Bratasena, Sapi Juara Kontes Ternak Karangannyar

Posted by

Juara Kontes Ternak Karanganyar, Bratasena Sapi Simmental Jantan Berbobot 1,3 Ton
Inilah sapi jantan Juara I Kontes sapi di Karanganyar yang baru pertama kali dilaksanakan. Sapi jantan itu bernama Bratasena kalau mengacu pada tulisan pada banner yang melilit perutnya. Sapi itu milik warga Kaliboto, Mojogedang, Sunarwan. Lelaki bertubuh kurus itu merawat sapi jenis simmental itu selama empat tahun. Hasilnya, peranakan brahman dan simmetal itu memiliki bobot 1,3 ton dan lingkar dada 256 sentimeter (cm). Lokasi Kontes ternak sapi hasil inseminasi buatan (IB) di lapangan Jumapolo, Kamis (17/11/2016).


Terlihat saat lomba sapi itu kondisinya juga sangat sehat dan sangat terawat. Kulit sapi juga cukup mulus dan bersih dibandingkan kontestan lain. Sehingga sapi itu layak untuk memenangkan kontes yang baru kali pertama digelar di Kabupaten Karanganyar itu. Atas kemenangan tersebut sang pemilik berhasil mendapatkan uang pembinaan sebanyak Rp3 juta.
Juara kedua, dimenangkan oleh sapi bernama Sireng milik Suwarso warga Durenan Sringin Kecamatan Jumantono. Sapi jenis Brangus itu berhasil menjadi juara kedua karena memiliki bobot sekitar 1,019 Ton. Untuk Juara ketiga didapatkan oleh sapi milik Slamet warga Pojok Kecamatan Mojogedang dengan berat sekitar 900 kilogram.
Digelarnya kontes sapi itu dilakukan untuk merangsang para peternak agar mulai menekuni bisnis penggemukan sapi dari hasil inseminasi buatan. “Hanya tiga sapi yang bobotnya cukup banyak, sedangkan kontestan lain beratnya masih standar atau rata-rata,”.


Menurut pemiliknya, pakan sapi bernama Bratasena sama seperti sapi lain, yaitu ampas singkong, air gula jawa, tepung untuk pakan hewan, dan lain-lain. Dia membeli Bratasena kecil seharga Rp15 juta. Bratasena ditawarkan seharga Rp200 juta. “Ada lima sapi. Satu sapi jenis limosin berbobot 1,1 ton laku Rp150 juta. Kalau ada yang mau, ini Rp200 juta. Saya enggak merawat khusus, tapi hanya serius,” tutur dia.


Bratasena menyabet juara I kategori sapi penggemukan pada Lomba/Kontes Ternak Sapi Hasil Inseminasi Buatan dengan tema Amarga Kawin Suntik, Sapiku Dadi Apik.
Selain itu terdapat sekitar 71 ekor sapi dari 17 kecamatan di Karanganyar berebut juara I-III pada setiap kategori, yaitu pedet jantan, betina, dan sapi penggemukan. Penilaian meliputi berat badan, tinggi badan, lingkar dada, dan lain-lain.

Bratasena, Sapi Jenis Simmental Juara I Kontes Ternak Karanganyar
Populasi ternak sapi di wilayah Karanganyar jenis sapi potong mencapai 62.948 ekor dengan jumlah peternak sebanyak 31.447 orang. Sementara untuk sapi perah sebanyak 412 ekor dengan jumlah peternak 64 orang. Meskipun jumlah populasi ternak sapi cukup besar, namun pengelolaan ternak sapi masih sederhana atau tradisional dan merupakan pekerjaan sampingan.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 19:30:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.