Mau Membuat Pelet Pakan Kelinci? Ini Caranya!

Posted by

Salah satu komponen utama pendukung keberhasilan dan tingkat keekonomian sebuah peternakan kelinci adalah ketersediaan pakan kelinci yang murah tetapi berkualitas. Pakan kelinci memegang peran penting dalam perhitungan profit dan lost usaha pengembangbiakkan kelinci karena beban biaya untuk pakan kelinci sangat besar. Inilah alasan utama seorang peternak kelinci harus bisa menyediakan pakan murah, mudah didapat dan tentunya tetap berkualitas sehingga kebutuhan gizi kelinci tetap terpenuhi.

Pakan kelinci berdasar umurnya, untuk kelinci dewasa sekitar 100-140 gram, kelinci yang sedang hamil sekitar 160-200 gram. Sedangkan untuk kelinci yang baru berumur 2 sampai 4 bulan sekitar kurang ari 70 gram. Pemberian pelet yang berlebihan dapat menyebabkan kegemukan pada kelinci. Jika kelinci sudah terlanjur gemuk, ada baiknya jika diumbar di luar kandang agar sering mengeluarkan kotorannya.
Selain hijauan yang berupa rumput dan jenis sayur-sayuran yang merupakan pakan alami kelinci, ternak kelinci juga bisa diberikan pakan berupa pelet. Pelet pabrikan tentunya memiliki harga yang tidak murah sehingga pemakaiannya harus benar-benar diperhitungkan. Alternatifnya adalah peternak bisa mencoba membuat pelet sendiri yang akan menurunkan biaya pakan kelinci. Berikut tip dan cara membuat pelet untuk pakan kelinci.

Bahan-bahan dan Alat Yang diperlukan untuk Membuat Pelet

Harga pelet yang terbilang sangat mahal ini menjadikan banyak orang membuat pakan kelinci sendiri. Pada mulanya, pelet tersebut adalah salah satu konsentrat gizi yang sangat dibutuhkan kelinci. Pelet tersebut dapat bertahan lama.

Sedangkan alat-alat yang dibutuhkan dalam cara membuat pelet adalah bak plastik yang digunakan untuk mencampur adonan pelet. Selain itu sediakan juga sendok, panci, kompor, alat untuk menggiling daging atau mie, palstik bening dan oven.

Pelet tersebut mengandung beberapa bahan didalamnya seperti tanaman biji-bijian dan juga residu bijian dan juga bahan konsumsi manusia lainnya. Bahan yang diperlukan lainnya ialah bekatul, tepung jagung dan tepung lainnya. Bahan tersebut bisa Anda temukan di pasaran dan cukup murah.
Jumlah Kebutuhan Pakan Kelinci

Dalam membuat pakan kelinci sendiri, Anda harus memperhatikan jumlah kebutuhan yang diperlukan kelinci tersebut berdasar umurnya. Untuk kelinci dewasa sekitar 100-140 gram, kelinci yang sedang hamil sekitar 160-200 gram.

Sedangkan untuk kelinci yang baru berumur 2 sampai 4 bulan sekitar kurang ari 70 gram. Pemberian pelet yang berlebihan dapat menyebabkan kegemukan pada kelinci. Jika kelinci sudah terlanjur gemuk, ada baiknya jika diumbar di luar kandang agar sering mengeluarkan kotorannya.

Cara Membuat Pelet Pakan Kelinci

Cara pembuatan yang pertama ialah, campurkan semua bahan-bahan yang seperti sudah disebutkan diatas dengan ketentuan masing-masing pada bahan. Campur rata semua adonan tersebut dengan air hingga menyatu dalam adonan bak plastik tersebut.

Setelah semua adonan merata, kukus adonan tersebut dengan panci selama 30 menit sampai adonan berubah lebih tua. Setelah adonan berubah warna dan masih panas, cetak adonan tersebut dengan penggilingan mie hingga membentuk adonan memanjang.

Gunakan oven untuk mengeringkan adonan tersebut atau Anda juga bisa menjemurnya. Dalam menjemur, ada baiknya Anda menggunakan plastik sebagai alasnya. Setelah benar-benar kering, pakan pelet kelinci bisa dapat langsung dikonsumsi.


Biasanya bagi pemula dalam membuat pelet tersebut akan menemukan kesusahan pada saat penggilingan bahan tersebut. Bahan tidak merekat sehingga menyebabkan bahan tersebut mudah hancur. Untuk merekatkan bahan, Anda bisa menggunakan bahan makanan singkong rebus.

Selain pakan yang murah dan berkualitas, faktor yang mempengaruhi usaha peternakan kelinci adalah bibit kelinci yang berkualitas serta manajemen pemeliharaan yang baik seperti perkandangan yang baik dan benar, kebersihan kandang dan sanitasi kandang serta pencegahan dan pengobatan penyakit yang terkontrol sehingga tidak membebani biaya produksi.

Sumber:1001budidaya.com

loading...
Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 19:52:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.