Ciri dan Karakteristik Kaum Munafikun

Posted by

Inilah 4 Karakteristik Orang-Orang Yang Tergolong Munafik

Di dalam Al Quran terdapat satu surat yaitu surat Al Munafiqun yang khusus mengulas tentang orang-orang yang munafik. Ini menunjukan betapa kemunafikan sangat diperhatikan di dalam Islam, dan harus diperhatikan oleh orang-orang beriman.

Di dalam surat tersebut Allah Swt berfirman, Apabila orang-orang munafik datang kepadamu, mereka berkata, “Kami mengakui, bahwa sesungguhnya kamu benar-benar Rasul Allah“. Dan, Allah mengetahui bahwa sesungguhnya kamu benar-benar Rasul-Nya; dan Allah mengetahui bahwa sesungguhnya orang-orang munafik itu benar-benar orang pendusta. Mereka itu menjadikan sumpah mereka sebagai perisai, lalu mereka menghalangi (manusia) dari jalan Allah. Sesungguhnya amat buruklah apa yang telah mereka kerjakan. Yang demikian itu adalah karena bahwa sesungguhnya mereka telah beriman, kemudian menjadi kafir (lagi) lalu hati mereka dikunci mati; karena itu mereka tidak dapat mengerti.” (QS. Al Munafiqun [63]: 1-3).

Ayat tersebut di atas menjelaskan tentang karakterisik orang-orang munafik. Diantaranya adalah pertama, bahwa mereka merupakan orang-orang yang penuh dengan kebohongan. Apa yang dikatakan tidak sesuai dengan apa yang ada di dalam hatinya. Jika mereka mengakui suatu kebenaran, maka tidak demikian dengan isi hatinya.

Karakter kedua, mereka terbiasa menyatakan sumpah palsu dan bohong. Hal ini mereka lakukan sebagai tameng untuk menyelamatkan diri dan harta mereka agar mereka tidak dimusuhi oleh kaum kafir, dan saat kaum muslimin mendapat kemenangan, mereka berharap mendapat keuntungan. Perbuatan mereka yang seperti ini sangat kentara terlihat di zaman Rasulullah Saw.

Ketiga, sebagaimana ayat di atas adalah bahwa mereka gemar menghalang-halangi manusia dari melakukan ketaatan atau peribadatan kepada Allah Swt. Mereka juga menghalang-halangi manusia untuk memeluk Islam.

Keempat, mereka memiliki amal perbuatan yang buruk karena mereka mengotori keimanan dengan kekufuran. Mereka pun menampakkan sesuatu yang berbeda dengan apa yang ada di dalam hatinya.

Aa Gym

loading...
Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 06:54:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.