Macam-macam Jenis Burung Kacer, Si Hitam Putih yang Lincah

Posted by

Jenis Burung Kacer
Copsychus saularis

Di pasar burung kacer terdiri dari 3 jenis Yaitu burung Kacer Poci Atau Kacer asal Sumatra, Kacer Lokal Atau Kacer dari Jawa dan Kacer Madagaskar. Perbedaan ketiga burung ini adalah terletak pada warna dominan pada bulunya. Kacer Sumatera atau sering disebut Kacer Poci mempunyai warna hitam pada kepala, leher sebatas dada, punggung dan bagian luar ekor. Sedangkan warna putih berada pada dada, perut dan ekor bagian dalam. Penyebaran mulai China, India, Nepal, Thailand, Filipina, Malaysia dan Indonesia. Untuk jenis ini memiliki suara yang keras, nyaring dan pintar menirukan suara suara di sekelilingnya. Penampilan sangat atraktif sambil membuka ekor serta mengeluarkan suara kicauan yang merdu. Burung ini sangat menyukai udara panas.
Kucica kampung menurut wikipedia adalah burung pengicau kecil yang sebelumnya dikelompokkan sebagai anggota keluarga Turdidae, tetapi kini dianggap sebaagi anggota Muscicapidae. Burung ini berwarna hitam dan putih dengan ekor yang panjang. Burung kacer atau kucica kampung memiliki Nama ilmiah: Copsychus saularis


Pada Kacer Jawa memiliki warna hitam yang domina pada bulu. Hampir Seluruh tubuh berwarna hitam, kecuali pada sayap terdapat warna putih. Penyebarannya mulai dari Seychelles (Afrika), Jawa dan Kalimantan (Indonesia). Kemampuan berkicau sangat baik dan pintar menirukan suara-suara di sekelilingnya. Penampilan sangat atraktif sambil memainkan ekor. Volume suara sedang. Jenis ini juga sangat suka dengan udara panas.
Makanan burung sebaiknya diberikan dengan ukuran yang kecil, agar dia mudah menelannya. Kalau burung Anda suka jangkrik, maka berikan jangkrik dengan ukuran yang masih kecil. Selain itu, kaki jangkrik yang berbentuk seperti gergaji bisa dilepas agar tidak menyakiti tenggorakan burung Kacer.
Kacer Madagaskar (Copsychus albospecularis) ini tersebar di wilayah Madagascar Afrika. Warna burung kacer madagaska adalah hampir sama dengan kacer sumatra namun bagian leher sebelah atas, punggung dan ekor berwarna hitam kebiru-biruan. Kemampuan berkicaunya tidak kalah dari jenis kacer yang lainnya.

Tips Sederhana Merawat Burung Kacer

Jenis Burung Kacer cenderung menyukai suhu yang hangat tapi tidak terlalu panas. Oleh karena itu, sebisa mungkin setiap pagi Anda harus menjemur burung Kacer agar tubuhnya menjadi hangat. Ingat, menjemur burung juga ada waktunya. Burung menyukai kehangatan sinar matahari hanya sampai pukul 10 pagi. Lebih dari itu, sinar matahari akan terasa sangat panas dan membahayakan kesehatan burung Anda. Jangan lupa selalu bersihkan kandang setiap hari dan memandikan burung ini pagi dan sore.

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 23:10:00

0 komentar:

Powered by Blogger.