Jenis Burung Murai Batu, Si Cerdas Yang Mahir Berkicau

Posted by

Murai Batu (Copsychus malabaricus)

Jenis Burung murai batu adalah burung berkicau cerdas terbaik (dari keluarga Turdidae) yang sangat banyak penggemarnya. burung murai batu disukai karena elegan dari penampilan dan suaranya serta gaya sombong penampilannya.
Menurut wikipedia, Kucica hutan, juga dikenal sebagai Murai batu merupakan burung pengicau yang keadaanya terancam akibat perburuan. Termasuk ke dalam famili Muscicapidae atau burung cacing.


Jenis-jenis burung Murai Batu dan asal burung Murai batu yang banyak dikenal di Indonesia adalah:
  • Burung Murai Batu Medan, 
  • Burung Murai Batu Aceh, 
  • Burung Murai Batu Lampung, 
  • Burung Murai Batu Lahat, 
  • Burung Murai Batu Jambi
  • Burung Murai Batu Kalimantan (Borneo). 
Jenis burung murai di indonesia yang paling sering ditemukan dipasar adalah murai lampung. Burung ini merupakan salah satu burung yang memiliki ciri sama persis dengan murai medan. Namun, sekali lagi yang membedakan adalah dari bentuk postur dan ekor. Postur murai lampung berbeda jauh dengan burung murai dari medan. Murai dari lampung biasanya memiliki badan yang lebih besar daripada murai batu medan.
Suara burung Murai Batu sangat merdu dan bervariasi. Burung Murai Batu adalah salah satu burung penyanyi terbaik di dunia. Burung murai batu dewasa beratnya hanya berkisar 29 - 30 gram saja.

Tips Merawat Burung Murai Batu 
 
Murai batu memiliki selera makan yang baik dan tidak rakus sehingga mudah dalam perawatannya. Yang perlu dilakukan adalah pemberian vitaman, makanan EF dan pembersihan kandang. Perawatan murai bisa kita lakukan setiap hari seperti membersihkan kotoran, memberikan air minum yang bersih, memasterin dengan suara yang tepat, penjemuran yang tidak terlalu lama serta pemberian kroto/jangkrik yang tidak terlalu banyak. Jangan lupa untuk menutup atau memasangkan krodong burung setiap malam agar tidak terganggu orang dan suara berisik lainnya dan bisa lebih nyaman saat beristirahat. Selain itu, manfaat krodong juga dapat meminimalisir tingkat stres yang terjadi pada burung.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 19:13:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.