loading...

Ajaib! Page View Turun Tetapi Penghasilan Adsense Malah Naik

loading...
Page view blog tiba-tiba turun drastis tanpa tahu penyebabnya adalah hal yang paling ditakuti oleh blogger yang memang serius memonetize atau menjadikan blognya sebagai sumber penghasilan on line dari iklan.

Turunnya view atau jumlah pengunjung, secara normal tentunya bisa sangat berpengaruh terhadap penghasilan dari iklan, apa efeknya? Yang jelas view turun maka penghasilan umumnya akan turun juga jadi turunnya jumlah pengunjung blog memang bisa signifikan menurunkan pendapatan dari iklan baik itu adsense, mgid, adnow, adsensecamp maupun iklan jenis lainnya.

Apa penyebab view blog turun?
Beberapa penyebab page view suatu blog tiba-tiba anjlok, dari berbagai informasi yang beredar di internet dan hasil comot sana-sini dari beberapa situs yang memang kompeten membahas tentang blogger dan seluk beluknya, ternyata ada beberapa penyebab turunnya pengunjung atau view blog yang bisa diringkas dibawah ini, antara lain:
  • Sering gonta-ganti template
  • Google sedang update algoritma
  • Jarang update artikel baru (Penyakit Kambuhan Blogger he, he, he)
  • Blog kurang promosi
  • Musim liburan dan musim ujian (sering dilupakan blogger)
  • Tidak ada artikel andalan dalam blog yang tidak lapuk dimakan waktu alias selalu dicari pembaca
  • dll
Jadi saat view blog anda turun jangan panik dulu, teliti sebentar apa kira-kira penyebabnya karena penyebab blog turun bisa dari eksternal seperti update algoritma google search maupun memang lagi musim liburan. Setelah tahu pasti penyebabnya baru ambil tindakan yang tepat agar blog anda bisa naik lagi viewnya atau bahkan didiamkan saja dulu beberapa saat jika memang sedang musim liburan secara umum pengunjung blog akan turun bahkan bisa sangat drastis.

Page view turun tetapi penghasilan iklan naik? Mantap!
Jangan salah! anggapan bahwa jika pageview turun otomatis penghasilan dari adsense akan ikut turun. Pengalaman penulis bahkan menunjukkan seringkali page view turunn tetapi pendapatan dari iklan adsense bahkan naik dengan drastis, ajaib bukan?

Ternyata memang pendapatan dari blog yang berupa iklan seperti adsense misalnya akan sangat tergantung dari nilai klik per iklannya. Saat musim-musim tertentu, nilai klik iklan adsense bisa tinggi karena banyak iklan yang muncul memiliki nilai klik yang tinggi. Jadi bukan hal yang ajaib jika penghasilan dari adsense ternyata malah naik saat pageview blog kita turun karena dari faktor pengiklan ternyata membayar google adsense lebih mahal dan tentunya akan semakin besar pendapatan kita saat iklan tersebut banyak yang mengklik meskipun pengunjung blog sedang turun.

Iklan adsense juga terpengaruh oleh konten blog kita, iklan-iklan yang bernilai tinggi umumnya akan tampil pada konten artikel yang berkualitas dan memang original buatan blogger sendiri. Perlu dicatat juga bahwa berdasarkan pengalaman penulis, pengunjung yang berasal dari google search lebih dihargai oleh adsense dengan tampilan iklan yang mahal daripada pengunjung yang berasal dari media sosial, tetapi secara ilmiah masih perlu diteliti lagi kebenarannya karena mungkin juga blog lain mengalami yang sebaliknya.

Jadi yang namanya rejeki sudah ada yang mengatur dan kita hanya bisa mengusahakan dan berusaha sebaik-baiknya saja. Saat Page view blog turun tidak perlu panik karena kadang dan seringkali saat itulah kita mendapatkan berkah dengan naiknya pendapatan dari iklan, jadi ternyata bukan sesuatu yang ajaib juga saat pengunjung berkurang malah penghasilan iklan dari adsense naik. Semoga bermanfaat dan tetap jaga semangat ngeblog!

Loading...
loading...

Blog, Updated at: 19:00:00