Penyebab Ternak Kelinci Tidak Mau Menyusui Anaknya

Posted by

Mengapa Induk Kelinci Kadang Tidak Mau Menyusui Anaknya? Apa Saja Penyebabnya? Bagaimana Cara Melatih Induk Kelinci Agar Mau Menyusui Anaknya?

Seorang peternak kelinci tentunya akan sangat gembira saat mendapatkan ternak kelincinya melahirkan anak dalam jumlah yang banyak. Tetapi kadang kelinci tidak mau menyusui anaknya, mengapa?

Induk Kelinci Menyusui Anaknya

Berikut ini beberapa penyebab yang wajib diketahui oleh peternak kelinci yang membuat induk kelinci kadang tidak mau menyusui anaknya:

Kebersihan kandang Yang Tidak Terjaga. Kandang atau sangkar kelinci yang bersih menjadikan kelinci peliharaan kita kerasan serta tak gampang stres. Selain itu sangkar yng kotor serta pengap bisa menjadi tempat hidup bakteri serta parasit menjadikan menjadi penyakit. Kalau induk telah tak nyaman di dalam kandangnya mustahil akan merawat anak-anaknya yang dengannya baik.

Kelinci suka menyusui anaknya pada malam hari . Tidak lebih pahamnya peternak akan waktu menyusui anak kelinci. Anak kelinci menyusuhnya sebentar kira-kira 2-3 menit serta waktunyapun tertentu, paling Suka malam hari mulai lepas maghrib, tengah malam ataupun pada waktu subuh. Umumnya peternak awal belum pernah melakukan pengamatan ini menjadikan menganggap anak kelinci tak dirawat induknya.

Peternak Suka memegang anak kelinci yang dengannya tangan telanjang, perlakuan semisal ini tidak lebih baik lantaran induk kelinci memiliki indera pembau yng Amat sensitive menjadikan akan mengenali anak-anaknya. Semisal anak kelinci dipegang peternak yang dengannya tangan telanjang, induk akan mengira itu bukan anaknya. Menjadikan dalam perkembangannya anak akan dibiarkan oleh induknya menjadikan anak kelinci mengalami kematian.

Induk yng bersifat kanibal, induk yng memiliki sifat kanibal memiliki tanda-tanda Amat proaktif serta suka melukai anak-anaknya sampai-sampai berdarah menjadikan anak kelinci ada yng mati. Saran mengatasi kanibal sebaiknya disaat menyusui, induk diberi makanan/nutrisi yng tidak jelek alias bagus serta jangan pernah kekurangan.

Sempitnya kotak anak kelinci. Kotak yng dipakai menjdai tempat melahirkan anak-anak kelinci ini apa bila sempit akan berakibat fatal yakni seringnya terinjak-injak induk yng akan menyusui anaknya.

Jadi kadang peternak baru yang masih belajar memelihara indukan kelinci yang baru melahirkan sering bingung karena saat mereka lihat disiang hari induk kelinci sama sekali tidak menyusui anaknya. Hal ini sebenarnya normal asalkan saat malam hari induk tersebut tetap menyusui anaknya karena kebiasaan kelinci memang secara umum suka menyusui anaknya pada malam hari.

Cara Melatih Induk Kelinci Menyusui Anaknya


1. Pegang perlahan kelinci untuk mengambil posisi yang nyaman

2. Gendong kelinci

3. Tidurkan dipangkuan kita


4. Setelah indukan tenang, letakkan bayinya untuk mencari sendiri puting induk, jika sudah cukup si bayi akan melepaskan puting susu dan tertidur 
(Sumber: http://kelinci-wongkito.blogspot.co.id)

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 01:32:00

0 komentar:

Powered by Blogger.