Macam-Macam Jenis Ayam Kalkun Untuk Budidaya

Posted by

Kalkun adalah jenis ayam yang bertubuh besar dan memiliki suara khas seperti "kluk-kluk". Kalku populer di negara-negara seperti Amerika dan Eropa sebagai salah satu hidangan khas pada acara atau peringatan tertentu. Ternyata jenis kalkun sangat banyak dan dibedakan dari warna bulunya.

Berikut ini Beberapa Jenis Ayam Kalkun Yang Biasa Dibudidayakan
Menurut kamus wikipedia, Kalkun atau ayam kalkun adalah sebutan untuk dua spesies burung berukuran besar dari ordo Galliformes genus Meleagris. Kalkun betina lebih kecil dan warna bulu kurang berwarna-warni dibandingkan kalkun jantan. Sedangkan Kalkun memiliki nama ilmiah: Meleagris. Ayam kalkun termasuk memiliki umur hidup yang panjang pada jenisnya, lama hidup: Kalkun liar: 10 tahun. Massa: Kalkun liar: 5 – 11 kg, Kalkun ocellated: 5 kg
AYAM KALKUN JENIS BELTSVILLE SMALL WHITE

AYAM KALKUN JENIS BELTSVILLE SMALL WHITE
Mungkin karena kalkun ini dikembangkan di Beltsville Agricultural Research Center (Maryland) dan memiliki ukuran kecil dibanding jenis kalkun lainnya dan memiliki bulu putih mulus (albino) sehingga dinamai Beltsville Small White. Jenis Kalkun ini banyak kita jumpai di Indonesia.
Kalkun putih atau Kalkun Albino merupakan kalkun yang eksotik berwarna putih mulus. Kalkun ini juga disebut White Holland Turkey karena kalkun jenis ini disuga berasal dari negeri kincir angin atau Belanda. Keeksotikan bulunya yang seluruhnya berwarna putih berkesan bersih sehingga kalkun jenis ini banyak di gemari oleh banyak orang. Bobot pejantan dewasa mencapai 11 kg - 18 kg sedangkan bobot betina dewasa mencapai 6,5 kg - 8 kg. Harga kalkun ini melebihi harga kalkun jenis bronze.
AYAM KALKUN JENIS BLUE SLATE

AYAM KALKUN JENIS BLUE SLATE
Kalkun jenis blue slate ini belum pernah saya lihat di daerah jawa, bulu khas abu-abu kemungkinan perkawinan antara hitam dan putih. Ada juga yang menyebutnya Kalkun biru.
Kalkun Blue Slate merupakan kalkun paling langka di Indonesia di Indonesia masih beberapa peternak yang memilikinya
AYAM KALKUN JENIS WHITE HOLAND

AYAM KALKUN JENIS WHITE HOLAND
Sama sama memiliki bulu putih mulus seperti jenis Beltsville small white, hanya ukuran/beratnya saja yang beda. Dari wikipedia disebutkan bahwa jenis kalkun white holand dihasilkan dari silangan Kalkun jenis Bronze dengan Kalkun jenis Broad Breasted White.

AYAM KALKUN JENIS ROYAL PALM

AYAM KALKUN JENIS ROYAL PALM
Sangat indah di pandang, dan lebih disenangi oleh wanita. Keanggunan kombinasi warna putih dan hitam yang sangat sempurna. Jenis kalkun royal palm masih banyak kita jumpai di Indonesia, meskipun kadang-kadang kualitas warna sudah tidak asli karena gradasi yang disebabkan perkawinan silang. Di negara Amerika, jenis royal palm tidak dikembangkan sebagai kalkun pedaging, hanya beberapa yang mengembangkan dalam skala kecil sebagai kalkun hias yang diperlombakan.

AYAM KALKUN JENIS BLACK SPANISH

AYAM KALKUN JENIS BLACK SPANISH
Dengan waran bulu semuanya hitam. Jenis Black Spanish / Norfolk Black adalah kalkun yang berasal dari Eropa. Dalam perkembangannya terdapat beberapa jenis kalkun hitam dengan perbedaan warna hitamnya seperti Hitam Dop, Hitam Mengkilap (metalic), dan kobinasi antara hitam dengan ekor putih.

AYAM KALKUN JENIS OCCELLATED

AYAM KALKUN JENIS OCCELLATED
Yang terakhir ini tidak masuk kedalam jenis kalkun menurut APA. Entah kenapa, mungkin karena ukuran yang tidak terlalu besar. KALKUN JENIS OCCELLATED yang berasal dari daerah Yucatan Peninsula. Entah apa hubungannya dengan merak, namun bulu-bulunya persis seperti burung merak dengan warna hijau perunggu metalic.
AYAM KALKUN JENIS BRONZE

AYAM KALKUN JENIS BRONZE, Paling Mudah ditemui dan Paling Banyak Dipelihara Peternak Indonesia
Dari berbagai ayam kalkun yang ada di Indonesia, jenis bronze merupakan jenis yang paling banyak di ternakan di Indonesia entah untuk Kelangenan di Rumah atau untuk Konsumsi. Berat pejantan bisa mencapai 11Kg – 18 Kg sedangkat berat betina bisa mencapai 5kg – 8 kg. Kalkun bronze merupakan kalkun yang paling besar di antara jenis kalkun. Jenis bronze juga merupakan jenis dengan warna dasar dari warna-warna jenis kalkun. Jenis kalkun ini di dominasi oleh warna hitam, putih, coklat, dan hijau. Sebenarnya kalkun jenis Bronze sangat Indah bulunya, namun karena banyak yang punya sehingga kalkun ini di bandrol dengan harga paling murah di antara berbagai jenis kalkun.
Jenis Jenis Ayam Kalkun Jenis Ayam Kalkun (Turkey) dibedakan berdasarkan warna bulunya. Menurut standar APA (American Poultry Association) untuk kategori turkey / ayam kalkun dibedakan menjadi 8 Varietas, namun tidak tertutup kemungkinan muncul varietas varietas baru yang dihasilkan dari perkawinan silang antar varietas. Berikut kami berikan gambar tentang jenis-jenis kalkun: Keexotisan warna perunggu yang mengkilap terutama pada bulu-bulu dada. Dari sekian banyak jenis kalkun, kalkun jenis bronze paling mudah kita temui.

AYAM KALKUN JENIS NARRAGANSETT

KALKUN JENIS NARRAGANSETT
Jenis kalkun narragansett mempunyai warna bulu hitam, abu-abu, coklat, dan putih. Seperti jenis bronze hanya saja bulu abu-abu menggantikan warna perunggu di bagian dadanya. Kalkun jenis narragansett agak sukar ditemukan, populasinya tidak sebanyak jenis bronze.

AYAM KALKUN JENIS BOURBON RED

KALKUN JENIS BOURBON RED
Berasal dari Bourbon Country Kentucky, mempunyai warna merah khas yang di padu dengan warna putih atau coklat muda pada sayap dan ekor. Jenis kalkun Bourbon red pada saat ini sedang banyak dicari, keindahan warna membuat jenis kalkun ini menjadi mahal. Perubahan warna bisa dimungkinkan karena perkawinan silang seperti coklat muda (kopi susu), atau coklat pekat tanpa warna putih pada sayap & ekor.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 02:51:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.