Perilaku Ternak Kuda, Antara Induk dan Anaknya

Posted by

Berapa Lama Induk Kuda Bunting dan Mengasuh Anaknya? Bagaimana Cara Membedakan Kuda Bunting atau Tidak?


Ternak Kuda memiliki masa atau umur  bunting sekitar  340 (+-5) hari, kelahiran terlaksana pada malam hari meskipun ada pun keseringan terlaksana pada dini hari.

Beberapa perilaku induk kuda yang perlu diketahui setelah melahirkan anaknya:

Sesudah melahirkan mare akan tetap rebah beberapa era sambil menyodok-nyodok foal. Kontak yang telah di sebutkan adalah awal terbentuknya ikatan induk anak secara intensive yng malah lebih besar dibanding kedekatan yang dengannya kawanannya.2 jam sesudah lahir anak kuda berdiri, lantas berjalan mengikut induknya.

Mare seringkali menggigit, menyodok malah menendang bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjauhkan foal dari kawanannya. Anak kuda suka menggigit kaki induknya, pada umur 3-4 minggu suka berkelahi. Sebagian besar anak kuda selalu mengikuti induknya serta tidak lebih bersosialisasi yang dengannya kawanannya.

Mare baru mengijinkan foal bergabung yang dengannya kawanannya setalah dirasa cukup mempunyai kemampuan. Hubungan mengasuh anak pada kuda bisa terlaksana sampai-sampai kurun waktu 2 tahun.




Cara Mendeteksi Kuda Bunting Atau Tidak

Cara sederhana mendeteksi kuda betina bunting dapat dilakukan lewat pengamatan fisik si kuda betina tersebut. Tetapi kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa kuda betina yang bunting muda (sebelum 5 bulan) akan sulit dibedakan apakah kuda itu memang sedang bunting atau karena gemuk

Kuda betina bunting muda sebenarnya bisa dilihat dari perubahan bentuk tubuh dibagian perut, juga warna bulunya yang cenderung lebih mengkilat. Juga napsu makan yang lebih besar ketimbang saat sebelum bunting. Dia juga sangat tidak senang didekati oleh kuda jantan. Biasanya akan menjerit dan menggigit kuda jantan yang mendekati.


Perbedaan kuda bunting dan gemuk terdapat pada sisi bawah perut. Kuda bunting bagian bawah perutnya akan membesar. Sedangkan kuda gemuk cenderung pembesaran perut kearah samping.



Kadang terjadi pembesaran pada punting susu bila kuda sedang bunting, sedangkan pada kuda gemuk tidak terjadi atau tidak terlihat. Kalau anda ragu lebih baik minta bantuan seorang dokter ahli kuda yang anda kenal untuk memastikannya.

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 01:49:00

0 komentar:

Powered by Blogger.