Perbedaan Hosting Gratis dan Hosting Berbayar, Bagaimana Memilih Hosting Berkualitas?

Posted by

Cara Memilih Hosting Berkualitas dan Apa Kelebihan dan Kekurangan Hosting Gratisan

Siapa netizen atau penulis online atau penggemar dunia maya yang tidak kenal  dengan situs blogspot.com atau kalau di Indonesia blogspot.co.id? Situs ini menyediakan hosting gratisan dengan kuota tak terbatas dan banyak blogger memanfaatkan blogspot sebagai andalan membuat web gratis yang bahkan bisa dimonetisasi dengan mudah karena terhubung dengan google adsense.

Blogspot memang sangat populer sebagai penyedia hosting dan domain gratis tetapi memang salah satu yang kurang disukai blogger adalah nama situsnya wajib ada tambahan blogspot karena memang hosting dan domain gratisnya dari blogspot. Demikian juga dengan wordpress.com sama untuk nama websitenya akan tercantum juga wordpress dibelakang nama domain anda.
Banyak blogger yang ingin mengganti nama domainnya dengan nama lain yang langsung menjadi dot com atau dot co.id, dot net dll meski hostingnya tetap gratisan, maklum saja biaya hosting memang lumayan mahal dibandingkan biaya domain yang murah meriah. TLD atau top level domain seperti .com, .net, .biz dan lain lain biasanya biaya pertahunnya hanya berkisar antara Rp 100.000 - Rp 250.000. Bahkan jika pas ada promo harga per tahunnya cuma separoh harga.

Saat blogger ingin merubah nama domain menjadi TLD dan sekaligus dengan hosting berbayar maka wajib mengetahui seluk beluk hosting, mana yang baik dan berkualitas, mana yang jarang down dll. Apa kelebihan dan kekurangan hosting gratisan? dan pengetahuan tentang domain dan hosting lainnya.

Berikut ini artikel bagus tentang hosting berbayar, cara memilih yang berkualitas serta kekurangan dan kelebihannya, silahkan disimak.
Ada 4 faktor dalam penilaian untuk provider hosting terbaik.
  1. Kestabilan Server
  2. Suport Teknis
  3. Harga
  4. Keamanan Data
Mengenal definisi Hosting. Hosting adalah sebuah tempat untuk menyimpan semua data sebuah blog atau website mulai dari gambar, artikel, template dan lainnya. Hosting pada dasarnya ada yang gratis dan ada yang berbayar atau dikenal dengan (self hosting), untuk hosting gratis banyak disediakan oleh penyedia hosting sekaligus domain gratis seperti Blogger, Wordpress (wordpress.com) dan masih banyak lagi.


Berapa besaran space (kuota) hosting yang disediakan oleh penyedia hosting gratisan? jawabannya beragam. Wordpress.com menyediakan space gratisan juga berbeda-beda, untuk Wordpress umum disediakan hosting gratis sebesar 3.072 MB namun untuk Wordpress kampus atau yang lebih dikenal dengan Student Blog hanya disediakan space sebesar 400 MB. Sementara untuk Blogspot kuota hosting yang disediakan tidak terbatas.

Kelebihan dan Kekurangan Hosting Gratis
Karena gratis maka pengguna hosting wajib tunduk terhadap aturan yang sudah ditetapkan oleh penyedia hosting. Jika suatu saat terjadi penghapusan blog / website oleh pihak penyedia karena melanggar aturan pemilik tidak akan bisa menuntut. Apakah kejadian ini akan terjadi atau pernah terjadi, jawabannya pasti ia, salah satu contohnya sudah saya bahas pada artikel sebelumnya yaitu blog gratisan dari blogger.com dihapus oleh Google (blogger) dan tidak ada penjelasan terkait penghapusan terhadap blog tersebut.

Karena gratis tentunya tidak diperlukan biaya untuk menyewa hosting yang harus dikeluarkan setiap bulan atau tahunnya. Biaya untuk menyewa hosting pada dasarnya juga tidak murah, dan untuk membeli hosting diluar negeri juga cukup agak repot untuk yang tidak pernah membeli sebelumnya.

Hosting Yang Berkualitas Kembali ke topik pembahasan, hosting berbayar yang baik atau berkualitas menurut saya standarnya adalah tidak sering mengalami down atau perbaikan, kenapa hal ini penting karena jika hosting server down bisa dipastikan website atau blog tidak akan bisa diakses dan tentunya akan mempengaruhi pada pengunjung blog yang ujungnya akan mempengaruhi SEO blog. Salah satu kriteria lain yang cukup penting adalah kontak support (customer service) penyedia hosting dapat dihubungi setiap saat jika terjadi masalah yang menimpa blog kita seperti blog blank dan tidak bisa diakses sama sekali.

Kriteria lain yang juga penting karena ini menyangkut harga yang harus dibayarkan adalah harga hosting itu sendiri yang tidak terlalu mahal namun space atau kuota yang disediakan cukup besar. Dan kriteria lainnya yang juga tidak kalah penting adalah fitur Cpanel yang disediakan oleh hosting tersebut cukup lengkap seperti MySql dll, hal ini amat penting karena untuk isi sebuah website sepenuhnya akan tersimpan di hosting dan dengan fitur lengkap akan memudahkan untuk membackup semua data di blog yang kita miliki jika terjadi masalah.

Hosting Luar Atau Dalam Negeri
Bisa dikatakan hampir sebagian besar hosting yang dijual di Indonesia adalah reseller dari hosting luar negeri. Artinya harga akan menjadi berbeda dengan kuota yang juga berkurang. Hal ini wajar-wajar saja karena bisnis tentu saja untuk mengambil untung. Untuk mendapatkan hosting dalam negeri lebih mudah karena cukup membayar ke bank lokal Indonesia. Sebaliknya untuk mendapatkan hosting luar negeri agak sedikit repot karena sistem pembayaran yang belum umum di Indonesia yaitu dengan kartu kredit atau Paypal.

Kendala umum lainnya jika terjadi down pada website dengan hosting luar negeri (USA) kita harus berkomunikasi dengan bahas Inggris untuk meminta bantuan kepada penyedia hosting, dikarenakan perbedaan waktu atau jam kerja di Indonesia dan di Amerika pelayanan agak sedikit lambat.

Untuk Saya sendiri sejak awal memiliki website dengan self hosting tidak pernah membeli hosting dari dalam negeri. Sekali lagi jaminan kualitas bagus untuk hosting luar negeri tidak selamanya benar, selft hosting yang saya beli pertama kali dan dari luar negeri hanya bertahan selama enam bulan setelah itu down dan tidak bisa diakses sama sekali dan parahnya perusahaan tersebut tidak bertanggung jawab dengan memberikan data base hosting ke customer. Singkat cerita perusahaan tersebut sudah bangkrut.

Rekomendasi Hosting
Untuk Anda pemula yang ingin mencoba menggunakan self hosting dengan website target market adalah pembaca Indonesia, bisa memilih hosting dalam negeri. Problem website down sangat mungkin akan kita alami dengan cukup kontak via SMS atau telepone permasalahan cepat diatasi. Namun jika target market atau pembaca adalah luar negeri bisa menggunakan jasa penyedia website dari luar negeri (USA).

Untuk penyedia jasa hosting dalam negeri sangat banyak jumlahnya, bisa di cari di google. Untuk penyedia jasa hosting luar negeri saya sarankan untuk menggunakan hosting dari Hawkhost atau Godaddy, dua penyedia hosting dan domain ini sudah terbukti ampuh baik dari pelayanan customer 24 jam dan jarang mengalami down.

Hosting Lokal Terbaik
Bagi Anda yang membutuhkan referensi, maka inilah beberapa layanan penyedia hosting dan domain lokal terbaik di Indonesia.

Niagahoster
Salah satu penyedia hosting dan domain lokal terbaik adalah di Niagahoster ini. Di provider ini, penggunanya akan mendapatkan harga hosting dan juga domain yang bersaing dengan provider lainnya. Beberapa keunggulan yang dapat dinikmati dari menggunakan jasa Niagahoster ini antara lain adalah :
  • Waktu akses yang sangat cepat karena menggunakan cPAnel serta server web hosting IIX terbaik di Indonesia.
  • Garansi hingga 99.9% dengan bandwidth unlimited
  • Garansi uang kembali 30 hari tanpa syarat
  • Gratis domain selamanya (full akses Domain Manager)
  • Tersedia server Jakarta dan Singapura 
Ardetamedia
Satu lagi penyedia hosting dan domain lokal terbaik yakni Ardetamedia. Ardetamedia ini diketahui merupakan penyedia layanan yang sudah menggunakan SSD hardisk sehingga kecepatan data akses dapat mencapai 300%. Tentu banyak keunggulan lain yang dapat dinikmati ketika menggunakan jasa layanana domain dan hosting berbayar ini. Diantaranya adalah :
  • Jasa layanan hosting dan domain Ardetamedia sudah berpengalaman lebih dari 7 tahun
  • Harga yang relatif murah dikelasnya
  • Online support hingga 24 jam nonstop
  • Server uptime hingga 99.98%
  • Garansi 30 hari dan uang kembali 100% 
NusantaraHost
Salah satu jasa layanan hosting dan domain berbayar lokal yang terpercaya dan berkualitas adalah NusantaraHost ini. Salah satu produk unggulannya yakni Unlimited SSD Web Hosting Server Indonesia. Tentu saja masih ada banyak fitur layanan yang diberikan oleh NusantaraHost ini antara lain seperti :
  • Gratis biaya instalasi dedicated server
  • Memiliki kecepatan hingga 4 kali lipat dibandingkan hosting dengan HDD biasa
  • Memiliki fitur SoftaculousAuto Instaler dengan lebih dari 345 scripts
  • Adanya fitur unlimited Domains dan Emails
  • Support online hingga 24 jam 
Dewaweb
Dewaweb juga diketahui merupakan salah satu layanan provider hosting dan domain premium lokal yang sudah terpercaya dan memiliki kualitas yang baik. Tentunya tidak kalah dari penyedia jasa lainnya, Dewaweb juga menawarkan fitur-fitur layanan unggulan seprti :
  • Gratis Domain dan SSL juga migrasi hosting
  • Adanya fitur layanan True Auto Healing maximum time
  • Sudah menggunakan teknologi hardisk SSD
  • Layanan support hingga 24 jam
  • Restore data website yang mudah dari cPanel 
Ziehost
Salah satu provider hosting yang paling murah. Karena hanya dengan Rp. 5.000 perbulan pun sudah bisa membeli sebuah paket basic. Tentunya ada banyak fitur layanan unggulan yang juga ditawarkan seperti :
  • Unlimited bandwidth
  • Support layanan hingga 24 jam setiap hari
  • Harga bersaing dan terhitung relatif murah
  • Menggunakan cPanel
  • Gratis instalasi hingga 349 scripts

Daftar Web Hosting Terbaik Indonesia Lengkap Dengan Estimasi Biaya Hosting Per Bulan

HOSTINGDESKREPSIHARGA MULAI/bln Deal
nusantarahostButuh akses Website cepat, NusantaraHost menjadi solusi terbaik. Suport ruang penyimanan SSD raid 10 sehingga akses server lebih cepat 300x lipat.Rp 15.000,-Visit
ardetamediaBanyak pilihan paket mulai yang personal hingga expert. Server IIX dengan kecepatan akses jaringan 1000Gb/s. Suport VPS dan Dedicated ServerRp 25.000,-Visit
jogjahostJogjahost penyedia hosting premium, cocok untuk keperluan website pemetintah, website sekolah dan website toko online. Teknikal Suport 24/7 yang handal.Rp 25.000,-Visit
niagahosterNiagaHoster menyediakan 4 paket hosting yang memenuhi kebutuhan konsumen. Sistem keamanan menjadi keunggulan dari provider ini.Rp 27.800,-Visit
hoster reviewButuh hosting Unlimited? Hoster adalah jawabannya, semua serba unlimited dengan harga yang cukup terjangkau, dan gratis domain selamanya.Rp 19.000,-Visit
domainesiaDomaiNesia provider domain sekaligus hosting berkualitas. Memberikan jaminan Uptime server 99.99%, dengan berbagai lokasi server yang tersebar di berbagai negera.Rp 20.000,-Visit
domosquareDomoSuare memebrikan jaminan garansi uang kembali, menggunakan server terbaru dengan perangkat keras terbaik. Suport tiket 24/7Rp 23.000,-Visit
dewawebDewaWeb menjadi alternatif terbaik untuk user yang saat ini membutuhkan sumberdaya tinggi bagi kebutuhan bisnis online. DewaWeb memberikan jaminan Website bisa di akses setiap saat.Rp 30.000,-Visit
idwebhostIDwebhost menjadi pilihan terbaik penyedia hosting, suport teknis 24/7 yang selalu siap membantu user ketika mengalami masalah website.Rp 17.900,-Visit
cloudmediabizCloudmedia Menjadi perusahaan yang terus berkembang yang fokus pada penjualan Hosting dan VPS, dikelola oleh team yang profesional dan tanggap dalam mengatasi masalah.Rp 25.000,-Visit
MWN merupakan perusahaan hosting tertua di Indonesia, yang kini sudah memiliki puluhan ribu pelanggan aktif.Rp 19.900,-Visit
shehosterSheHoster merupakan penyedia hosting yang memberikan harga murah dengan kualitas server terbaik. Cukup menjadi pilihan terbaik jasa hosting IndonesiaRp 20.000,-Visit
ziehostZiehost merupakan penyedia hosting yang populer untuk kalangan blogger. Ziehost memberikan harga hosting yang tidak wajar dan juga menyediakan paket hosting PremiumRp 25.000,-Visit
jetorbitJetOrbit menjadi alternatif pilihan penyedia hosting terbaik di Indonesia tahun 2017Rp 25.000,-Visit

Referensi:
https://kupastutorial.blogspot.co.id 
http://portal-uang.com 
https://danuadji.com

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 21:21:00

0 komentar:

Powered by Blogger.