Budidaya Buah Zaitun, Cara Menanam Dari Pembibitan Hingga Panen

Posted by

Pohon Zaitun Bisa Ditanam Dalam Pot Maupun Langsung di Lahan Pekarangan, Berikut Caranya!


Pohon Buah Zaitun dapat tumbuh di musim dingin dan musim panas. Meskipun dengan temperature dingin tidak berbahaya. Namun es dapat mempengaruhi pertumbuhan buah zaitun. Pastikan bahwa musim mekar di musim panas, karena penyerbukan utama pada tanaman melalui angin. Iklim basah juga dapat mempengaruhi penyerbukan. Pohon zaitun dapat rusak jika tanah terlalu lembab dan basah. Selalu pastikan bahwa Anda menanam zaitun di daerah dengan tanah yang baik. Jika menanam dalam pot, pastikan bahwa Anda menggunakan tanah yang dapat mendukung pengairan yang baik.

Persiapan Lahan dan Media Tanam
Pastikan bahwa tanah mendukung drainase (kualitas air tanah). Gunakan pupuk sambil mempersiapkan tanah untuk menanam buah zaitun. Tanah harus lebih lebar, agar dapat membantu pertumbuhan akar yang baik. Menambahkan pupuk kompos dapat memberikan nitrogen yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman. Zaitun bisa tumbuh dengan baik di tanah kita karena kebutuhan suhu hidup dan tumbuhnya berkisar 7 – 35 derajat Celcius, hampir semua daerah kita berada antara suhu tersebut. Jika masa pembibitan sudah selesai bisa dipindah tanamkan pada lahan yang memiliki area tidak terlalu sempit, bersih dari rumput disekitar bakal tanam, tanah kaya dengan unsur hara, lokasi tanam tidak ternaungi, harus mendapatkan sinar matahari langsung.

Lubang penanaman bisa kita buat dengan menggali menggunakan alat seperti cangkul dengan ukuran lubang 50x50x50cm. Siapkan juga media tanah yang dicampur dengan kompos/pupuk kandang yang sudah lama + sekam untuk bahan penutup lubang penanaman nanti.

Lubang tanam perlu diistirahatkan selama 2-3 hari dan biarkan tersinari matahari supaya bakteri jahat pada tanah mati. Jika akar-akar dari pembibitan zaitun sudah memiliki panjang rata-rata antara 3 – 5 cm dan mulai sedikit kecoklatan, kita bisa langsung memindahkannya ke lubang penanaman di lahan yang mendapatkan sinar matahari penuh. Tinggal kita letakkan bagian akar bersama media tanam dalam polybagnya, namun terlebih dahulu plastik polybag di sobek dan jangan sampai perakarannya putus. Posisi bibit harus tegak lurus, jangan sampai miring.

Penanaman Bibit dan Cara Mendapatkan Bibit Zaitun

Anda dapat menanam buah zaitun baik secara langsung di tanah atau di pot. Siapkan tanah, yang memungkinkan terjadi drainase yang tepat. Tambahkan juga pupuk kandang. Sesudah ditanam pastikan tanaman berada di bawah sinar matahari langsung.

Untuk mendapatkan bibit zaitun bisa kita membibitkannya dengan metode micro cutting yaitu dengan memotong beberapa ruas ranting muda dari tanaman induk. Namun jika tanaman induk susah dicari, sahabat bisa cari bibit zaitun yang siap tanam di kios bibit setempat. Pemilihan bibit yang berkualitas perlu kita lakukan seperti memilih bibit yang sehat dan bebas dari serangan hama penyakit, berbatang cukup kokoh tidak kering, berdaun hijau sehat, dan percabangan yang cukup rindang.

Bibit zaitun yang sudah diletakkan pada lubang tanam, segera tutup dengan media campuran tanah dengan kompos dan sekam yang telah kita persiapkan, tutup sampai rata. Agar tanaman kokoh, penutup lubang tanam dipadatkan sedikit bisa kita diinjak-injak, namun jangan terlalu padat sebab akan menghambat perkembangan akar tanaman zaitun.

Pemangkasan Cabang Yang Tidak Dikehendaki dan Cara Mempercepat Munculnya Buah Zaitun

Saat pohon tumbuh sangat lambat, pemangkasan tidak selalu diperlukan. Tanaman yang tumbuh pot dapat tumbuh sedikit lebih cepat. Dalam kasus tersebut, Anda perlu melakukan pemangkasan. Pangkas cabang yang tidak diinginkan untuk mendukung pertumbuhan pohon.

Untuk mempercepat pembuahan bisa diberikan hormon perangsang buah yang akan memacu dan mempercepat pembuahan tanaman zaitun. Hormon perangsang buah yang bisa digunakan adalah POC BMW. POC BMW mengandung banyak nutrisi makro dan mikro yang baik untuk pertumbuhan tanaman menjadi lebih subur, tak hanya itu POC BMW mengandung ZPT agar tanaman tumbuh tetap optimal. Cara aplikasi POC BMW dengan disemprotkan kebagian tanaman dengan dosis 2-3 tutup POC BMW + 1 tangki 15 liter air. Lakukan dengan interval 1 bulan sekali.

Pertumbuhan zaitun sangat memerlukan nutrisi yang berkala. Pemberian nutrisi secara rutin akan menjadikan tanaman kita menjadi cepat tumbuh, sehat dan berkualitas baik. Berikut 2 komposisi pemupukan yang kami sarankan untuk melakukan pemupukan susulan.

Cara Kombinasi Kimia : 20 butir NPK buah + 1 kg kompos/pupuk kandang + 1 sdt POC BMW
Cara Organik : 1 sdm KOCOR BMW+ 1 sdt POC BMW

Pemupukan dilakukan secara rutin tiap 1 bulan sekali.
Karena zaitun ini merupakan tumbuhan beranting panjang perlu kita pasang ajir sebagai penaopangnya, supaya tumbuhnya bisa sempurna dan tidak mudah patah. Ajir bisa kita buat dari bambu yang diiris-iris menjadi beberapa bagian dengan ukuran panjang 1,5 meteran. 
Hama Yang Sering Menyerang Pohon Zaitun

Pohon zaitun dapat mengalami serangan hama verticillium yang dapat mengakibatkan tanaman layu. Hal ini dapat mempengaruhi pertumbuhan normal dari tanaman. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan insektisida.

Seperti tumbuhan lainnya zaitun juga sering ditemukan masalah dari serangan penyakit seperti bercak daun cercospora, bercak burung merak, akar membusuk, batang / daun bersisik. Untuk mengatasinya kita semprotkan fungisida hayati NOPATEK 5 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air. Khusus untuk dosis mengatasi busuk akar yaitu 1 tutup botol NOPATEK + 2 liter air lalu siramkan ke tanaman yang terserang 1 gelas perpohon. Jika terdapat gangguan dari hewan kecil atau hama bisa semprotkan insektisida hayati ANTILAT 5 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air.

Harga Macam-Macam Jenis Bibit Pohon Zaitun
  • Bibit Pohon Zaitun asal Perancis dengan ciri daun agak kecil, berbentuk kotak, batang cepat besar dan bisa pula untuk bonsai, tingginya sekitar 20-40 cm, harga yang dipatok sekitar 150.000, adapun yang bertinggi 60-80 cm dibanderol 300.000 saja
  • Bibit Pohon Zaitun asal Israel dengan daun keabu-abuan atau silver tingginya sekitar 20-40 cm adalah berkisar 175.000 adapun yang bertinggi 40-60 cm berkisar 250.000 saja
  • Bibit pohon zaitun asal Peru dengan daun kecil dengan tinggi 30-40 cm harganya sekitar 150.000 saja sedangkan dengan tinggi berkisar 60-80 tingginya berkisar 300 ribu
  • Bibit pohon zaitun induk Spanyol sendiri dengan tinggi 30-50 cm harganya berkisar 125.000 sedangkan yang bertinggi 100-150 cm bisa mencapai 500 ribu

Buah zaitun merupakan penghasil minyak terbaik untuk makanan, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Dari penelitian, buah zaitun menghasilkan 15-22 persen minyak dalam kandungannya, bahkan Ia juga menjadi resep pengobatan ala nabi dimana buah zaitun bisa mengobati sampai 70 jenis penyakit. Apakah memungkinkan minyak zaitun tumbuh di Indonesia? Jawabannya mungkin sekali karena suhu hidup dari pohon zaitun antara 7-35 derajat celcius, hampir seluruh wilayah di Indonesia memiliki suhu diantara rentang suhu tersebut.


Bibit-bibit pohon zaitun yang bisa tumbuh di Indonesia ada yang berasal dari Syiria, Gaza, Spanyol, Marocco, Mesir, Perancis bahkan juga dari Peru, ini menunjukkan iklim di Indonesia sangat mendukung bagi tumbuhnya pohon zaitun yang diberkahi.

Jenis Buah Zaitun

Pohon Zaitun Hijau
Adalah buah dari pohon zaitun berwarna hijau, ini adalah jenis dari buah yang belum matang dan mengandung minyak yang lebih sedikit. Zaitun hijau yang baru dipanen memiliki rasa getir, karena itu harus direndam dulu dalam alkali untuk menghilangkan rasa getir, kemudian direndam lagi dengan larutan air garam lalu difermentasi dengan bakteri Lactobacilus.

Zaitun Hitam
Buah zaitun yang lebih matang dari zaitun hijau, namun tetap harus direndam juga dengan cairan alkali dan diangin-anginkan beberapa saat sehingga warnanya menjadi hitam. Hampir sama dengan proses pengonsumian zaitun hijau yakni dengan melarutkannya dengan air garam setelah itum untuk mencegah getir.

Zaitun Kalamata
Buah zaitun yang sudah dipanen ketika benar-benar matang dalam pohon, warnanya ungu tua dan tidak direndam dalam cairan alkali, tetapi langsung dalam air garam. Setelah itu buah dipak dalam proses penggaraman itu juga ditetesi minyak zaitun sehingga menimbulkan citarasa yang lebih lezat dari zaitun hijau ataupun hitam.

Diolah dari berbagai sumber

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 21:43:00

0 komentar:

Powered by Blogger.