000 di Australia (Bamford et al., 2008), tetapi sekarang jumlah ini menurun (Garnett et al., 2011).

Gajahan Timur (Numenius madagascariensis).

Gajahan Timur Numenius madagascariensis berbiak di Siberia, Semenanjung Kamchatka dan Mongolia. Saat musim dingin di belahan bumi utara, burung ini akan bermigrasi ke selatan menuju pantai di Australia. Selama migrasi, burung ini kerap singgah di sepanjang perjalanan termasuk pantai-pantai di Indonesia untuk mencari makan.

Populasi Burung Gajahan Timur Terus Menurun
Sebuah penilaian dilakukan oleh Tim dari Universitas Queensland (sebagian di danai oleh Departemen Lingkungan dibawah sumbangan kolaboratif Australian Research Council), memasukkan spesies ini kedalam kategori Genting dibawah Australia’s Environment Protection and Biodiversity Conservation Act 1999 (Fuller, pers. comm., 2014). Data berkala dari penghitungan langsung di musim panas pada sejumlah besar lokasi di seluruh Australia menunjukkan penurunan populasi yang parah yaitu 67,9% selama lebih dari 20 tahun (5,8% per tahun; Fuller, pers.comm.2014)

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 19:01:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.