Cara Melihat Gigi Poel Sapi Tanpa Memaksa Buka Mulut Sapi

Posted by

Cara melihat gigi poel pada sapi (terutama sapi jantan) tanpa harus memaksa sapi buka mulut

Salah satu cara tercepat menaksir umur sapi adalah dengan melihat perubahan pada gigi serinya, yaitu perubahan dari gigi susu menjadi gigi permanen yang terlihat jelas dari ukurannya. Jika sudah berubah menjadi gigi permanen maka akan tampak besar ukurannya jauh lebih besar daripada gigi susu.



Manfaat dan Fungsi dari melihat gigi adalah untuk mengetahui tingkat pertumbuhan dan usia sapi. Tetapi kadang saat kita mau cek gigi sapi susah buka mulut. Berikut ada sedikit tips dan trik cara melihat gigi poel pada sapi tanpa memaksa membuka mulut sapi terutama jika sapi tersebut tidak dibrangus atau ditongar (dikeluh).


1. Siapkan bahan yang memiliki aroma yang tidak disukai oleh sapi tapi tidak berbahaya jika dijilat sapi, misalnya tetes tebu atau bisa juga dengan probiotik, temulawak, temuireng,dsb. Bahkan ada yang lebih ekstrim menggunakan air kencing, baik dengan air kencing manusia maupun air kencing sapi/ternak lainnya.

2. Oleskan atau teteskan pada hidung sapi maka sapi akan melakukan gerakan seperti "nyengir" dan akan memperlihatkan deretan gigi-giginya.

3. Saat mulut sapi sudah terbuka sendiri silakan menghitung dan bedakan antara yang permanen dan gigi susu.

Semoga bermanfaat.
Sapi Sedang Membuka Mulut Sampai Terlihat Giginya Akibat Bau Yang Menyengat

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 21:37:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.