Jenis Burung Pancawarna Sicantik Bagai Pelangi

Posted by

Burung Indah Bersuara Merdu Pancawarna.
Menurut wikipedia Indonesia, Jenis Burung Panca warna adalah spesies burung dalam familia Timaliidae. Ia ditemukan di Bangladesh, Bhutan, Kamboja, China, India, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Thailand, dan Vietnam. Burung pancawarna memiliki Nama ilmiah: Leiothrix argentauris

burung pancawarna
Membedakan antara burung pancawarna jantan dengan betina memang lebih mudah diperhatikan dari warna bulu burung yang sudah berusia dewasa, dimana burung jantan memiliki warna yang berwarna, cerah dan mengkilap dengan warna bulu dipangkal ekornya berwarna merah sedangkan burung pancawarna betina memiliki warna yang kusam dan pucat dengan warna-warna yang kurang terang, lebih kuning dan warna bulu di pangkal ekor nya adalah berwarna orange. (lihat gambar dibawah)
Sicantik bersuara merdu itulah sebutan burung panca warna akar (Pitta guajana) mempunyai bulu dengan perpaduan 5 warna yang indah yakni kuning, oranye, coklat, biru dan hitam.Masih kerabat dam keluarga burung robin..jenis brung imut yang disukai oleh kalangan kerajaan di negeri cina.

Cara Membedakan Pancawarna Jantan dan Betina Berdasarkan Ciri-ciri Fisiknya

Untuk membedakan antara jantan dan betina, ini cukup mudah, yang jantan memiliki 5 warna, sedangkan yang betina hanya didominasi warna coklat.

Beda Burung Pancawarna dengan Jenis Burung Robin
Beda dengan burung robin, dimana perbedaannya adalah dari warna paruhnya. Robin jantan memiliki warna paruh merah tajam seperti cabe yang matang, sedangkan yang betina warna orange atau seperti warna cabe yang hampir matang. Kicau burung Pancawarna tidak terlalu sering, sedangkan burung robin (jantan) pasti frekuensi kicaunya sangat sering.

Cri-Ciri Umum Burung Panca Warna Dan cara Membedakan Burung Pancawarna-Membedakan Antara Burung Pancawarna Jantan Dengan Betina Ciri-ciri Pancawarna -Untuk membedakan antara jantan dan betina, ini cukup mudah, yang jantan memiliki 5 warna, sedangkan yang betina hanya didoninasu warna ciklat.  -Lain halnya dengan burung robin, dimana perbedaannya adalah dari warna paruhnya. Robin jantan memiliki warna paruh merah tajam seperti cabe yang matang, sedangkan yang betina warna orange atau seperti warna cabe yang hampir matang. -Kicau burung Pancawarna tidak terlalu kerap, sedangkan burung robin (jantan) pasti frekuensi kicaunya sangat kerap -Lian halnya jika robin betina, kicauannya tidak terlalu kerap. Jenis burung ini terbulang langka  Membedakan antara burung pancawarna jantan dengan betina memang lebih mudah diperhatikan dari warna bulu burung yang sudah berusia dewasa, dimana burung jantan memiliki warna yang berwarna, cerah dan mengkilap dengan warna bulu dipangkal ekornya berwarna merah sedangkan burung pancawarna betina memiliki warna yang kusam dan pucat dengan warna-warna yang kurang terang, lebih kuning dan warna bulu di pangkal ekor nya adalah berwarna orange.
Cara untuk membedakan antara burung pancawarna jantan dengan betina memang lebih mudah diperhatikan dari warna bulu burung yang sudah berusia dewasa, dimana burung jantan memiliki warna yang berwarna, cerah dan mengkilap dengan warna bulu dipangkal ekornya berwarna merah sedangkan burung pancawarna betina memiliki warna yang kusam dan pucat dengan warna-warna yang kurang terang, lebih kuning dan warna bulu di pangkal ekor nya adalah berwarna orange. Dan hal tersebut akan sangat sulit dibedakan jika burung masih berusia sangat muda, salah satu yang bisa membedakannya adalah dengan mendengarkan suaranya.

Habitat burung panca warna adalah hutan sekunder di dataran tinggi yang berhawa sejuk. Burung ini bissa ditemukan di pepohonan rimbun dan hidupnya lebih sering terlihat sendirian. Makanan burung panca warna adalah serangga kecil dan buah. Burung pancawarna memiliki sifat karakter yang  pemalu dan galak. Warna bulu yang cerah dan beragam merupakan daya tarik utama dari burung ini.

Salah satu kelemahan jenis burung pancawarna adalah sulitnya untuk dijinakkan dan ini menjadi tantangan tersendiri bagi penggemar jenis burung pancawarna ini. Dilihat dari penampilannya, burung ini lebih indah bila ditempatkan dalam kandang besar untuk dilihat penampilan dan tingkah lakunya.


Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 19:48:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.