17+ Jenis Burung Kicau, Dari Harga Puluhan Ribu Hingga Jutaan Rupiah

Posted by

Macam-macam Jenis Burung Kicau Yang Ada Di Indonesia, Mulai Harga Puluhan Ribu Rupiah Hingga Berharga Sangat Mahal (Jutaan Rupiah)

Jenis burung berkicau memang banyak sekali, puluhan bahkan mungkin sampai ratusan jenis jika dibedakan menurut kekhasan suara kicau masing-masing jenis burung.  Dari sisi harganya juga sangat bervariasi. Harga burung kicau yang termurah hanya puluhan ribu rupiah saja sedangkan yang termahal mencapai jutaan bahkan ratusan juta rupiah. Harga-harga burung termahal biasanya dimiliki oleh burung-burung yang telah menjadi maskot atau langganan pemenang berbagai macam jenis lomba burung berkicau. Berikut ini beberapa jenis burung berkicau lengkap dengan ciri-ciri fisik dan harga kisaran dari masing-masing jenis burung.

Jenis Burung CUCAK JENGGOT
CUCAK JENGGOT

Burung ini masih termasuk bagian dari burung yang paling banyak dicari juga untuk saat ini. Secara fisik Cucak Jenggot hampir mirip dengan Trucukan dari warna bulu, ukuran badan, dan bentuk lainnya, namun bedanya ada jenggotnya.

Kisaran harga dari Rp 150.000 - Rp 250.000 rupiah.

Jenis Burung KACER
KACER

Pada Kacer Jawa atau bisa juga dibilang Kacer JATIM, memiliki warna hitam yang dominan pada bulu. Hampir Seluruh tubuh berwarna hitam, kecuali pada sayap terdapat warna putih. Penyebarannya mulai dari Seychelles (Afrika), Jawa dan Kalimantan (Indonesia). Kemampuan berkicau sangat baik dan pintar menirukan suara-suara di sekelilingnya. Penampilan sangat atraktif sambil memainkan ekor. Volume suara sedang. Jenis ini juga sangat suka dengan udara panas.

Ada juga Kacer yang bersal dari daerah jawa barat yaitu Bogor dan sekitarnya , atau orang sering sebut dengan Kacer Jabar. Bedanya dengan kacer Jatim adalah separuh kebawah dari bagian dada berwarna putih hingga sampai ekor.

Harga burung kacer berkisar antara Rp 250 ribu - Rp 1.500 ribuan (tergantung kualitas dan gacor tidaknya burung tersebut).

Jenis Burung KENARI
KENARI

Burung kenari merupakan burung dengan bentuk tubuh yang kecil dengan ukuran tinggi sekitar 8 cm dan pajang sekitar 10 - 12cm. Saat ini kenari merupakan salah satu jenis burung yang tidak kalah ramainya dan paling banyak diminati oleh penggemar burung (kicau mania). Apalagi jika sudah mulai berkicau dengan kicauan yang sangat indah dan gacor, itulah yang paling menyenangkan bagi si pemiliknya, apalagi kalo sudah rajin dengan kicauan yang bervariasi atau banyak orang bilang (ngeriwik: bhs. jawa) akan menjadi burung yang paling disukai.

Harga Burung Kenari berkisar antara Rp 200 ribu - Rp 900 ribuan bisa lebih mahal (tergantung kualitas dan jenisnya).

Jenis Burung CUCAK HIJAU (Cucak Ijo)
CUCAK IJO

Sesuai dengan namanya Burung Cucak Ijo memiliki warna dominan hijau dan sedikit warna hitam pada kepala dan paruh tergantung jenis kelamin. Banyak terdapat di Pulau Jawa, Sumatera, Bali, dan Kalimantan. Burung ini hidup berkelompok di Hutan, dan terbang dari satu pohon ke pohon lainnya yang tinggi. Burung ini senang hidup di hutan lebat. Di Indonesia terutama di daerah Malang, Banyuwangi, dan Kepulauan Sunda Besar terdapat banyak jenis burung Cucak Ijo. Di Jawa dan Bali terdapat tiga jenis, sedangkan di Kepulauan Sunda Besar ada tujuh jenis.

Burung Cucak Ijo atau ada juga disebut Cipo, ada Cipo Jantung dan Cipo Kucat. Jenis ini merupakan kelompok Genus Aeghitina. Sedangkan jenis lainenya adalah Cica Daun Kecil dan Cica Daun Besar, atau umumnya disebut Cucak Ijo dan Cucak Ijo Mini.

Harga burung Cucak Ijo untuk saat ini berkisar antara Rp 500 ribu - Rp 900 ribu.

Jenis Burung PLECI / CICI (KACA MATA)
PLECI

Burung yang satu ini sekalipun bentuk badannya kecil dengan warna bulu yang hampir bisa dibilang tidak ada warna jenis lain kecuali hanya kuning dan hijau lumut dan sedikit hitam, berbeda jika dibandingkan dengan kenari yang sangat beragam warnanya dari mulai kuning, orange, putih, warna lemon, coklat campur, variasi warna coklat dan kuning, merah, putih dan banyak warna lainnya, saat ini burung pleci juga paling digemari oleh banyak orang.

Harga burung pleci berkisar antara Rp 20 ribu (bahan dan muda) - Rp 200 ribu (harga normal) : pengecualian jika sudah pernah juara lomba bisa sampai Rp 900 ribuan bahkan sampai jutaan. 
Tips Burung Pleci Cepat Gacor Kencang Suaranya Sambil Membuka Mulut
1. Kasih suara masteran, hanya jenis Finch ( blackthrout, mozambik, kenari, gereja, dll ).
2. Beri makanan seperti buah - buahan, voer, ulat kandang, dan kroto ( "jangan memberi kroto terlalu banyak, krn dpt memberi efek pd burung hanya ngeriwik saja" ).
3. Taruh pada kandang yng sewajarnya, jgn terlalu kecil ( agar bulu burung tdk rusak ), kalau terlalu besar ( agar burung tdk bergerak liar ), jadi sewajarnya saja !
4. Tempatkan burung Pleci pd lingkungan yng agak ramai lalu lalang orang, agar burung terbiasa ngoceh pada saat di lihat orang / ramai orang.
5. Mandikan dan jemur burung setiap hari ( mandikan pk 08.00, jemur pukul 8.15 - 09.00 ), jgn terlalu sering memandikan / menjemur terlalu lama, krn bisa membuat burung manja.
6. Bersihkan kandang secara rutin setelah penjemuran.
7. Jangan dekatkan Pleci dgn sesama Pleci, krn jika terlalu dekat burung Pleci tdk mau berbunyi, melainkan jika hanya mendengar suara Pleci lain maka Pleci tsb dpt rajin berkicau
Jenis Burung Kicau TRUCUKAN / TROCOK
TROCOK

Burung yang satu ini bukan merupakan burung yang dalam kategori mahal dan bahkan keberadaannya pun terkadang tidak begitu dilirik oleh para penggemar kicau mania, karena selama ini belum pernah ada kontes, latber, atau lomba burung kicauan yang menyertakan burung trucukan / trocok, namun sebenarnya tidak kalah cekep suara ocehannya ketika sudah gacor dan pantas juga untuk kita miliki sekalipun sekedar untuk tambahan koleksi saja.

Kisaran harga dari Rp 20.000 - Rp 200.000 rupiah

Jenis Burung BRANJANGAN
BRANJANGAN

Branjangan mempunyai kicauan yang nyaring dan pandai menirukan suara burung lain. Branjangan merupakan burung persawahan/ladang yang suka hidup di area terbuka berumput.
Burung Branjangan adalah burung dari bangsa Passeriformes dari famili Alaudidae yang terkenal dapat bernyanyi dengan indahnya. Kepiawaiannya dalam meniru suara burung lain serta gaya bertarungnya dengan cara mengepakan sayap (istilah : ngeper) semakin menambah kesukaan orang untuk memelihara burung ini.

Harga: Berkisar antara Rp 100 ribu - Rp 900 ribuan (tergantung kualitas)

Jenis Burung CUCAK RAWA / CUCAK ROWO
CUCAK ROWO

Burung ini dikenal umum sebagai cucakrawa (cucakrowo : bahasa jawa), cangkurawah (Sunda), dan barau-barau (Melayu). Dalam bahasa Inggris disebut Straw-headed Bulbul, mengacu pada warna kepalanya yang kuning-jerami pucat.

Cucak rawa biasa ditemukan di payapaya dan rawa rawa di sekitar sungai yang sepi, atau di tepi hutan. Sering bersembunyi di balik dedaunan dan hanya terdengar suaranya yang khas melengking. Suara lebih berat dan lebih keras dari umumnya cucak dan merbah. Siulan jernih, jelas, berirama baku yang merdu. Kerap kali terdengar bersahut sahutan. Di alam, burung ini memangsa aneka serangga, siput air, dan berbagai buah-buahan yang lunak seperti buah jenis-jenis beringin. Menyebar di dataran rendah dan perbukitan di Semenanjung Malaya, Sumatra (termasuk Nias), Kalimantan, dan Jawa bagian barat. Di Jawa Barat terdapat sampai ketinggian 800 m dpl., namun kini sudah sangat jarang akibat perburuan.

Berukuran besar (28 cm), berkepala pucat dengan kumis hitam mencolok. Mahkota dan penutup telinga jingga jerami, punggung coklat zaitun dan bercoret putih. Sayap dan ekor coklat kehijauan, dagu dan tenggorokan putih. Dada abu-abu bercoret putih, perut abu-abu, tungging kuning. Iris kemerahan, paruh hitam, kaki coklat gelap.

Harga burung Cucak Rawa berkisar antara Rp 2.000.000 - Rp 5 Jutaan (tergantung kualitas dan kondisi)

Jenis Burung ANIS 

BURUNG ANIS KEMBANG
ANIS KEMBANG

Anis Kembang (Zoothera interpres) merupakan salah satu burung favorit para pecinta burung. Selain merdu dan keras burung ini juga lebih sering berkicau.

Ciri-ciri burung anis kembang adalah warna bulu yang seperti bercak bintik yang terdiri dari warna hitam dan putih pada sayapnya, sedangkan warna bulu kepala, bentuk paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang dan berwarna coklat. Anis kembang termasuk tipe burung yang sensitif sehingga membutuhkan kesabaran dan waktu yang untuk memelihara burung ini. Namun burung ini mempunyai sifat manja, sehingga burung ini mudah jinak pada pemiliknya.

BURUNG ANIS MERAH
ANIS MERAH

Anis Merah sering disebut juga sebagai Punglor Merah, Punglor Cacing, Anis Bata, atau Punglor Bata. Burung ini termasuk burung yang sangat populer bagi peghobi kicauan beberapa tahun lalu dengan gaya telernya yang sangat menarik perhatian setiap yang melihatnya.

Anis merah jantan akan terlihat mendongak dongakkan kepala jika bertemu anis merah lain. Sedangkan anis merah betina tidak, Kalau anis merah betina sedang birahi, maka jika bertemu anis merah jantan yang sedang bernyanyi atau teler, dia akan menggetar getarkan sayap dan mendongak sembari bersiul kira kira begini bunyinya chiiirrr.

Harga Anis Merah berkisar antara Rp 500 ribu - Rp 800 ribuan.

Jenis Burung CIBLEK
CIBLEK

Ciblek dikenal juga sebagai perenjak jawa. Burung ini termasuk burung endemik jawa, Sumatera, dan Bali. Burung Ciblek jantan ataupun betina bisa diketahui dari fisik dan warna paruh bagian bawah bulu tubuhnya.

Untuk jantan dewasa bagian bawah paruhnya berwarna full hitam dan mata yang memerah menandakan bahwa burung tersebut sudah dewasa. Perbedaan Jantan dan betina juga bisa diketahui dari suara yang dikeluarkan burung ciblek tersebut. Burung jantan akan mengeluarkan suara yang bervariasi namun monoton dengan tembakan ciri khasnya ' ciklak .. ciklak .. ciklak ' dan biasanya diselingin dengan tembakan rapat ' crecetetet... " dan burung jantan akan langsung bereaksi begitu melihat burung lain sesama jenisnya, sedangkan burung betina bersuara monoton dan hanya membalas tembakan dari sang jantan 'ciap ciap ciap' dan sering bersuara memanggil ' ci ci ci.

Harga burung ciblek untuk saat ini berkisar antara Rp 30 ribu - Rp 700 ribuan (tergantung kualitas dan jenisnya).

Burung JALAK SUREN
JALAK SUREN

Burung jalak suren berukuran sedang sekitar 24 cm. Bulunya berwarna hitam dan putih. Bagian yang berwarna putih seperti dahi, pipi, garis sayap, tunggir dan perut. Sedangkan bulu di dada, tenggorokan, dan tubuh bagian atas berwarna hitam (coklat pada remaja). Iris mata burung jalak suren berwarna abu-abu. Kulit tanpa bulu disekitar mata berwarna jingga. Paruhnya berwarna merah dengan ujung putih. Sedangkan kaki berwarna kuning. Suaranya seperti teriakan yang ribut, sumbang dan riang.

Keistimewaan Jalak suren dilambangkan sebagai burung jinak penjaga rumah. Dengan memelihara burung ini, rumah akan selalu terjaga setiap hari. Mungkin ada benarnya anggapan ini karena jalak suren merupakan burung yang sangat peka. Jika ada orang datang, akan bersuara nyaring dan bervariasi.

Harga burung jalak suren berkisar untuk saat ini antara Rp 400 ribu (bahan dan bakalan) - Rp 1.800 ribuan (tergantung kualitas).

Jenis Burung Kicau PANCA WARNA
PANCA WARNA (5 WARNA)

Sicantik bersuara merdu itulah sebutan burung panca warna akar (Pitta guajana) mempunyai bulu dengan perpaduan 5 warna yang indah yakni kuning, oranye, coklat, biru dan hitam.Masih kerabat dam keluarga burung robin..jenis brung imut yang disukai oleh kalangan kerajaan di negeri cina.

Burung Jenis TLEDEKAN
TLEDEKAN

Burung tledekan atau disebut juga burung sulingan gunung. Burung tledekan jantan, pada bagian kepala ada warna biru cerah, sedangkan pada bagian belakang ada warna biru tua. Pada sekitar mata terdapat kedok hitam, Memiliki satu jakun yang berwarna hitam, Pada perut terdapat warna jeruk yang bersinar namun pada genus tertentu seperti vivid niltava berwarna ungu kebiruan.

Harga burung tledekan untuk saat ini antara Rp 40 ribu - Rp 200 ribu rupiah.

Tips Memilih Burung Tledekan Yang Bagus, Berikut Ciri cirinya:
  • Berkelamin jantan, warna bulunya tegas, mengkilap dan kontras.
  • Bentuk paruh berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang. Mirip seperti paruh bebek. Paruh bagian bawah harus lurus. Jangan memilih bakalan yang memiliki paruh bengkok. Posisi lubang hidung pilih dekat dengan mata.
  • Bentuk kepala besar, bentuk mata bulat besar dan melotot. Ini menandakan burung mempunyai mental tempur yang baik.
  • Pilih bakalan yang memiliki postur tubuh sedang dengan leher yang panjang, juga ukuran antara badan, ekor dan kaki harus serasi. Jangan memilih bakalan yang memiliki leher dan tubuh pendek.
  • Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat, ini menandakan burung sehat. Warna kaki tidak berpengaruh terhadap mental burung. Burung lincah dan memiliki nafsu makan yang besar. Ini merupakan ciri-ciri bakalan yang bermental baik.
  • Panjang ekor serasi dengan postur tubuh.
  • Dengan ciri ini maka akan mempunyai peluang besar untuk mendapatkan gaya tarung yang baik.
  • Leher panjang, padat, dan berisi.
  • Menandakan burung akan mengeluarkan power suara secara maksimal.
  • Warna bulu pilih yang cerah dan bulu tidak kusut. Bila warna kusam, berarti asupan makanannya kurang bergizi dan menandakan burung tersebut bermental lemah atau dalam kondisi tidak baik.
  • Sorot mata tajam dapat menandakan bahwa Tledekan bermental baik dan sehat.
  • Sebaiknya jangan dipilih burung yang bermata sayu karena dapat menandakan bahwa mental burung tersebut lemah atau burung tersebut dalam keadaan kurang sehat.
  • Tidak cacat, terutama di bagian kaki dan bagian sayap. Bagian tersebut harus mendapatkan perhatian khusus karena banyak dari Tledekan yang ditangkap masih menggunakan jerat atau diganggu hama sewaktu kecil.
Ciri-ciri mental:
Rajin berkicau. Penampilan tenang, tegak atau menyerang bila diadu dengan Tledekan lain sambil mengeluarkan suara andalannya. Bila didekati manusia, tidak takut untuk berkicau.

Jenis Burung MURAI BATU
MURAI BATU

Burung murai batu adalah burung berkicau cerdas terbaik yang sangat banyak penggemarnya. Burung murai batu disukai karena elegan dari penampilan dan suaranya serta gaya sombong penampilannya serta hebatnya lagi bisa menirukan suara burung-burung lainnya tanpa meninggalkan suara khasnya. Namun untuk membuat burung murai batu agar rajin berkicau dan gacor memang membutuhkan kesabaran dan keuletan serta banyak cara yang harus dilakukan dalam perawatannya. Suara burung Murai Batu sangat merdu dan bervariasi. Burung Murai Batu terutama yang sangat terkenal yaitu murai batu medan adalah salah satu burung penyanyi terbaik yang akui oleh dunia dan dari segi harganyapun bervariasi.

Kisaran harga murai batu mulai dari Rp 500 ribu - Rp 3,5 juta (dari berbagai jenis dan tergantung kondisi), dan jika sudah gacor, sudah ikut kontes dan bahkan mendapat kategori juara harga bisa sampai Rp 40 juta bahkan bisa lebih.

Jenis Burung PENTET/CENDET/PLENTET
CENDET

Burung pentent merupakan burung yang secara postur ukurannya agak sedikit kurang simetris, karena bagian kepala lebih besar dibandingkan dengan ukuran ekor yang relatif kecil, namun demikian pentet/plentet/cendet ini banyak juga yang berminta memeliharanya karena selain warnanya yang indah suaranya pun sangat enak dan merdu untuk diperdengarkan. Burung pentet untuk saat ini adalah merupakan salah satu jenis burung yang sedang banyak digemari oleh para penghobi burung (kicau mania) karena dengan alasan tadi, dan seiring dengan ramainya perburungan maka banyak juga kalangan yang sering mengadakan kontes lomba burung pentet.

Harga burung pentet relatif cukup murah jika dibandingkan dengan kenari, kacer dan murai batu, untuk saat ini sekitar Rp 130 ribu - Rp 600 rb.

Jenis BURUNG GELATIK
Burung berwarna hitam dan putih dengan postur kecil ini saat ini lagi digandrungi oleh para banyak penghobi burung.
GELATIK

Dengan suaranya yang khas yang melengking, sehingga akhirnya sering burung ini dijadikan sebagai burung master untuk isian burung-burung yang lain untuk mengkombinasikan suara burung yang lain biar lebih bervariasi ocehannya.

Harga Rp 75 rb - Rp 200 rb (bahan - sudah gacor).

Jenis Burung Madu, KOLIBRI (Colibri)
KOLIBRI

Ada beberapa jenis burung kolibri di Indonesia yang paling populer, dengan bentuk dan postur tubuh dengan ukuran yang tidak jauh berbeda, berdasarkan jenisnya burung kolibri bisa dibagi menjadi 8, yaitu;

Kolibri Ninja. Kolibri ini yang paling dicari untuk saat ini, karena suaranya yang lebih bervariasi sehingga harganya pun paling mahal untuk sekelas kolibri. Adapun jenis kolibri lainnya diantaranya adalah, Kolibri Wulung, Kolibri Kelapa, Kolibri Hitam, Kolibri Jawa, Kolibri Gunung, Kolibri Tasik, Kolibri Sepah Raja dan tentunya masih ada jenis burung lain lagi dalam perkembangan perburungan yang mungkin suatu saat akan menjadi primadona bagi para poenghobi kicau mania.

Kisaran harga: Rp 100 ribu - Rp 450 ribu.
Tips Cara Agar Burung Kolibri  Cepat Gacor:
  • Pada pagi hari setelah subuh kira-kira sudah mulai sedikit terang, coba keluarkan burung ( diembunkan hingga keluar sinar matahari menghangatkan tubuhnya secukupnya saja.
  • Setelah itu, mandikan burung Kolibri dengan semprot/sprey yang lembut atau bisa juga dengan cepuk mandi.
  • Kira-kira 1 jam, angkat Kolibri dan taruh ditempat yang teduh atau teras, berikan makanan berupa ulat hongkong atau voer jika burung sudah makan voer karena burung ini bukan termasuk burung pemekan buah.
  • Berikan dan sediakan air gula dengan takaran 50 banding 50 sebagai pengganti madu, karena kondisi madu biasanya kental biasanya burung kalobri akan lebih memilih air gula namun jangan lupa pula tetap sdiakan air putihnya (lebih baik air yang sudah matang atau air mineral).
  • Dan yang tidak kalah pentingnya adalah pemasteran suara yang bagus, diantara caranya yaitu sandingkan suara burung Kolibri yang sudah gacor atau dengan cara bunyikan rekaman suara burung Kolibri yang sudah bagus dalam bentuk mp3 agar burung Kolibri yang kita miliki semakin terlatih.

Jenis Burung CIPOH / CIPO / CIPOW / CITO / SITO / SIRTU
CIPOW

Yang akhir-akhir ini orang sedang mencarinya adalah burung yang satu ini, karena keunikan suaranya, dengan ukuran badan yang sedikit lebih besar dari burung pleci atau kacamata namun dengan model dan corak warna yang hampir sama. Akan semakin cakap lagi jika burung yang satu ini sudah rajin berbunyi dan gacor juga jinak yang akhir akhir ini burung ini pun sudah mulai banyak juga dilombakan di berbagai tempat.

Kisaran harga : Rp 30 ribu - Rp 70 ribu, harga pengecualian bisa sempat ada yang menjual dengan harga Rp 800 ribu.

Jenis Burung Kicau IMUT LOVE BIRD
LOVEBIRD

Tidak bisa dipungkiri, burung yang satu inipun sudah merambah terkenal sejak beberapa tahuan yang lalu, dengan harga yang lumayan tinggi, secara sepintas ukuran burung hampir sama dengan burung parkit namun perbedaan harganya sangatlah jauh. Dengan suara yang unik burung ini bisa menarik para penghobi burung untuk ikut memeliharanya baik yang sengaja untuk memiliki untuk dijadikan burung perlombaan ataupun hanya sekedar sebagai hewan peliharaan saja. Beternak love bird juga tidak terlalu sulit, dengan menggunakan kandang yang berukuran 60x40x30 saja sudah cukup.

Harga burung love bird untuk saat ini berkisar antara Rp 400 ribu - Rp 1.200 ribu.

Jenis BURUNG PRENJAK
Prenjak Kuning, bulu dadanya berwarna kekuningan hingga ke perutnya, putih bersih hingga dewasa.


Prenjak Putih, bulu dadanya putih bersih dari dada hingga keperutnya akan muncul warna abu-abu gelap merata di dada bagian atasnya.



Prenjak Kalungan,bulu dadanya putih dengan sedikit warna kuning di perutnya, ditambah dengan garis hitam seperti kalung di dada burung ini, garisnya akan terlihat jelas ketika burung ini beranjak dewasa.



Prenjak Sawah,warnanya sama dengan prenjak putih hanya saja postur badanya lebih ramping, dan ada garis putih seperti alis di kepalanya.



Prenjak Gunung, warna bulunya seperti burik(bergaris-garis seperti jerami), posturnya lebih besar dengan ekor yang lebih panjang.



Prenjak Padi (Cetrung), warna bulunya sama seperti prenjak gunung hanya saja posturnya kecil, sebesar jari jempol tangan.



Prenjak Kepala Merah (Cinglar), posturnya kecil dengan warna merah dikepala, putih kusam didada dengan warna abu-abu gelap di dada atas ketika burung ini dewasa.


Tentunya ada dua jenis kelamin burung ini, yaitu jantan dan betina. Menurut pengalaman saya, jenis kelamin burung ini dapat kita bedakan secara fisik, memang gampang-gampang susah dalam melakukannya. ( ini khusus untuk prenjak kuning/putih/kalungan yang sering kta lihat dipasaran, sedangkan untuk prenjak lainnya akan saya tulis beriikutnya)



Burung Prenjak Jantan
1. Pustur badan biasanya lebih panjang dan ramping.
2. Bulunya berwarna lebih tegas .
3. Ekor lebih sering dimaninkan(dinaik-turunkan).
4. Paruh bagian bawah berwarna hitam total(pada burung dewasa), dan berwarna kuning atau putih dengan ujung bawah paruh berwarna hitam(pada burung anakan atau muda).
5. Bersuara cikrak…cikrak ketika memanggil pasangannya.
6. Akan sangat agresif jika ada pejantan lain yang mendekati wilayah teritorialnya, jika betina yang memasuki daerahnya maka ia akan mengejarnya untuk melalukan perkawinan ( hal ini pernah sya lihat sendiri di belakang rumah).
Burung prenjak Betina
1. Pustur badan lebih pendek dan agak gemuk/melebar.
2. Bulunya sedikit lebih kusam atau kurang cerah.
3. Ekornya jarang dimainkan dan lebih pendek.
4. Paruhnya berwarna kuning atau putih baik ketika dewasa maupun ketika masih anakan.
5. Bersuara tiittt…tiitt ketika memanggil pasanganya.
6. Hanya agresif ketika ada betina lain yang memasuki daerahnya.

Catatan:
Harga-harga burung kicau diatas mungkin saja  bisa berubah sewaktu-waktu dan bisa berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya.



Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 23:07:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.