Cara Agar Tanaman Sawo Cepat Berbuah (Berbunga)

Posted by

Tanaman sawo yang ditanam dalam pot perlu perlakuan khusus agar cepat berbunga dan berbuah. Sawo adalah pohon tahunan dan merupakan pohon buah yang biasa ditanam dipekarangan langsung di tanah dan biasa dibiarkan untuk tumbuh besar sampai berbuah. Seiring dengan menyempitnya lahan maka pohon sawo pun banyak yang dijadikan tabulampot atau tanaman buah didalam pot.


Saat menanam sawo di dalam pot harus diperhatikan kebutuhan nutrisi atau unsur hara dalam tanah yang akan dimanfaatkan oleh tanaman sawo agar bisa tumbuh subur dan tentunya agar bisa cepat berbuah. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan agar tabulampot sawo bisa cepat berbuah dan bisa cepat panen.

Bibit Sawo Yang Cepat Buah Berasal Dari Bibit Hasil Cangkokan dan Bukan dari Biji

Bibit sawo yang bagus untuk ditanam dalam pot dan bisa cepat berbuah adalah bibit sawo hasil pencangkokan. Bagaimana cara mencangkok tanaman sawo untuk bibit? Ikuti langkah cara mencangkok tanaman sawo berikut ini:
  • Siapkan dahulu alat dan bahan seperti: Serat kelapa atau plastik, tali, pisau, cabang tua yang akan di cangkok dan juga media tanam cangkok berupa tanah yang dicampur dengan pupuk kandang.
  • Setelah itu buatlah 2 irirsan atau keratan melingkar pada cabang yang akan dicangkok, kemudian kupas kulit cabang pada bagian yang di kerat setelah itu hilangkan kambiumnya dengan cara dikerik hingga tampilan cabang kering. 
  • Diamkan selama 3-5 hari.
  • Setelah itu, olesi bidang bekas keratan atau sayatan yang kering dengan zat penumbuh akar, lalu ambil pembungkus cangkok yang bisa terbuat dari plastik atau sabut kelapa lalu ikat pada bagian bawah keratan cabang lalu masukan media tanam dan padatkan, kemudian ikat kembali dengan tali bagian atas keratan cabang dan juga bagian tengah bungkusan cangkok dan buatlah lubang kecil dengan jarum. 
  • Bibit cangkok akan berakar setelah berumur sekitar 1,5 hingga 3,5 bulan setelah proses pencangkokan.
  • Setelah berakar potong bibit cangkok tepat dibawah bidang karatan cabang dan bisa dilakukan penanaman.
Media Tanam Yang Cocok Untuk Tabulampot Sawo adalah Campuran Tanah dan Kompos (Pupuk Kandang)

Media tanam yang digunakan untuk menanam sawo dalam pot yaitu berupa campuran tanah dengan pupuk kandang atau kompos. Setelah dicampur, media tanam tersebut disiram hingga lembab dan diamkan selama sekitar 3-4 hari sebelum tanam. Selanjutnya masukkan dalam pot tanam yang sudah disiapkan.

Setelah semua siap, lakukan penanaman. Buatlah lubang tanam yang disesuaikan dengan akar atau tunas cangkok. Tanam bibit cangkok dalam lubang kemudian timbun kembali dengan media tanam disekitarnya, setelah itu lakukan penyiraman secukupnya.

Lakukan Penyiangan Gulma, Penyiraman dan Pemupukan Secara Rutin Agar Tanaman Sawo dalam Pot Cepat Berbuah

Penyiangan, lakukan penyiangan pada gulma yang tumbuh disekitar tanaman sawo di pot secara rutin dan jangan biarkan tanaman gulma tumbuh banyak baru dilakukan penyiangan karena gulma akan mengurangi unsur hara yang dibutuhkan tanaman sawo.

Penyiraman, lakukan penyiraman secara rutin sebanyak 2 kali sehari pada musim kemarau dan kurangi penyiraman pada musim penghujan. Jangan sampai tanaman sawo dalam pot kekeringan atau kekurangan air karena akan mengganggu pertumbuhan jika tanaman sering layu akibat kurang air dan hal ini juga akan sangat menghambat proses pembungaan dan pembuahan.

Pemupukan, lakukan pemupukan setiap 2-3 bulan sekali dengan menggunakan pupuk Urea, TSP, KCl atau yang lainnya. Pemupukan yang teratur akan menjamin ketersediaan unsur hara dalam pot yang sangat dibutuhkan untuk mempercepat munculnya buah.

Sawo yang dibudidayakan melalui cara generatif dapat dipanena setelah berumur 6-7 bulan tergantung pertumbuhan dan pemeliharaan tanaman. Pemanenan dapat dilakukan dengan cara memetik langsung dengan bantuan gala, gunting atau bisa juga dengan tangan. Pemanenan sawo dapat dilakukan setiap 2-3 hari sekali karena tanaman ini bukan tanaman musiman.

Hama pada sawo dalam pot biasanya hanya berupa kutu daun yang bisa diatas dengan menggunakan pestisida. Usahakan tanaman sawo bisa terkena matahari secara langsung karena pengalaman penulis menunjukkan tanaman sawo yang terkena matahari secara langsung rutin berbuah dan pertumbuhannya bagus (subur). Semoga bermanfaat.

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 19:16:00

0 komentar:

Powered by Blogger.