Jenis Burung Carrier Pigeon, Merpati Pembawa Pesan

Posted by

Burung Merpati Hias Carrier Pigeon, Jago Dalam Adu Terbang Jarak Jauh

Jika kita mengenal adaya merpati pos, maka burung hias yang satu ini, carrier pigeon, sesuai dengan namanya bisa dikategorikan sebagai burung pos. Dan memang burung hias ini sering dimanfaatkan sebagai pembawa pesan. Bentuk tubunya yang ramping menggambarkan kemampuannya untuk terbang dengan jarak yang jauh.

Carrier pigeon, si pembawa pesan
Jadi tidaklah berlebihan jika jenis burung dara hias ini juga merupakan burung merpati pembawa pesan. Ia sering dikenal juga dengan english carrier, yang berasal dari Bazora persia. Sebagai burung pembawa pesan atau berita, popularitasnya memang tidak setenar racing homer.

English carrier memiliki ciri seperti umumnya merpati pos, yaitu memiliki bulu dan badan yang keras. Postur ini sangat cocok untuk terbang jarak jauh yang membutuhkan kekuatan tubuh yang diatas rata-rata. Pial pada paruhnya dapat membesar sebesar biji kemiri demikian juga lingkar mata dapat melebar.


Berkembang biak Inggris dari Persia wattle Pigeon pertama kali oleh Charles Darwin tahun 1670an dan diperkenalkan ke publik secara umum oleh Moore pada tahun 1735, dari keturunan merpati terbang, Old Inggris Carrier pada awalnya digunakan untuk mengirimkan pesan. Dari jaman Victoria hingga kini,  merupakan merpati mewah menghiasi kandang pemiliknya dan merupakan ''The King of Pigeons". English Carrier biasanya sekitar 18 inci tinggi, dengan tubuh, ramping panjang dan pial tebal. Dikembangkan di Inggris, mungkin dari Horseman (keturunan merpati sekarang sudah punah), diimpor ke Amerika sekitar pertengahan abad kesembilan belas. Saat ini sangat populer di kalangan peternak merpati.


Perkembangan pial ini baru akan berhenti setelah berusia 3 tahun. Ukuran tinggi badannya rata-rata berkisar antara 45 sampai 48 cm, dengan berat antara 500 sampai 650 gram. Pada umumnya warna bulu english carrier adalah hitam, merah, kuning, putih, dan ada beberapa yang berpita biru.

Kemampuan terbang jarak jauhnya juga sangat didukung oleh berat tubuh dari burung merpati ini yang hanya berkisar setengah kiloan per ekor. Sebagai merpati pembawa pesan tentunya burung ini memiliki kemampuan untuk mengingat kondisi satu daerah dengan sangat baik.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 23:21:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.