Ciri-ciri Kebuntingan Pada Hamster dan Manfaat Pemisahan Hamster Bunting

Posted by

Mengapa Hamster Betina Bunting Perlu Dipisahkan Dengan Hamster Lain?

Pengetahuan tentang tanda-tanda atau ciri bahwa seekor hamster betina sudah bunting perlu dimiliki oleh calon peternak atau pembudidaya ternak hamster. Hal ini penting agar peternak bisa menyiapkan kandang khusus untuk hamster bunting dan siap melahirkan. Saat peternak hamster sudah yakin bahwa sang betina sudah bunting maka harus segera pisahkan seekor hamster betina yang sedang bunting tersebut dengan hamster lainnya karena bisa saja karena agrisifitas hamster bunting meningkat maka dia dapat menyerang hamster jantan. Sedangkan manfaat lain dari pemisahan hamster bunting adalah saat bayi hamster lahir ada kemungkinan hamster jantan akan memakan bayi-bayi hamster yang baru lahir bila ditempatkan dalam satu kandang.

Hamster biasanya akan memasuki masa kawin ketika umurnya sudah 2-3 bulan.Pada usia tersebut anda bisa memasangkan betina dan jantan dalam satu kandang. Naluri yang alami akan mendorong hasmter untuk melakukan perkawinan. Ketika tiga atau empat hari kemudian sesudah kawin hamster betina akan mengalami kebuntingan. Untuk anda sebagai pembudidaya hamster harus selalu memperhatikan apakah hamster tersebut sudah benar-benar bunting agar bisa segera dipisahkan.

Hamster Betina Bunting
Berikut ini tanda-tanda seekor hamster sudah bunting dan siap menjadi calon indukan hamster:
  • Membuat sarang dan menimbun pakan. Hamster betina yang bunting biasanya akan melakukan aktivitas membuat sarang ditempat tidurnya sekaligus akan menimbun beberapa makanan diarea sarangnya.
  • Berat badan cepat bertambah. Hamster bunting umumnya berat badannya dari kehari terus naik dan ini menandakan kemungkinan hamster sudah bunting.
  • Makan dan Minum Lebih Banyak. Peningkatan nafsu makan yang drastis menjadi salah satu ciri hamster sedang hamil.Selain itu rasa haus yang berlebih akan membuat hamster minum dalam jumlah banyak tidak seperti biasanya hal ini juga menjadi tanda kebuntingan hamster.
  • Bersifat Agresif. Biasanya hamster hamil akan lebih terlihat agresif untuk melindungi sarangnya dari gannguan.Bahkan tanpa anda sadari anda juga akan mengalami serangan hamster secara tiba-tiba dengan cara digigit.
  • Hamster yang hamil akan mengalami penonjolan pada bagian puting hamster.Biasanya tanda ini akan nampak sekitar seminggu sebelum hamster melahirkan.
  • Biasanya akan keluar sedikit bercak darah dari alat kelamin hamster dan bentuk tubuhnya seperti buah pir bagian perut kelihatan gendut kedepan.Apabila ditekan perutnya ( jangan terlalu keras) akan terasa seperti ada benjolan.
  • Perhatikan jalannya hamster apabila seperti bebek megal megol seperti terlihat keberatan pada bagian pinggulnya maka bisa dikatakan hamster lagi hamil tua.
  • Balikkan tubuh hamster lihatlah pada bagian perut kiri dan kanan maka akan terlihat benjolan berwarna hitam.
Demikian ciri-ciri seekor hamster betina bunting dan siap menjadi calon indukan hamster.

Sumber:http://lintasternak.nyimuetz.com

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 20:03:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.