Jenis Burung Shoebill (Paruh Sepatu), Pemakan Hewan Air

Posted by

Jenis Burung Air Yang Berparuh Lebar, Burung Paruh Sepatu (Shoebill)
Berbeda dengan jenis dan macam burung air lainnya, burung paruh sepatu bersifat lebih soliter. Burung paruh sepatu ini juga tidak bermigrasi saat pergantian musim. Penyebarannya bergantung pada keberadaan alang-alang papyrus yang menjadi bahan baku membuat sarang dan ikan paru-paru yang menjadi makanan utamanya.
Burung paruh sepatu (Balaeniceps rex) atau Shoebill adalah burung air yang tinggi dan besar. Sekilas, bentuknya lebih mirip dinosaurus atau makhluk dari jaman purba. Paruh burung ini sangat lebar dan besar seperti sepatu atau mulut paus, sehingga mempengaruhi penampilan burung ini secara keseluruhan.
Burung paruh sepatu memiliki selera makan yang ekstrim karena disamping memakan binantang air yang lazim seperti ikan dan katak, burung jenis ini juga mengonsumsi kura-kura, ular air, bayi buaya dan juga biawak.
Burung ini memiliki paruh berbentuk sepatu yang besar. Shoebill hidup di daerah tropis Afrika timur di rawa-rawa besar dari Sudan ke Zambia, dan juga dikenal karena unik, berbulu biru. Burung ini cukup besar, tinggi mereka dapat mencapai 110cm - 152cm.

Badan dan kaki burung ini berukuran normal seperti burung bangau pada umumnya. Namun kepala dan leher burung Paruh Sepatu ini juga melebar mengikuti bentuk paruhnya, sehingga terlihat tak seimbang dengan bentuk badannya.
Burung paruh sepatu juga dikenal sebagai satu dari lima jenis burung Afrika yang paling diinginkan oleh fotografer satwa liar untuk dipotret.
Pergerakan burung Paruh Sepatu termasuk lambat, burung ini lebih suka menyendiri dan berdiri diam mematung untuk mengamati keberadaan mangsa. Burung paruh sepatu ini juga dikenal sebagai jenis burung air yang sangat pendiam.
Burung Paruh Sepatu

Habitat utama sebagai tempat berkembang biak dan mencari makan burung paruh Sepatu adalah rawa-rawa besar di Afrika Timur mulai dari Sudan hingga Zambia. Bentuk paruhnya yang mengesankan, didesain untuk menggali tanah berlumpur di sekitar rawa. Makanan utamanya adalah ikan lele dan ikan paru-paru yang bersembunyi di bawah tanah berlumpur.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 18:11:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.