Kambing Yang Jago Panjat Tebing, Kambing Gunung

Posted by

Kambing gunung, karena tuntutan habitat yang ekstrim, binatang ini jadi pandai memanjat tebing untuk mencari makan. Kemampuan memanjatnya tidak perlu diragukan lagi, tanpa alat apapun kecuali mengandalkan kakinya. Kambing gunung ini tinggal di daerah pegunungan di Amerika Utara. Karena tinggal di pegunungan dan punya kemampuan memanjat yang hebat maka kambing gunung ini bisa ditemukan di ketinggian 13.000 kaki.
Kambing Rocky Mountain tingginya hingga ke bahu kira-kira 91 cm, sedang beratnya dapat mencapai 91 kg. Kambing gunung memiliki jenggot khas dan panjang, bulu tebal, bagaikan mantel hangat untuk melindungi mereka dari suhu dingin dan menggigit angin pegunungan. Bulu tebal ini juga seperti jas putih yang mencitptakan kamuflase yang baik pada wilayah ketinggian yang bersalju. 
kambing gunung
Makanan yang tersedia ditebing gunung atau bukit berupa lumut dan tumbuhan gunung yang lain. Biasanya, pekerjaan mencari makanan dikerjakan oleh para kambing jantan. Sementara itu, kambing betina-lah yang bertugas menjaga anak-anak mereka.
Rahasia keahlian kambing gunung dalam memanjat terletak pada kakinya. Kambing gunung memiliki kaki dengan kuku terbelah yang berfungsi membantu keseimbangan mereka ketika memanjat. Dibantu dengan pinggiran kuku yang tajam sehingga memudahkan untuk mencengkeram batu karang. Kambing gunung juga punya bulu tebal, panjang, dan berwarna putih. Gunanya, sebagai penghangat dari suhu dingin pegunungan. Enggak cuma itu, bulu tebal berwarna putih juga membantu kambing gunung untuk bersembunyi di salju sebagai alat kamuflase dari pemangsa. Kambing Gunung (Oreamnos americanus) adalah mamalia berkuku yang mempunyai tanduk pendek, bengkok, dan berwarna hitam. pinggiran kukunya tajam, melingkupi telapak yang lunak di bagian dalam. Dengan kukunya ini ia mencengkeram batu karang. Binatang ini lebih tepat dinamakan kambing Rocky Mountain. Sebenarnya binatang itu bukan kambing, melainkan sejenis antilop seperti halnya kijang dan rusa.

Kambing gunung dapat dijumpai pada wilayah yang memiliki tebing-tebing terjal, mulai dari Alaska ke Amerika Serikat (Rocky Mountains), dan menyebar juga ke sebagian Asia tengah, termasuk India, binatang ini mampu menampilkan kemampuan memanjat yang melebihi hewan lain, dan juga melebihi manusia. Kambing gunung memiliki kuku terbelah dengan dua jari kaki yang dapat melebar untuk meningkatkan keseimbangan. Bantalan kasar di bagian bawah telapak kakinya, memberikan cengkeraman seperti sepatu mendaki alami. Kambing gunung kuat tetapi gesit dan dapat melompat hingga hampir 12 kaki (3,5 meter).


Kambing Rocky Mountain adalah pendaki yang terampil dan dapat berjalan pada tebing yang curam serta melintasi es. Bulunya tebal, panjang, berwarna putih; membentuk bulu tengkuk dipunggungnya. Bulunya yang putih memudahkan dia untuk bersembunyi di salju dari musuh-musuhnya. Makanannya terdiri dari lumut dan tumbuhan gunung yang lain. Kambing betina menghabiskan sebagian besar kehidupan mereka dengan anak-anak mereka. Kambing jantan biasanya hidup menyendiri atau berkumpul hanya dengan satu atau dua kambing jantan lain. Pada musim semi, kambing betina melahirkan satu atau dua anak. Setelah dewasa tinggi mereka dapat mencapai 1 meter, atau setinggi pundak manusia dewasa.

Berikut foto-foto yang menggambarkan dan membuktikan keahlian dan kemahiran kambing gunung dalam memanjat tebing gunung.












Sumber:
http://www.kaskus.co.id/thread/558b7495620881b0618b456c/ngerii-hewan-ini-hidup-hanya-di-pinggir-jurang
http://www.boredpanda.com/crazy-mountain-goats/
http://www.dailymail.co.uk/news/article-2460992/Goats-defy-death-scale-dam-Italian-lake-Gran-Paradiso-National-Park.html
http://forum.detik.com/kambing-gunung-si-pendaki-yang-pemberani-t1107447.html
www.wikipedia.org

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 19:00:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.