Mengapa Dianjurkan Membaca Surah Al Kahfi? Ini Rahasianya!

Posted by

RAHASIA SURAT AL KAHFI

Pernah membayangkan mengapa Rasulullaah Shallallahu 'Alaihi Wa sallam meminta kita membaca surat Al Kahfi setiap hari jum'at? Di dalam surat Al Kahfi terdapat 4 kisah yang memiliki ibrah, pesan moral untuk kita. Yaitu :

Para ashabul kahfi (penghuni gua).

Cerita ini tentang para pemuda yang tinggal di kota musyrik. Sehingga mereka memutuskan hijrah demi ridho Allaah dan melarikan diri. Allaah menghadiahi mereka dengan rahmatNya di dalam gua dan melindungi dari matahari, mereka terbangun dan menemukan seluruh penduduknya telah beriman.
Pesan moral : cobaan keimanan

Pemilik dua kebun.
Sebuah cerita tentang seorang pria yang Allaah karuniakan dengan dua kebun yang indah tetapi pria itu lupa bersyukur kepada Allaah yang telah mengkaruniakan segalanya dan berani meragukan Allaah terkait kehidupan akhirat. sehingga kebunnya dihancurkan kemudian dia menyesal. Tetapi terlambat dan penyesalannya tidak bermanfaat baginya.
Pesan moral : cobaan kesejahteraan

Nabi Musa alaihisallaam dan Nabi Khidr alaihisallaam.
Ketika Nabi Musa ditanya "siapa orang yang paling berpengetahuan di dunia?" Beliau menjawab "Aku". Tapi Allaah menunjukkan padanya bahwa ada seseorang yang lebih tahu daripada Nabi Musa. Kemudian beliau mendatangi orang itu dan belajar bagaimana kebijaksanaan kadang tersembunyi dalam alasan yang terlihat salah bagi kita.
Pesan moral : cobaan pengetahuan

Dzul Qarnain.
Cerita ini tentang raja hebat yang diberikan pengetahuan dan kekuatan dan pergi mengelilingi dunia, menolong orang orang dan menyebarkan kebaikan. Dia mampu menyelesaikan masalah ya'juj dan ma'juj dan membangun penghalang besar.
Pesan moral : cobaan kekuatan

Di pertengahan surat, Allaah menyebut iblis sebagai yang mengarahkan cobaan cobaan ini :
"Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat : "Sujudlah kamu kepada Adam, maka sujudlah mereka kecuali Iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Tuhannya. Patutkah kamu mengambil dia dan turanan turunannya sebagai pemimpin selain daripada-Ku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti (dari Allaah) bagi orang orang yang zalim".
~ QS Al Kahfi, ayat 50

Sekarang mari kita lihat bagaimana hubungan antara surat Al Kahfi dan dajjal. Dajjal muncul sebelum hari kiamat dengan 4 fitnah :
😈 dia akan meminta manusia untuk menyembahnya dan bukan Allaah Subhanahu Wa Ta'ala.
--> Cobaan keimanan
😈 dia akan menunjukkan kemampuan mendatangkan dan menghentikan hujan dan menggoda manusia dengan kesejahteraannya.
--> Cobaan kesejahteraan
😈 dia akan menguji manusia dengan "pengetahuan” dan berita yang ia berikan kepada mereka.
--> Cobaan pengetahuan
😈 dia akan mengendalikan bagian bumi yang sangat besar.
--> Cobaan kekuatan

Bagaimana kita bertahan dari fitnah fitnah itu. Jawabannya juga ada di surat al Kahfi.

🌹 Pertahanan 1 : Rekan yang baik.
"Dan bersabarlah kamu bersama sama dengan orang orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya, dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan dunia ini, dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas".
~ QS Al Kahfi, ayat 28

🌹 Pertahanan 2 : Mengetahui kebenaran dunia ini.
"Dan berilah perumpamaan kepada mereka (manusia), kehidupan dunia sebagai air hujan yang Kami turunkan dari langit, maka menjadi subur karenanya tumbuh tumbuhan di muka bumi, kemudian tumbuh tumbuhan itu menjadi kering yang diterbangkan oleh angin. Dan adalah Allaah, Maha Kuasa atas segala sesuatu".
~ QS Al Kahfi, ayat 45

🌹 Pertahanan 3 : Rendah hati (tawadhdhu).
"Musa berkata: Insya Allah kamu akan mendapati aku sebagai orang yang sabar, dan aku tidak akan menentangmu dalam sesuatu urusanpun".
~ QS Al Kahfi, ayat 69

🌹 Pertahanan 4 : Ketulusan
"Katakanlah : 'Sesungguhnya aku ini manusia biasa seperti kamu, yang telah menerima wahyu, bahwa sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan yang Esa'. Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya".
~ QS Al Kahfi, ayat 110

🌹 Pertahanan 5 : meminta kepada Allaah
"Dan bacakanlah apa yang diwahyukan kepadamu, yaitu kitab Tuhanmu (Al Qur'an). Tidak ada (seorangpun) yang dapat merobah kalimat kalimat-Nya. Dan kamu tidak akan dapat menemukan tempat berlindung selain dari pada-Nya". ~ QS Al Kahfi, ayat 27

🌹 Pertahanan 6 : mengingat akhirat
- "Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka".
- "Dan mereka akan dibawa ke hadapan Tuhanmu dengan berbaris. 'Sesungguhnya kamu datang kepada Kami, sebagaimana Kami menciptakan kamu pada kali yang pertama, bahkan kamu mengatakan bahwa Kami sekali kali tidak akan menetapkan bagi kamu waktu (memenuhi) perjanjian'.
- "Dan diletakkanlah kitab, lalu kamu akan melihat orang orang bersalah ketakutan terhadap apa yang (tertulis) di dalamnya, dan mereka berkata : Aduhai celaka kami, kitab apakah ini yang tidak meninggalkan yang kecil dan tidak (pula) yang besar, melainkan ia mencatat semuanya, dan mereka dapati apa yang telah mereka kerjakan ada (tertulis). Dan Tuhanmu tidak menganiaya seorang juapun".
~ QS Al Kahfi, ayat 47-49

Wallaahu'alam
--
source : Hijrah Corner, edited

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 00:52:00

0 komentar:

Powered by Blogger.