Sepertiga Malam, Waktu Terbaik Shalat Tahajud

Posted by

Salah satu shalat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan secara rutin dan kontinu oleh seorang muslim adalah shalat tahajud. Salah satu manfaat dan fungsi Shalat sunnah akan menutupi kekurangan kekurangan yang mungkin terdapat pada kita saat melaksanakan shalat wajib.

JIKA hanya melaksanakan shalat wajib saja, maka terasa akan ada yang kurang. Bagaikan nasi tanpa lauk pauk. Pasti rasanya akan hambar bukan? Begitu pula dalam shalat. Apalagi, kita tak pernah tahu apakah shalat wajib yang kita lakukan itu diterima oleh Allah SWT atau kah tidak.

Oleh sebab itu, untuk melengkapi kehambaran dalam shalat, maka lakukan pula shalat sunnah. Ya, shalat sunnah bisa melengkapi kekurangan dalam shalat wajib. Nah, salah satu shalat sunnah yang bisa kita lakukan ialah shalat sunnah tahajud. Kapankah waktunya?

Shalat sunnah ini dikerjakan dalam kurun waktu sejak setelah shalat isya hingga masuk waktu shubuh. Jadi shalat tahajud tidak boleh dikerjakan siang hari atau sebelum shalat isya. Ulama membagi waktu menjadi tiga bagian, sepertiga awal malam, sepertiga kedua malam dan sepertiga terakhir malam.

Apabila diambil berdasarkan waktu yang kita miliki, maka untuk waktu sepertiga malam yang pertama ialah dimulai selepas kita selesai mengerjakan shalat isya sampai dengan pukul 11 malam. Dan untuk waktu sepertiga malam yang kedua dimulai dari pukul 11 malam sampai kurang lebih pukul 2 pagi. Dan untuk waktu sepertiga malam yang terakhir ialah mulai dari pukul 2 pagi sampai dengan terbit fajar atau menjelang adzan subuh. Lalu, kapan waktu terbaik melaksanakan shalat tahajud?

Shalat tahajud yang paling utama adalah pada sepertiga malam yang terakhir. Pada saat ini doa akan dikabulkan oleh Allah. Hal ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwasannya Nabi ﷺ bersabda, "Allah turun ke langit dunia setiap malam pada sepertiga malam terakhir. Allah lalu berfirman, ‘Siapa yang berdoa kepada-Ku niscaya Aku kabulkan! Siapa yang meminta kepada-Ku niscaya Aku beri! Siapa yang meminta ampun kepada-Ku tentu Aku ampuni.’ Demikianlah keadaannya hingga fajar terbit," (HR. Bukhari dan Muslim).

Sabda Rasulullah ﷺ dari Abu Hurairah RA, tatkala Nabi ﷺ ditanya, "Apakah shalat yang lebih utama selain dari shalat fardu yang lima?" Jawab beliau, "Shalat tengah malam," (HR. Muslim).

Jadi, dapat kita ketahui bahwasanya waktu terbaik melaksanakan shalat tahajud ialah pada sepertiga malam terakhir. Yakni kurang lebih dari pukul dua hingga menjelang adzan shubuh. Di saat inilah, waktu yang tepat untuk kita beribadah dengan sungguh-sungguh kepada Allah SWT. Sebab, Dia akan terasa dekat dengan kita di waktu-waktu itu.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 14:47:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.