Jenis Burung Puffin, Penyelam Tangguh Berparuh Unik

Posted by

Burung Puffin, Burung Laut Berparuh Unik Yang Cantik
Burung Puffin memiliki Sayap yang relatif pendek, digunakan untuk menyelam, berenang di bawah air dan menangkap mangsa. Mereka memiliki otot dada yang “didesain’ untuk melakukan manuver cepat dan gerakan sayap aerobik, yang dapat mereka pertahankan untuk jangka waktu yang lama.

Burung Puffin adalah penyelam ulung berukuran sedang yang tersebar di Semenanjung Kamchatka hingga Alaska. Burung imut ini bersarang di puncak pulau-pulau terpencil yang dipagari dinding tebing yang terjal dan tinggi.

Makanan utama burung Puffin terdiri dari ikan-ikan kecil yang ditangkap saat menyelam. Burung ini mampu membawa 5-6 ekor ikan-ikan kecil untuk memberi makan anak yang masih berada di dalam sarang.
Burung laut bernama Tufted Puffins ini juga memiliki predator pemangsa seperti Snowy Owls, Bald Eagles dan Peregrine Falcon , dan juga mamalia seperti Arctic Fox (Rubah Salju). Rubah tampaknya lebih suka Tufted Puffin di atas burung-burung lain, membuat burung ini menjadi target utama. Memilih sarang di tebing yang tidak dapat diakses dan pulau yang sepenuhnya bebas mamalia melindungi mereka dari predator alaminya.

Tufted Puffin Fratecula cirrhata.

Paruh burung Puffin telah teradaptasi secara khusus agar dapat menangkap dan membawa ikan-ikan kecil. Paruh ini berbentuk pipih dan tegak dengan beberapa alur untuk mengurangi daya hambat dan turbulensi dalam air. Dengan paruh ini, burung Puffin mampu menyelam mengejar ikan yang bergerak cepat.
Umumnya perilaku puffin untuk menghindari predator alaminya adalah dengan membuat sarang di pulau-pulau yang terisolasi, lebih dari 25.000 pasangan telah dicatat dalam sebuah koloni tunggal di lepas pantai British Columbia . Sarang ini biasanya liang sederhana digali dengan paruh dan kakinya, tetapi kadang-kadang ada juga yang menggunakan lubang diantara celah batu sebagai gantinya.
Jenis burung laut cantik Tufted Puffin ini pertama kali disebutkan tahun 1769 oleh ahli zoologi Jerman Peter Simon Pallas. Nama generiknya adalah berasal dari bahasa Latin Fratercula ‘adik’ dan cirrhata ‘berumbai’. Tufted Puffins memiliki panjang tubuh sekitar 35 cm dengan lebar sayap yang sama dan berat sekitar tiga perempat kilogram. Burung-burung dari Pasifik barat agak lebih besar dari burung-burung dari Pasifik timur, dan jantannya cenderung sedikit lebih besar daripada yang betina.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 18:50:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.