Jenis Burung Cucak Ijo Senang Hidup Berkelompok di Pohon Yang Tinggi

Posted by

Jenis Burung Kicau Cucak Ijo

Sesuai dengan namanya Burung Cucak Ijo memiliki warna dominan hijau dan sedikit warna hitam pada kepala dan paruh. Banyak terdapat di Pulau Jawa, Sumatera, Bali, dan Kalimantan. Burung ini hidup berkelompok di Hutan, dan terbang dari satu pohon ke pohon lainnya yang tinggi.
Agar Cucak Ijo Ngentrok. Cara merawat cucak ijo supaya ngentrok yang paling berpengaruh adalah pada ketepatan pemberian pakan. Dengan kata lain, semakin bagus pakan yang diberikan maka makin besar pula peluang burung untuk rajin gacor. Disamping itu, makanan cucak ijo saat berada di alam bebas pada umumnya hanya berupa buah-buahan segar dan EF. Untuk buahan segar seperti pisang dan pepaya misalnya. Sedangkan untuk EF meliputi serangga seperti jangkrik dan belalang, serta berbagai jenis ulat terutama ulat bambu. Namun untuk burung cucak ijo yang dipelihara, tentunya berbeda dengan saat dimana ia berada di alam bebas.


Burung ini dengan nama latin Chiropsis sonerati ini, senang hidup di hutan lebat. Di Indonesia terutama di daerah Malang, Banyuwangi, dan Kepulauan Sunda Besar terdapat banyak jenis burung Cucak Ijo. Di Jawa dan Bali terdapat tiga jenis, sedangkan di Kepulauan Sunda Besar ada tujuh jenis.
Tips Memandikan Burung Cucak Ijo. Untuk pagi hari, pemandian bisa dimulai pada pukul 08.00 dan kemudian burung lekas dijemur. Sedangkan sore hari, agar burung tidak kedinginan maka tepatnya dilakukan jam 15.00 dan usahakan jangan memandikannya sampai basah kuyup. Namun apabila memasuki musim penghujan, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan maka memandikan burung bisa dilakukan hanya satu kali dalam sehari, yaitu di pagi hari.
Burung Cucak Ijo atau sering juga disebut Cipoh / Cipo, ada Cipoh Jantung dan Cipoh Kucat. Jenis ini merupakan kelompok Genus Aeghitina. Sedangkan jenis lainenya adalah Cica Daun Kecil dan Cica Daun Besar, atau umumnya disebut Cucak Ijo.
EF (Ekstra Fooding) atau Pakan Tambahan Untuk Cucak Ijo. EF atau pakan tambahan sangat berperan bagi tumbuh kembang burung. Makanan cucak ijo yang berupa Ekstra Fooding, di dalamnya terkandung kadar protein yang mana belum tentu terdapat pada buah-buahan segar. Itu sebabnya EF juga harus diberikan bersamaan dengan buah-buahan agar keduanya saling melengkapi. Sedangkan untuk jenis EF yang bisa dan umum diberikan antara lain jangkrik, kroto, belalang, orong-orong, ulat bambu atau ulat bumbung, ulat hongkong dan lain-lain. Pakan Cucak ijo yang berupa voer terdapat banyak kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tumbuh kembang burung seperti protein, mineral dan zat-zat lain yang mana belum tentu ada pada makanan buah-buahan segar ataupun EF. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika voer selalu tersedia pada wadah makannya agar segala kebutuhan nutrisi mampu terpenuhi dengan baik. Sedangkan untuk jenis voer yang umum diberikan adalah yang berkadar protein sedang antara 12-18%.
Cara Agar Mental Burung Cucak Ijo Tahan Banting Saat Lomba
 
Bagaimana cara membuat burung cucak ijo mau berkicau pada saat dalam keadaan ramai atau dalam arena perlombaan?. Sebenarnya burung cucak ijo yang memiliki mental tidak bagus juga dapat berkicau dengan keras dan cukup variasi namun jika pada saat disandingkan dengan burung jenis lainnya, biasanya mentalnya akan mlempem dan tidak mau berkicau lagi. Cara terbaik untuk melatih mental burung cucak ijo yaitu dengan melakukan penggantian sangkar, hal ini bertujuan supaya burung terbiasa dengan suasana yang baru. Kemudian cara selanjutnya yaitu dengan memindahkan tempat gantangan burung yang bertujuan untuk membiasakan perubahan pada lingkungan supaya tidak kaget. Biasakan cucak ijo digantang pada tempat yang rame, selanjutnya bawa burung ini ke tempat pelatihan yang bertujuan untuk membiasakan burung dengan burung lainnya.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 22:19:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.