Cara Stek Pohon Tin Dengan Mikro Cutting

Posted by

Cara Memperbanyak Bibit Pohon Buah Tin Dengan Stek (Mikro Cutting)

Bahan paling utama yang wajib ada sebelum anda memperbanyak tanaman buah tin dengan cara stek ini adalah anda harus sudah memiliki pohon buah tin yang sudah cukup umur dan sudah berbuah serta memiliki banyak cabang atau dahan yang sudah berwarna kecoklatan sebagai syarat batang yang bagus untuk ditanam sebagai stek batang.

  Peralatan dan bahan yang di perlukan:
  • Gunting ranting/ dahan yang tajam
  • Cutter
  • Media tanam stek
  • Gelas Minuman
  • Tempat sungkup
  • Hormon untuk akar/ZPT
  • Fungisida
  • Batang tanaman ara ( Cuttings)
Pilih batang stek yang cukup tua tapi tidak terlalu besar untuk di stek, biasanya di tandai dengan warna batang kecoklatan.Gunting dahan atau batang tersebut +- 15 cm menggunakan gunting dan buang daun daunnya total.

Kemudian lakukan pemotongan sekali lagi pada pangkal batang menggunakan cutter atau pisau yang tajam... tujuannya untuk membuang pangkal yang rusak akibat jepitan gunting agar pembuluh batang dapat berfungsi lebih baik.

Siapkan wadah yang berisi air dann hormon penumbuh akar kemudian rendam pangkal batang dengan hormon akar +- 30 menit yang sudah di encerkan dengan air, dosis pemakaian hormon dan cara pengencerannya bisa di lihat pada masing masing kemasan.

Setelah itu rendam kembali batang ke dalam larutan fungisida +- 10-15 menit kemudian tanam di gelas media stek,. jaga kelembaban media jangan terlalu basah cukup lembab saja. kemudian sungkup di tempat terang tetapi jangan di tempat yg terkena matahari langsung.

Dalam proses sungkup bisa di lakukan cek tanaman tiap 3 hari 1 kali atau 2 hari 1 kali untuk melihat kondisi media dan kondisi tanaman waktu di sungkup. lakukan penyemprotan dengan menggunakan sprayer bila media sudah agak kering dan kondisi sungkup kurang kelembabannya.

Jika semua langkah tersebut diatas berjalan lancar maka biasanya dalam minggu ke 2 sudah mulai bermunculan tunas kecil , dan minggu ke 3-4 sudah mulai muncul akar.

Jika tanaman sudah cukup akar dan tunasnya keluar sebaiknya taruh di tempat yang teduh dan di angin anginkan supaya calon tunas tidak busuk. Lakukan penyiraman dengan menggunakan srayer secukupnya untuk perawatan sampai bibit siap di pindahkan ke pot atau ditanam langsung dipekarangan yang telah diolah tanahnya terlebih dahulu. Tanaman buah tin yang ditanam langsung ditanah biasanya memiliki pertumbuhan yang lebih cepat karena perakarannya bisa berkembang dengan bebas, syaratnya tanah tempat menanam adalah tanah yang gembur dan banyak mengandung unsur hara (bisa dimodifikasi dengan pemupukan rutin).
Bagaimana jika tidak memiliki hormon penumbuh akar?
Jika anda tidak mendapatkan hormon penumbuh akar di toko pertanian maka anda bisa menggunakan hormon akar alami yang berasal dari umbi bawang merah. Cara menggunakannya adalah ambil beberapa siung bawang merah, potong-potong kecil dan remas sampai hancur, letakkan pada wadah dan tambahkan sedikit air (secukupnya). Gunakan untuk merendam batang ponon tin yang akan di stek. Berdasarkan penelitian dalam umbi bawang merah kaya akan hormon penumbuh akar.
Batang Pohon Tin Untuk  Stek
Perendaman batang dalam hormon penumbuh akar

Stek Buah Tin Yang Mulai Muncul Tunas

Keuntungan dan Kerugian Cara Tanam Stek Dibandingkan Dengan Bibit Dari Biji:
  • Kelebihan dan keuntungan metode generatif  melalui biji adalah tanaman mempunyai perakaran yang kokoh dan besar, bisa menghasilkan bibit yang banyak, sedangkan kekurangannya adalah pada pembiakan dengan metode ini dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk bibit bisa tumbuh dan berbuah. Tidak menghasilkan bibit yang identik dengan sifat sifat indukannya. Perbanyakan tanaman dengan biji memang menyimpan potensi produksi tanaman yang berbeda dengan induknya.
  • Keuntungan dan Kelebihan metode perbanyakan dengan Vegetatif Stek dan Cangkok adalah menghasilkan bibit yang identik dengan sifat indukannya,dalam waktu singkat bibit dapat berbuah. Sedngkan kelemahan metode ini adalah menghasilkan bibit dalam jumlah yang terbatas atau sedikit sebatas batang tanaman saja, bibit memiliki akar serabut sehingga mudah tumbang atau roboh terkena angin.
Tips Media Tanam Yang Cocok Untuk Buah Tin
Media tanam yang baik untuk tanaman ara/ tin adalah media yang sifatnya porous tapi tetap lembab.
dari hasil pengamatan dan ujicoba yang saya lakukan, media tanam yang cukup bagus untuk tanaman tin adalah campuran sebagai berikut:

1. Kompos atau pupuk kandang yang sudah matang
2. Sekam bakar
3. Tanah merah

Dengan perbandingan 2:2:1 seluruh media di campur menjadi satu secara merata, jika anda menggunakan pupuk kandang harus hati hati terhadap kematangan pupuk tersebut. Pupuk kandang yang belum matang bisa berakibat fatal terhadap bibit tanaman ara / tin.

Penanaman pada media pot sebaiknya menggunakan pot ukuran 40 cm ke atas, ini di perlukan untuk menjaga suplay nutrisi makanan tanaman ara / tin karena tanaman ini termasuk tanaman yang rakus akan unsur hara dan sinar matahari.

Sebelum penanaman sebaiknya di dasar pot di beri pecahan bata atau pecahan kerikil setebal + - 5 cm ini di perlukan supaya kelebihan air penyiraman dapat cepat keluar dari dasar pot sehingga akar tanaman tidak busuk.

loading...
Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 21:43:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.