Teknik Penyuntikan Tanaman Agar Cepat Berbuah

Posted by

Cara Suntik Tanaman Buah Dengan Hormon Perangsang Munculnya Buah Plus Pemberian Nutrisi Penting Untuk Pembuahan

Langkah Menyuntikkan Hormon dan Nutrisi (Pupuk) Pada Batang Tanaman Buah
  • Lubangi batang tanaman dengan bor berdiameter 1 cm sampai sedalam 6 - 7 cm, posisi bor miring 45 derajat. Buat lubang pada setiap batang/pangkal batang pohon.
  • Suntikkan pada lubang tersebut lebih kurang 10 cc larutan yang terbuat dari campuran NPK dan hormon yang mengandung giberelin. Setelah itu tutup lubang dengan styrofoam untuk mencegah infeksi pada lubang tempat penyuntikan hormon dan pupuk tersebut.
Batang Tanaman Yang Disuntik Hormon Perangsang Buah

Fungsi dan Manfaat Penyuntikan Hormon dan Nutrisi Pada Tanaman Buah :
Cara perangsangan munculnya buah dan pemupukan melalui teknik injeksi lebih efektif untuk merangsang pembuahan. Itu terjadi karena nutrisi dan hormon langsung didistribusikan ke seluruh bagian tanaman melalui jaringan pembuluh.Bila lewat penyiraman ada kemungkinan unsur hara hilang karena menguap atau mengalir di permukaan tanah karena tanah terlalu padat. Hanya saja aplikasi injeksi itu perlu tenaga ekstra bila diterapkan pada kebun berskala luas. Aplikasi pupuk dan hormon perangsang buah dengan teknik injeksi lebih murah ketimbang dengan cara penyiraman. Dosis pupuk yang digunakan lebih hemat, tetapi konsentrasinya lebih pekat. Dan manfaatnya pada tanaman buah adalah menjadikan tanaman lebih sering berbuah tanpa mengenal musimnya dan buah yang dihasilkan sangatlah maksimal. Dan yang terpenting rasa dan kwalitas buah tidak berkurang dan tanpa efek samping bagi kita yang mengkonsumsinya.
Info Tentang Macam hormon dan fungsinya pada tumbuhan.
  1. Giberelin merupakan hormon yang akan merangsang proses pembelahan sel pada suatu tumbuhan atau tanaman.
  2. Auksin merupakan hormon yang sangat berpengaruh untuk memperpanjang sel pada bagian tanaman terutama bagian pucuk tanamna.
  3. Asam absisat merupakan hormon yang akan menyebabkan timbulnya respon pada suatu tumbuhan untuk melindungi tumbuhan tersebut dari ancaman dari luar.
  4. Sitokinin merupakan hormon yang berperan dalam proses pembelahan sel.
  5. Dan etilen merupakan hormon yang akan mematangkan buah.

Teknik penyuntikan hormon merupakan salah satu cara dari berbagai macam cara untuk merangsang tanaman buah agar cepat berbuah. Cara yang lain juga bisa dilakukan seperti menyayat batang pohon, memaku batang pohon, pemangkasan cabang yang tidak bermanfaat dll. Pada intinya setelah cara merangsang buah tersebut dilakukan maka perawatan yang lebih intensif terhadap tanaman buah wajib dilakukan terutama yang berhubungan dengan pemupukan susulan dan juga penyiraman saat kemarau. Jangan lupa untuk cek kesehatan tanaman dari gangguan penyakit dan hama.

Semoga bermanfaat.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 23:48:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.