Pasar Hewan Ternak Kerbau Terbesar di Sulawesi Selatan

Posted by

Pasar Rantepao, Tempatnya Jual Beli Kerbau Terbesar di Toraja Utara
Pasar hewan ternak kerbau Rantepao, Kabupaten Toraja Utara dikenal pasar hewan Kerbau terbesar di Sulawesi Selatan. 
Pasar hewan yang mengkhususkan pada jual beli kerbau yang satu ini memang sudah sangat terkenal di Sulawesi khususnya di Kabupaten Toraja Utara. Masyarakat Toraja yang saat mengadakan pesta adat hampir selalu menggunakan ternak kerbau sudah sangat mengenal pasar ternak kerbau Rantepao ini.


Seperti dilansir oleh tribuntoraja.com, Pasar ternak kerbau di Toraja ini buka sekali dalam sepekan. Perputaran uang jual beli di pasar kerbau ini sangat besar mencapai milyaran rupiah pada tiap hari pasarannya. Bagaimana dengan tingkat harga kerbau dipasar hewan Rantepao ini? "Kalau kerbau harganya mulai Rp 15 juta sampai Rp 700 juta per ekor,” kata Luter (46), penjual kerbau belang di pasar ternak tersebut.

Macam-macam jenis kerbau diperjualbelikan dipasar hewan Rantepao ini antara lain kerbau pudu, todi, bonga, sampai jenis kerbau yang termahal, saleko.
Di Toraja, kerbau bisa berharga ratusan juta rupiah jika memiliki kelangkaan-kelangkaan, seperti tanduknya sangat lebar (kerbau balian), tanduknya mengarah ke bawah (kerbau sokko), satu tanduk ke atas satu tanduk ke bawah (kerbau taken langi’), atau bahkan tidak bertanduk sama sekali. Kerbau-kerbau langka itu memegang peran penting dalam upacara adat, seperti upacara Rambu Solo (pemakaman). Makin langka kerbau yang dikorbankan, itu menunjukkan makin tingginya strata sosial orang yang dimakamkan.

Yang agak mencengangkan adalah "Ada Kerbau Saleko seharga 1 miliar rupiah," kata Luter. Selain dari daerah Toraja sendiri, Kerbau yang ada di pasar ini juga dari luar Toraja, seperti Kalimantan dan Nusa Tenggara Timur.

Kehidupan dan budaya masyarakat Toraja memang terkait erat dengan ternak yang satu ini karena kerbau merupakan simbol adat masyarakat disana. Jadi tingginya harga kerbau di daerah Toraja karena kerbau adalah simbol adat untuk pesta Rambu Solo. Rambu Solo adalah pesta adat kematian atau penguburan di Toraja.

Kerbau Termahal Berharga 1 Milyar

Di daerah  Tana Toraja, Sulawesi Selatan, seekor kerbau bisa berharga lebih dari satu miliar rupiah. Namun, kerbau semahal ini bukanlah kerbau biasa alias kerbau langka. Dan, jenis yang bisa mencapai harga Rp 1 miliar adalah jenis yang disebut ”saleko” dengan ciri fisik tanduk kuning, lingkaran putih di bola mata, serta kulit berwarna hitam dan putih dalam kombinasi-kombinasi tertentu.

Jenis Kerbau Saleko Yang Bisa Mencapai Harga 1 Milyar
Kerbau Saleko adalah jenis kerbau yang sangat langka. Seekor saleko jantan yang dikawinkan dengan seekor saleko betina belum tentu melahirkan anak saleko, bahkan dalam puluhan kali kelahiran pun. Sebaliknya, saleko bisa muncul dari perkawinan sepasang kerbau biasa.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 20:10:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.