Cara Baru Mencangkok Pohon Pepaya Agar Tetap Pendek dan Berbuah Lebat

Posted by

Bisakah Pohon Pepaya Dicangkok?


Pohon pepaya adalah jenis pohon buah yang jarang sekali memiliki cabang pada batang pohonnya. Hal ini tentunya membuat petani akan kesulitan menerapkan pembibitan pohon pepaya secara dicangkok.

Mengapa perlu mencangkok?
Bibit pohon buah yang diperoleh secara cangkokan memiliki keunggulan daripada menanam bibit dari biji termasuk juga pohon buah pepaya. Keuntungan yang terutama adalah sifat induknya yang bagus akan terus ikut pada bibit sehingga jika induk pohon berbuah lebat dan rasa pepayanya manis maka keunggulan ini akan terus ikut pada bibit pohon yang dicangkok dan belum tentu ikut pada bibit dari biji. Keunggulan lainnya adalah ukuran pohon tetap pendek saat berbuah.

Bagaimana Cara Mencangkok Pepaya?
Ternyata pohon pepaya memang bisa dicangkok asal tahu caranya. Berikut ini cara mencangkok pohon pepaya:
Pohon Pepaya Induk Dipotong Agar Tumbuh Cabang
  • Pilih pohon buah pepaya yang terbaik, lebat buahnya dan manis rasa buahnya agar diperoleh hasil cangkokan yang bagus seperti pohon induknya
  • Potong batang pohon pepaya tersebut dan tutuplah bekas potongannya dengan plastik agar batang tidak busuk. Pemotongan ini bertujuan untuk menumbuhkan cabang pohon pepaya akan dicangkok.
  •  Saat cabang pohon pepaya sudah mulai besar itulah saat yang tepat untuk dilakukan pencangkokan caranya dengan mengiris cabang tersebut memanjang dan jangan sampai putus (lihat gambar). Ganjal irisan dengan kayu agar tidak menyatu kembali dan selanjutnya bungkus dengan sabut atau plastik yang sudah diisi media tanah yang bagus dan lakukan seperti mencangkok tanaman buah lainnya.
  • Biarkan cangkokan tersebut selama 3 - 4 bulan hingga tumbuh banyak akar dan siap dipotong untuk ditanam di lahan yang telah disediakan
Cabang Pohon Pepaya yang Sedang Dicangkok

Pohon Pepaya Yang Sedang Dicangkok
Hasil Cangkokan Pohon Pepaya
Bibit Pepaya Hasil Cangkokan Bisa Langsung ditanam di Polybag, Pot atau di Lahan/Kebun

Demikian cara dan teknik terbaru mencangkok pohon pepaya agar mendapatkan buah yang bagus seperti pohon induknya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:
Teknik Dan Cara Okulasi Tanaman Buah Agar Tidak Gagal, Silahkan Klik DISINI

Sumber:fokustanaman.blogspot.co.id

loading...
Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 20:25:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.