Konyol! Isu Sapi Belgian Blue Sebagai Persilangan Sapi dan Babi

Posted by

Ada isu sapi belgian blue adalah sapi yang diintroduksi dengan gen babi sehingga menjadi begitu berotot. Benarkah isu ini? Ini fakta aktual tentang sapi belgian blue yang diungkap oleh dosen fapet UGM pada akun fbnya.

Karena sudah sedikit terganggu dengan gosip2 di beberapa WAG yang anggotanya heterogen tentang bangsa sapi 'Belgian Blue' yang difitnah sebagai persilangan sapi dan babi. Atau dibilang ada gen2 babi yang diintroduksikan? Maka saya coba tulis fenomena ini.

Dulu pernah ada juga fitnah terhadap 'Mangalitsa' babi curly asal Hungaria yang dibilang hasil perkawinan babi dan domba...xixixi.. Baca ini saja saya langsung pengen ngakak. Memang kasihan nasib si babi ini..selalu dan selalu menjadi sasaran fitnah bodoh.

Bagaimana bisa makhluk2 dengan spesies dengan jumlah kromosom yang berbeda (sapi 29xy vs babi 18xy) ini dapat disilangkan untuk berkembang biak? Sedangkan domba dan kambing yang dalam bahasa Jawa sama2 disebut 'wedhus' saja tidak dapat dikawinkan.

Pada dapat teori dari mana yak? Baiklah saya ceritakan dengan bahasa yang sederhana dan semoga mudah dimengerti ya guys. Sapi Belgian Blue originally berasal dari Belgia. Sapi ini disebut juga 'double muscling', adalah hasil dari mutasi secara natural gen myostatin yang mengkode protein myostatin (myo = muscle, otot ; statin = stop), jadi myostatin adalah protein yang menghambat pertumbuhan otot. Nah karena mutasi ini, menyebabkan myostatin tidak berfungsi normal lagi sehingga otot terus berkembang.

FYI, Project Belgian Blue itu mengakumulasikan mutasi myostatin lewat seleksi dan mating (perkawinan). Tidak ada manipulasi macam-macam. Singkat ceritanya begitulah hingga sapi Belgian Blue mempunyai bentuk fisik menyerupai binaragawan. FYI lagiii, double muscling jg dapat telihat pada spesies lain spt tikus, anjing pit bull, kuda jg manusia. Jadi ga bilang sekalian bahwa manusia silangan sama babi jugak? keterlaluan kan !!
(Gambar2 ini adalah gambar sapi Belgian Blue dan Babi Mangalitsa yang menjadi sasaran fitnah bodoh dan keji. Prffff).
____________
Buat adik2 dan teman2 yang sudah belajar ilmu peternakan, mohon untuk memberi pencerahan yang baik kepada masyarakat. Menurut saya, pembuat isssue murahan itu jahat, dan yang percaya dan menyebarkan tanpa pikir panjang itu bodoh dan menyedihkan. Maka putuskanlah rantai kejahatan dan kebodohan itu.

Sumber status fb dosen Fapet UGM, Vitri Mastuti Widi (Tri Satya Mastuti Widi)

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 15:12:00

1 komentar:

muhammad adi said...

lah kan sama saja .. merubah ciptaan allah ?

Loading...
Powered by Blogger.