Teknik Dan Cara Melatih Kenari Agar Ngerol Panjang

Posted by

Agar Kicau Kenari Bisa Ngerol Panjang, Cobalah Cara Ini!

Ternyata Pemberian Extra Fooding Semisal Mentimun Bisa Memperpanjang Nafas Burung Kenari Sehingga Bisa Ngerol Lebih Lama Karena Bermanfaat Membersihkan Lendir di Tenggorokan Burung Kenari. Jangan umbar kenari terlalu lama, durasi idealnya adalah 15 menit atau berhenti ketika mulut kenari sudah menganga. Seminggu sebelum kontes kenari harus diistirahatkan dari umbaran dan sesering mungkin di kerodong agar kicauannya tidak terlalu sering dan walupun kenari tersebut masih berkicau, minimal merendahkan volumenya atau tidak ‘ngotot’ ketika berkicau.
Salah satu ukuran kualitas kicau burung kenari adalah dari lamanya seekor kenari bisa ngeroll. Semakin panjang atau semakin lama kenari ngeroll bisa mendongkrak harga kenari menjadi semakin mahal. Agar dapat ngeroll panjang, tentu saja kenari harus memiliki nafas yang panjang. Burung kenari membutuhkan stamina sangat prima dan itu harus dilatih terus menerus agar mampu ngeroll panjang.


Bagaimana cara melatih Kenari agar bisa Ngeroll panjang? Berikut ini tips dan teknik agar Kenari mampu ngeroll lebih lama:

Langkah pertama siapkan kandang umbaran 2x1m dengan 2 buah tangkringan ujung ke ujung. Manfaat dari melakukan pengumbaran kenari secara rutin, selain untuk memperpanjang nafas kenari, juga untuk menjaga staminanya karena pada saat diumbar karena semua unsur tubuhnya bergerak terus.
Burung Kenari Menurut Wikipedia: Burung kenari pertama ditemukan Oleh Pelaut Perancis Jean de Berthan Cout di Kepulauan Canary pada abad ke-15. Terkesan karena keindahan bulu dan kemerduan suaranya. Nama ilmiah: Serinus canaria, Lama hidup: Jantan: 10 tahun (Penangkaran), Maksimum produksi telur: 3 – 4, Massa: 8,4 – 24 g,Rentang sayap: 20 – 23 cm
Langkah berikutnya adalah kerodong dibuka hanya saat membersihkan kandang, memberikan pakan, minuman, dan saat penjemuran. Cukup selama 1,5-2 jam setiap hari dan setelah diangin­anginkan sekitar 15 menit baru dikerodong kembali. Pada kenari muda sebaiknya lamanya penjemuran ditingkatkan secara bertahap disertai dengan extra fooding (EF) secara teratur. Kalau kita sudah mengetahui tipe kenari milik kita sudah bersuara panjang, penggunaan kandang umbaran cukup seminggu sekali saja atau disesuaikan dengan karakter masing­-masing kenari. Selain itu untuk menciptakan nafas panjang lakukan penjemuran secara teratur. Untuk kenari muda lama penjemuran ditingkat secara bertahap.

Selanjutnya Berikan Extra Fooding Pada Burung Kenari Anda. Selain umbaran, mandi jemur teratur, berikan EF juga secara teratur. Mentimun adalah salah satu EF yang baik untuk membersihkan lendir di tenggorokan kenari, khususnya pada musim kemarau. Namun perlu diselang­seling dengan EF lain, dan jangan sampai diberikan sampai 3 hari berturut­turut sebab dapat mengakibatkan mencret pada kenari. Pakan tambahan yang aman untuk kenari di musim panas dan hujan adalah daun sawi hijau. Di musim hujan, beberapa pecinta kenari ada yang menambahkan kenari dengan EF kroto sepucuk sendok teh 2 hari sekali, atau telur puyuh 2 kali seminggu. Bisa juga anda berikan madu 3 tetes pada air minum kenari untuk menjaga stamina dan kesehatan kenari anda.

Sekilas Mengenal Macam-macam Jenis Burung Kenari

Jenis Burung Kenari Gloster

Kenari Gloster (kanarya.com.tr)

Kenari gloster ini memiliki keunikan tersendiri yang terletak pada atas kepalanya (lihat gambar). Terlihat seperti seekor burung yang memakai topi ala mongol. Mempunyai jambul mirip jamur yang sudah menjadi ciri khasnya. Meskipun besar tubuhnya tidak bisa tumbuh lebih dari 11cm, namun ia dikenal sebagai jenis kenari yang cukup tangguh baik dari segi staminta maupun kicauan. Kenari unik ini mempunyai kombinasi warna bulu kuning kehijau-hijauan. Makanan utama yang biasa diberikan para ahli burung untuk kenari yang satu ini adalah canary seed, rape seed dan sayur-sayuran. Perlu diingat, gloster merupakan salah satu burung yang gampang strees atau sakit jika disentuh.

Jenis Burung Kenari Border

Kenari Border (hayvanresimleri.org)

Kenari border merupakan burung impor yang pertama kali dilahirkan di perbatasan Ingrris dan Skotlandia pada tahun 1700-an. Burung kenari dijuluki “Wee Gem” yang berarti kecil, lincah dan kuat ini mempunyai panjang tubuh antara 10 sampai 14 cm. Meskipun dikenal sebagai burung yang aktif, namun kenari border memiliki sifat pemalu, sebab ia hanya berkicau pada saat tidak ada manusia atau burung pengicau lain. Kenari border juga burung yang suka mandi dan berjemur serta menyukai makanan canary seed dan rape seed. Hanya saja ia juga harus diberi pakan vitamin untuk menjaga kondisi agar tetap terjaga seperti buah-buahan dan sayuran.

Jenis Burung Kenari Roller

Kenari Roller (uzmantv.com)

Selain warna kuning keemasan, ciri khas yang mudah dikenali bisa dilihat dari gundukan atau gelembung suara pada bagian dagu yang dimilikinya. Hanya saja panjang tubuhnya tidak lebih besar daripada kenari pada umumnya, yakni hanya bisa mencapai 7,5-8cm saja. Burung kenari kuning ini juga dikenal dengan nama burung Hazer ini menyukai makanan canry seed, rape seed dan sayur-sayuran. Kenari yang pertama kali dikembangkan di wilayah pegunungan Hart negara Jerman ini juga tidak kalah pamor dengan jenis kenari impor yang sudah saya sebutkan di atas. Baik dari segi fisik maupun suara kicauan ngeroll, kenari roller sudah cukup diperhitungkan.

Jensi Burung Kenari Crest

Kenari Crest (hdw7.com)

Dikenal juga dengan nama si raja Raja Fantasi (King OF The Fancy). Mungkin alasannya karena penampilan pada bagian kepala yang sedikit unik (Jambul). Bisa Anda lihat, bulu yang berada di bagian kepala menyerupai bentuk mahkota. Bahkan ada juga kenari crest lain yang mempunyai mahkota yang panjangnya bisa menutupi seluruh wajah. Burung kenari yang bisa dianugrahi warna kuning, merah, atau pink ini juga menyukai makanan canry seed, rape seed dan aneka sayur-sayuran.

Jenis Burung Kenari Yorkshire

Kenari Yorkshire (rhonddacbs.co.uk)

Dengan bermodalkan warna kuning keemasan saja, ia sudah bisa membuat orang jatuh cinta. Terlebih lagi jika saat ia sudah mengeluarkan kebolehan-nya dalam berkicau gacor maupun ngeroll, maka rata-rata pecinta burung. pasti ingin memilikinya. Inilah alasan mengapa harga yorkshire di pasaran relatif lebih tinggi daripada yang lain Pakan kenari yorkshire sendiri berupa biji-bijian, canary seed dan sesekali harus diberi makanan sayuran sebagai asupan protein.

Jenis Burung Kenari Norwich

Kenari Norwich (duniakicau.wordpress.com)

Jenis Burung Kenari Norwich adalah burung yang dikembangkan di negeri The Black Country ini bahkan menjadi lambang atau logo klub sepak bola Norwich City FC. Meskipun terlihat bulat dan pendek, panjang tubuhnya bisa mencapai 15-16 cm. Pakan burung kenari norwich yang paling cocok sendiri adalah canary seed dan rape seed.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 02:23:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.