Jenis Burung Pelikan, Pemilik Paruh Terbesar

Posted by

Bangsa Burung Predator Yang Mematikan, Burung Undan (Pelikan)

Burung Pelikan Sedang Berenang
Burung undan atau pelikan adalah burung air yang memiliki kantung di bawah paruhnya, dan merupakan bagian dari keluarga burung Pelecanidae. Bersama burung pecuk, pecuk ular, gannet, angsa batu, dan cikalang, mereka membentuk ordo Pelecaniformes. Nama ilmiah: Pelecanus, Lama hidup: 15 – 25 tahun (Di alam bebas), (wikipedia)
Jenis Burung yang satu ini memang termasuk jenis burung yang berukuran jumbo jika dibandingkan dengan burung lainnya. Pelikan adalah burung air yang populer. Tubuhnya sangat besar dengan rentang sayap 2,5 meter. Berat hingga 7,7 kg. Bagian tubuh Pelikan yang paling menyolok adalah paruh bawah yang berkantung. Paruh ini di desain untuk menangkap dan menciduk mangsa.
Yang istimewa dari paruh pelikan: paruh pelikan memegang rekor sebagai paruh terbesar dalam dunia burung dengan panjang dapat mencapai 50 cm. Selain memiliki kantung seperti selaput, ujung paruh Pelikan juga memiliki kait. Mangsa yang besar biasanya akan dilumpuhkan dengan cara ditenggelamkan, sebelum ditelan bulat-bulat. Seperti pada kebanyakan burung air, Pelikan tidak memiliki gigi yang tajam untuk memotong atau mengunyah daging mangsanya.
Makanan Pelikan bervariasi, mulai dari ikan, udang, kepiting, lobster air tawar, reptil, amphibia, telur bangau, anak bangau, papa bangau dan mama bangau. Pelikan juga tergolong burung Kleptoparasit yang menyerang burung lain untuk merampas ikan yang dibawanya. Fakta yang lebih mengejutkan, burung Pelikan bahkan pernah terlihat menelan seekor anak anjing hidup-hidup. Meski terlihat imut, Pelikan ternyata adalah predator yang mematikan.



Undan Kacamata Pelecanus conspicillatus. Foto: Arkive.org. 
Burung Pelikan berwarna putih atau sebagian besar putih. Sayap dan ekor sebagian berwarna hitam. Selama masa mengeram warna kulit yang sulah, paruh, kantung, tengorok, dan kaki menjadi lebih jelas. Burung pelikan mempunyai ciri ciri khusus yaitu antara lain paruh besar dan lurus, dilengkapi dengan kait pada ujungnya dan kantong makanan yang besar, yang bisa menggembung di sepanjang paruh. Kantong paruh ini dapat menyimpan makanan 3 kali lebih banyak dari perutnya .

loading...
Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 17:56:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.