Jenis Burung Kea, Cerdas dan Berkerabat Dekat dengan Kakatua

Posted by

Burung Kea, Bisa Bersikap Ganas Karena Suka Melukai Domba dan Memakan Dagingya

Salah satu sebab mengapa burung ini kadang bersikap ganas adalah karena jenis burung kea yang berkerabat dekat dengan nenek moyang kakatua ini kerap terlihat mengejar dan melukai domba peliharaan, melubangi punggung domba serta memakan dagingnya hidup-hidup. Akibatnya, banyak domba yang mati, akibat infeksi pada luka berlubang di punggung.
Jenis Burung Kea yang termasuk dalam spesies burung paruh bengkok ini diketahui sebagai salah satu hewan tercerdas di dunia. Burung ini bisa menyelesaikan masalah dalam bentuk halang rintang dengan cepat dan benar. Bahkan kepintaran burung ini disebut hampir menyamai primata. 
Kea dianggap berkerabat dekat dengan nenek moyang burung Kakatua. Burung yang cerdas dan penuh rasa ingin tahu ini hanya dapat ditemukan di Selandia Baru. Ukuran tubuhnya tergolong besar, yaitu sekitar 48 cm. Kea termasuk burung pemakan hewan dan tumbuhan (omnivor). Makanannya terdiri dari buah-buahan, kacang-kacangan, burung dan mamalia.


Kea (Nestor notabilis) endemik Selandia Baru.

Burung Kea tergolong burung berparuh ekstrim. Paruh bagian atas tumbuh memanjang, melengkung dan meruncing seperti pisau belati yang tajam. Paruh ini digunakan untuk menikam mangsa seperti anak burung dan kelinci.

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 18:25:00

0 komentar:

Powered by Blogger.