Efek Memasang Iklan Terlalu Banyak di Blog

Posted by

Blogger yang blognya sudah memiliki atau mengiklankan adsense dari google umumnya jarang menampilkan iklan yang lainnya. Mereka lebih mantap hanya memasang iklan google adsense diblognya tersebut sementara iklan-iklan dari ppc yang lain dipasang diblog lain yang tidak bisa atau tidak diijinkan untuk dipasang iklan adsense.

Bolehkah memasang iklan adsense bareng dengan iklan ppc yang lain? Secara umum pemasangan iklan adsense dengan ppc atau model iklan lainnya dari situs iklan yang berbeda-beda diijinkan selama isi iklan tidak bertentangan dengan kebijakan dan TOS google adsense. Team Adsense menganggap bahwa iklan dari situs ppc lain yang dipasang bareng dengan iklan adsense dimasukkan sebagai salah satu konten. Karena dianggap sama dengan konten maka isi iklan dari ppc lain tidak boleh bertentangan dengan aturan adsense seperti tidak boleh memuat pornografi, iklan yang berbau sara dan juga iklan perjudian.


Apakah efektif memasang berbagai macam iklan ppc dalam satu blog atau satu laman blog? Ada yang menganggap cara ini kurang efektif karena pembaca akan terpecah fokusnya sehingga iklan-iklan mungkin hanya akan terlihat dan dilihat sepintas lalu saja. Tetapi ada juga yang beranggapan bahwa memasang iklan beberapa ppc dalam 1 blog bisa berguna meningkatkan penghasilan. Mana yang benar? Ternyata masing-masing blogger memiliki pengalaman sendiri saat memasang iklan adsense dicampur dengan iklan ppc lain.

Apa Saja Keuntungan dan Kerugian Memasang Beberapa Iklan PPC Dalam Satu Blog (Laman Blog)?

Berikut ini beberapa efek negatif dan positif jika anda memasang banyak iklan ppc dari situs periklanan yang berbeda-beda dalam satu laman blog:

Tampilan Laman Situs Jadi Berantakan
Hal ini bisa dibaca dalam support google yang memperingatkan untuk mengatur pemasangan iklan sedemikian rupa, tidak terlalu banyak dan terlalu sedikit. Team google menganggap jika kita memasang iklan terlalu banyak bisa beresiko tampilan blog bisa jadi berantakan. Inilah salah satu sisi efek negatif yang bisa terjadi jika memasang scrip iklan terlalu banyak.

Loading Situs Menjadi Berat dan Lama
Salah satu efek negatif jika memasang iklan ppc terlalu banyak dan berasal dari situs penyedia iklan yang berbeda-beda adalah loading situs yang menjadi lambat atau tersendat. Lambatnya situs terbuka karena adanya beban untuk membuka berbagai macam iklan yang terpasang pada blog anda. Memang tidak hanya iklan yang bisa memperlambat loading suatu situs blog, pemilihan template yang jelek juga bisa berpengaruh, pemuatan gambar-gambar yang bermemori besar juga bisa memperlambat loading situs.

Laman Blog Jadi Penuh Warna
Untuk blog tertentu dengan tema khusus seperti game dan film, pemasangan iklan yang bermacam-macam dan penuh warna dari beberapa situs iklan bahkan bisa memperkaya dan mempercantik tampilan laman blog selama pemasangannya memperhatikan letak dan model iklan yang saling bersinergi dengan isi konten. Ini salah satu efek positif memasang beberapa iklan dalam 1 laman blog.

Penghasilan Iklan Bertambah
Efek positif lainnya dari memasang iklan ppc yang berbeda-beda dan dari situs yang berlainan ternyata bisa meningkatkan penghasilan blogger. Meski ada yang menyatakan ini kurang efektif tetapi kenyataannya sebagian blogger mendapatkan komisi dari iklan yang berbeda tersebut tanpa mengurangi penghasilan dari iklan ppc yang dipasang terlebih dahulu.

Penulis pernah melakukan uji coba memasang beberapa iklan ppc dalam 1 laman blog yang terdiri dari iklan adsense, iklan adnow dan iklan payclick. Kemudian penulis juga mencoba melepaskan iklan adnow dan payclick serta hanya memasang iklan adsense saja.

Setelah sedikit menganalisa penghasilan dari ujicoba sederhana ini ternyata saat dipasang sendirian tanpa ada iklan ppc lain, komisi adsense tetap tidak bertambah secara signifikan meski pv blog tetap. Saat dipasang bersamaan antara iklan google adsense dengan adnow dan payclick ternyata penghasilan dari adsense juga tidak menurun secara nyata bahkan penghasilan dari adnow mampu mengimbangi komisi dari adsense sehingga bisa mendapatkan dobel komisi bahkan triple ditambah penghasilan dari payclick.

Itulah beberapa plus minus memasang iklan ppc yang berbeda dari layanan situs iklan yang berbeda pula. Yang terpenting aturlah sedemikian rupa agar iklan tidak tumpang tindih dengan konten dan tidak berantakan letaknya antara iklan yang satu dengan yang lainnya. Rajin-rajinlah bereksperimen dalam penempatan iklan ppc tersebut agar lebih dapat menarik perhatian pengunjung dan tentunya agar bisa lebih banyak mendapatkan klik mengingat nilai klik atau nilai cpc dari berbagai situs iklan saat ini semakin kecil nilainya tidak terkecuali dari adsense yang sering memberikan nilai ppc hanya $0.01. Jadi dengan semakin banyaknya iklan yang diklik meski nilai cpc nya kecil maka akumulasi klik bisa meningkatkan total komisi iklan yang didapatkan.

Selamat bereksperimen dengan memasang banyak iklan dalam 1 blog, analisa bagaimana hasilnya dan kombinasikan secara serasi antara iklan ppc yang satu dengan yang lainnya agar tampilan laman blog tidak tampak berantakan bahkan bisa penuh warna.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 08:23:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.