Meningkatkan Berat Lahir Pedet Dengan Pakan Yang Tepat

Posted by


Bobot Lahir Pedet Yang Bagus Akan Berpengaruh Pada Pertumbuhan Pedet Selanjutnya, Bagaimana Cara Meningkatkan Berat Lahir Pedet?

Perbaikan pakan pada induk menjelang beranak dapat meningkatkan bobot lahir pedet. Perbaikan pakan dilakukan pada 2 bulan sebelum sapi beranak, yaitu dengan memberikan hijauan pakan berupa rumput, jerami, dan sebagainya secara tak terbatas ditambah pakan penguat dengan kandungan protein 12% sebanyak 1,5 – 2% dari bobot induk. Pakan penguat disusun dari bahanbahan bekatul 4%, pollar 5%, gaplek 2,5%, biji kapuk 1,5%, jagung 3,5%, bungkil kopra 5%, menir kedelai 5%, kleci 10%, bungkil sawit 6%, roti afkir 4%, tetes 2%, mineral mix 1%, garam 0,5%, kulit kacang tanah 25%, dan janggel jagung 25%.
Induk Sapi dan Pedet

Bobot lahir pedet berpengaruh terhadap pertumbuhan pedet selanjutnya. Bobot lahir pedet yang tinggi akan mengurangi angka kematian pedet dan meningkatkan produksi susu induk sehingga memberi peluang pedet mendapatkan asupan susu yang cukup.

Hasil pengkajian perbaikan pakan pada sapi Peranakan Ongole (PO) induk yang dikawinkan dengan pejantan PO pada tahun Teknologi Perbaikan Pakan Sapi Induk pada Saat Bunting Tua 2012, di Kelompok Andini Seto, Pulutan, Wonosari, Gunungkidul meningkatkan bobot lahir rata-rata dari 18 kg menjadi 26,1 kg, sedangkan di kelompok Ngudi Mulyo, Pleret, Bantul meningkatkan bobot lahir rata-rata dari 24,1 kg menjadi 26,3 kg.

Pedet

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 22:29:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.