Jenis Burung Julang Sulawesi, Si Paras Indah Bermahkota

Posted by

Burung Rangkong Jenis Julang Sulawesi (Red Knobbed Hornbill), Endemik Sulawesi Pemilik Mahkota dan Paras Yang Menawan
Julang sulawesi adalah spesies burung rangkong dalam famili Bucerotidae. Burung ini endemik di Sulawesi. Di daerah Minahasa. burung ini dikenal dengan nama Burung Taong. Wikipedia

Julang Sulawesi termasuk salah satu rangkong berparas paling indah. Burung ini memiliki tonjolan seperti mahkota di atas kepala dan pangkal paruh berwarna merah. Oleh karenanya burung ini dikenal dengan sebutan Red Knobbed-hornbill.

Pangkal paruh bawah dilengkapi dengan kantung makanan berwarna biru menyolok. Pangkal paruh atas dan bawah juga memiliki guratan-guratan yang konon menunjukkan umur burung tersebut. Dalam bahasa setempat burung ini disebut Alo.
Julang Sulawesi memiliki tanduk (casque) yang besar di atas paruh, berwarna merah pada jantan dan kuning pada betina. Paruh berwarna kuning dan memiliki kantung biru pada tenggorokan.

Rangkong Sulawesi Rhyticeros cassidix. Sumber: flickr.com.

Rangkong Sulawesi adalah spesies endemik yang memiliki sebaran terbatas di Sulawesi dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Burung ini ditetapkan sebagai simbol propinsi Sulawesi Selatan. Makanan utama terdiri dari buah-buahan terutama buah beringin.
Julang sulawesi menghuni hutan primer dan hutan rawa. Terkadang ditemukan di hutan sekunder yang tinggi dan petak hutan yang tersisa dengan lahan pertanian yang luas. Terkadang pula mengunjungi hutan bakau. Julang Sulawesi biasa terbang di atas dan sekeliling tajuk dalam kelompok-kelompok kecil yang terpisah, namun terkadang berkelompok sampai lima puluh individu atau lebih. Ketika terbang sayapnya berbunyi berisik seperti mesin uap. Julang sulawesi adalah spesies endemik di Pulau Sulawesi dan beberapa pulau satelit Sulawesi seperti Pulau Lembeh, Kepulauan Togian, Pulau Muna, dan Pulau Butung.
Dalam ekosistem, burung Rangkong memiliki peran sangat penting dalam regenerasi hutan dengan memencarkan biji dari buah yang telah dicerna ke pelosok-pelosok hutan yang jauh.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 17:42:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.