Burung Sulingan Gunung (Tledekan) Pemilik Warna Yang Mempesona

Posted by

Burung Tledekan (Niltava sp)

Burung tledekan atau disebut juga burung sulingan gunung (Niltava sp). Burung tledekan memiliki banyak spesies, yaitu :Niltava grandis (Large Niltava), Niltava macgrigoriae (Small Niltava), Niltava davidi (Fujian Niltava) ,Niltava sundara (Rufous-bellied Niltava) ,Niltava sumatrana (Rufous-vented Niltava), Niltava vivida (Vivid Niltava).
Tledekan yang mempunyai mental baik, seperti dilansir dari omkicau.com, pada umumnya akan memiliki beberapa sifat seperti memiliki penampilan lebih tenang. Tidak ketakutan ketika didekati, terutama untuk burung bahan / bakalan. Sering mengeluarkan suara kicauannya. Langsung menyerang dengan sikap berdiri tegak ketika melihat burung tledekan lain. Makin baik mentalnya, burung akan menampilkan gaya nyeklek.



Burung tledekan jantan : Pada bagian kepala ada warna biru cerah, sedangkan pada bagian belakang ada warna biru tua, Pada sekitar mata terdapat kedok hitam, Memiliki satu jakun yang berwarna hitam, Pada perut terdapat warna jeruk yang bersinar namun pada genus tertentu seperti vivid niltava berwarna ungu kebiruan.

Ciri-ciri yang perlu diperhatikan dalam memilih burung tledekan yang mau rajin berkicau, memiliki nafas panjang, punya suara rapat, kencang dan vibrasi penuh serta mudah dimaster dengan suara burung lain adalah sebagai berikut:
  • Burung memiliki paruh tebal dan berkontur belimbing (paruh belimbing)
  • Tubuh panjang.
  • Kepala besar dan ceper.
  • Leher lebar.
  • Mata tampak belo (melotot), jernih tapi tidak berair.
Sumber: omkicau.com dan sumber lainnya

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 19:56:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.