Ciri Khas Air Susu Sapi Yang Masih Segar

Posted by

Bagaimana Membedakan Air Susu Sapi Yang Masih Segar Dengan Yang Sudah Lama?
Susu merupakan sumber gizi utama untuk bayi sebelum mereka mampu mencerna makanan yang padat. Susu binatang (biasanya sapi) dapat menjadi berbagai produk seperti; mentega, yogurt, es krim, keju, susu kental manis, susu bubuk dan lain-lainnya untuk konsumsi manusia.
Untuk bisa membedakan atau mengetahui apakah air susu tersebut masih baru dan segar atau sudah lama maka cara yang paling cepat adalah kita kenali sifat-sifat dan ciri-ciri khusus yang melekat pada air susu segar. Dengan mengetahui  sifat-sifat air susu yang masih segar maka kita bisa bedakan air susu lama dengan yang baru hanya dengan melihat dan mencium sifat dari air susu tersebut.


Pada umumnya air susu sapi yang normal atau sehat mempunyai sifat tertentu:

Perhatikan Warnanya

Warna air susu yang sehat dan masih segar adalah putih kekuning kuningan dan tak tembus cahaya. Air susu yang berwarna agak merah atau biru atau terlalu encer seperti air adalah susu yang tidak normal

Waspadai apabila ditemukan warna air susu yang kemerah merahan memberi dugaan bahwa air susu tersebut berasal dari sapi yang menderita mastitis

Jika anda menemukan air susu sapi yang berwarna kebiruan, maka hal ini mengindikasikan dan menunjukan bahwa air susu tercampur air terlalu banyak

Perlu dicatat dan diperhatikan bahwa air susu berlendir, menggumpal, menendakan bahwa air susu tersebut telah rusak (terlalu asam)

Amati Bau dan Rasanya


Air susu yang masih segar dan murni rasanya enak, sedikit manis dan agak berlemak.
Air susu yang masih segar dan murni mempunyai bau yang khas. Bau yang asam menunjukan air susu sudah basi atau terlalu lama disimpan.
Air susu yang berbau busuk menunjukan air susu sudah rusak sama sekali.
Air susu yang rasanya asin atau mungkin agak asam pahit menunjukan bahwa air susu mulai rusak
Rasa hambar menunjukan air susu banyak tercampur air

Ukur Berat Jenis Air Susu

Air susu yang yang baik dan normal mempunyai bj 1.027-1.031 pada temperatur 27.5 derajat. Perbedaan bj yang menyolok harus dicurigai.

Berat jenis air susu sangat dipengaruhi oleh susunan air itu sendiri. Dalam hal ini yang menetukan ialah kadar bahan kering, semakin tinggi kadar bahan kering maka semakin tinggi bj nya begitu pula sebaliknya.

Berat jenis air susu juga dipengaruhi Temperatur.  Air susu akan mengembang pada suhu yang semakin tinggi, persatuan volume air suu pun mengembang pula menjadi ringan. Dan sebaliknya denga pendinginan air susu akan menjadi padat sehingga per kesatuan volumenya akan menjadi berat. Oleh karena itu di indonesia bj air susu ditetapkan 27.5 derajat(Pada suhu kamar).

Ukurlah Derajat Keasaman Air Susu 

Susu yang normal mempunyai derajat keasaman 4-7.5 derajat SH, susu yang rusak derajat keasamanya akan meningkat. Susu yang rusak derajat keasaman meningkat karena biasanya susu sudah mengalami fermentasi sebagai akibat dari cemaran microba pada susu.
Selain menyehatkan bila di konsumsi setiap hari manfaat lainnya dari susu murni sapi tersebut adalah sebagai berikut:
  • Menjaga kestabilan tekanan darah
  • Mencegah resiko penyakit jantung
  • Mengurangi resiko penyakit gondok
  • Membantu meringankan kerja otak besar
  • Baik untuk penderita anemia
Demikian beberapa ciri air susu sehat dan segar sebagai pengetahuan untuk dapat membedakannya dengan air susu yang sudah lama, basi atau sudah rusak. Semoga bermanfaat.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 06:46:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.