Jenis Burung Camar Inca, Si Paruh Merah Nan Menawan

Posted by

Camar Inca (Inca Tern), Burung Indah dan Elegant Dihiasi Kumis Putih Memanjang
Populasi Burung Camar Inca dahulunya mencapai jutaan ekor namun saat ini hanya berkisar 150.000 ekor saja. Suatu penyusutan jumlah yang sangat drastis.
Inca Tern Larosterna inca dikenal sebagai burung Camar yang paling indah. Tubuh didominasi warna abu-abu dengan paruh dan kaki berwarna merah jingga menyolok.

Jenis Burung yang satu ini, Camar Inca, adalah termasuk kelompok burung pemakan ikan yang termasuk penyelam ulung yang sangat mahir dalam mengejar dan menangkap mangsanya di bawah air. Dari sisi taksonomi, Camar Inca juga unik, karena burung ini adalah satu-satunya burung yang tergolong dalam marga Larosterna.
Keunikan dari burung ini dapat dilihat pada ornamen paruh berupa kumis putih yang memanjang dan terpelintir. Di bagian pangkal bawah kumis putih yang sexy dilengkapi dengan bantalan seperti gelambir berwarna kuning.

Burung yang memiliki kumis termasuk jarang dalam dunia perburungan. Selain sebagai ornamen atau hiasan, fungsi lain dari kumis ini belum diketahui.
Menurut informasi yang beredar dan diperoleh dari mbah google, kumis pada burung camar inca ini jika semakin panjang katanya menunjukkan kondisi kesehatan burung tersebut. Semakin panjang kumis yang dimiliki menandakan bahwa burung camar inca ini lebih sehat.

Camar Inca Larosterna inca. Sumber: odensezoo.dk, redbubble.com.

Camar Inca termasuk burung endemik Peru dan Chili dengan daerah sebaran terbatas di pesisir barat Amerika Selatan. Makanan utamanya adalah bermacam jenis ikan Anchovy, semacam sarden kecil yang banyak ditemukan di pantai barat Peru dan Chili.

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 23:57:00

0 komentar:

Powered by Blogger.