Toko Pertanian MARDIKA TANI. Jl. Raya Sragen-Solo KM 7, Sragen Jawa Tengah. "Sedia AOS AMINO Ternak Untuk Sapi Cepat Gemuk dan Sehat" Kontak: Hp. 0822 2656 7891 / 0822 2122 5555

Cara Membuat Jus Kulit Manggis dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Posted by

Deskripsi Pohon Manggis. Batang manggis berbentuk pohon berkayu, tumbuh tegak ke atas. Kulit batang tidak rata dan berwarna kecoklat-coklatan, Tumbuhnya tunggal dan bertangkai pendek. Daun tanaman manggis berbentuk bulat telur / bulat panjang, Struktur helai daun tebal dengan permukaan berwarna hijau, mengkilap. Buah manggis berwarna merah keunguan ketika matang, meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah.

Tanaman Manggis adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari Kepulauan Nusantara. Tumbuh hingga mencapai 7 sampai 25 meter, Manggis berkerabat dengan kokam, asam kandis dan asam gelugur, rempah bumbu dapur dari tradisi boga India dan Sumatera.

Manggis bersifat apomiksis obligat, biji tidak berasal dari fertilisasi dan diduga mempunyai keanekaragaman genetik sempit, sehingga diperkirakan manggis di alam hanya satu klon dan sifatnya sama dengan induknya. Kenyataan di lapang menunjukkan adanya keanekaragaman tanaman manggis yang mungkin disebabkan faktor lingkungan mau pun faktor genetik akibat mutasi alami sejalan dengan sejarah tanaman manggis yang telah berumur ribuan tahun.

Buah manggis muda, dimana tidak memerlukan pemupukan untuk tumbuh (lihat agamospermy), pertama kali akan berwarna hijau pucat atau hampir putih di bawah kanopi. Saat buah membesar selama 2 hingga 3 bulan ke depan, warna kulitnya akan menjadi hijau gelap. Pada periode ini, pertumbuhan ukuran buah dapat meningkat hingga kulitnya berukuran 6-8 cm (2,4-3,1 inchi) dengan diameter luar, akan tetap keras hingga pematangan akhir tiba.

Buah manggis dalam perdagangan dikenal sebagai “ratu buah”, sebagai pasangan durian, si “raja buah”. Buah ini mengandung mempunyai aktivitas antiinflamasi dan antioksidan. Sehingga di luar negeri buah manggis dikenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi di dunia.
Manggis merupakan sebuah pohon tropis yang tumbuh dalam suhu hangat dan stabil, paparan suhu di bawah 0 °C (32 °F) untuk jangka waktu yang lama, umumnya akan membunuh tanaman dewasa. Hortikulturis yang berpengalaman telah menumbuhkan spesies ini di luar ruangan dan membawanya untuk dikembangkan di daerah ekstrim, selatan Florida.

Sifat kimia dari permukaan bawah kulit manggis terdiri dari berbagai polifenol, termasuk xanthones dan tanin yang menjamin astringent dapat menghambat perhatian serangga, jamur, virus tanaman, bakteri dan pemangsa hewan, pada saat buah belum matang. Perubahan warna dan pelunakan kulit menjadi proses alami yang menunjukkan pematangan buah dapat dimakan dan benih telah selesai berkembang.

Manggis Mengandung Xamthone
Komponen aktif utama dari buah manggis disebut xanthones. Xanthoneadalah sejenis senyawa polifenol yang baru ditemukan yang secara biologis aktif dan secara struktural mirip dengan bioflavanoids. Senyawa ini jarang terdapat di alam, paling banyak ditemukan hanya dalam dua keluarga tanaman. 200 jenis xhantones alami yang sejauh ini telah diidentifikasi. Sekitar 40 jenis diantaranya telah ditemukan dalam buah manggis.
Xanthone dan turunannya telah terbukti memiliki beberapa manfaat, termasuk anti-inflamasi dan anti-alergi. Ada juga komponen lain dari buah manggis yang memiliki kualitas obat, termasuk polisakarida, sterol, proanthocyanidins dan catechin, sehingga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan fungsi tubuh.

Rendah Kalori
Selain memiliki rasa yang lezat buah manggis juga rendah kalori. Cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang berdiet untuk menurunkan berat badan. Terdapat 63 kalori per 100 gr buah manggis. Tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Selain itu, buah manggis juga dapat mencukupi kebutuhan serat tubuh sebanyak 13 persen per 100 gramnya.

Kaya Vitamin C
Buah manggis dapat memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh sebesar 12 persen per 100 gram daging buahnya. Vitamin C merupakan vitamin larut air yang bekerja kuat sebagai antioksidan. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit seperti, flu, infeksi, hingga kanker.

Vitamin B Kompleks
Buah manggis juga mengandung vitamin B kompleks seperti thiamin, niacin, dan folat. Vitamin ini bertindak sebagai kofaktor dalam memetabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.

MANFAAT MANGGIS

Khasiat Buah Manggis Untuk Mencegah Kanker
Senyawa xamthone atau senyawa anti-kanker yang terdapat pada buah manggis bermanfaat baik untuk memperlambat proses tumbuhnya sel-sel kanker pada usus besar, dan kanker hati. Bahkan kandungan xanthone juga mampu memperlambat pertumbuhan sel-sel penyebab penyakit leukemia.

Mengobati Sariawan
Kandungan vitamin C pada manggis juga berfungsi untuk menyembuhkan sariawan. Cara membuat ramuan untuk mengobati sariawan yaitu dengan menyiapkan kulit buah dari 2 buah manggis yang dicuci dan dipotong-potong terlebih dahulu. Rebus kulit manggis dengan 3 gelas air sampai ukuran berkurang 50 persen. Setelah dingin, saring hasil rebusan dan buat untuk berkumur.

Mengatasi Diare
Buah manggis menjadi buah yang cukup populer di Filipina. Masyarakat Filipina biasanya menggunakan hasil rebusan daun manggis dan kulitnya untukmengatasi berbagai gejala penyakit seperti, menurunkan suhu tubuh saat demam, mengatasi diare, sariawan, disentri, hingga gangguan saluran kencing.

Anti kanker
Kandungan xanthone dalam kulit dan buah manggis bersifat anti proliferasi danapoptosis yakni, efektif untuk menghambat pertumbuhan sekaligus menghancurkan sel-sel kanker.

Mencegah Penyakit Jantung
Buah manggis juga mengandung sejumlah mineral seperti tembaga, mangan dan magnesium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh untuk membantu mengontrol detak jantung, dan tekanan darah. Dengan demikian, buah manggis menawarkan perlindungan terhadap stroke dan penyakit jantung koroner.

Meremajakan Kulit / Antioksidan
Catechins yang ada pada buah manggis ternyata dapat mengalahkan Vitamin C serta vitamin E yang ada dalam tubuh kita. Padahal dengan Vitamin C dan E inilah yang berguna untuk menangkal tubuh dari adanya radikal bebas. Kandungan anti oksidan di dalamnya mampu mencegah penuaan dini dan meregenerasi sel kulit. Bahkan pada Anda yang mengalami berbagai penyakit kulit.

Khasiat Jus Buah Manggis untuk Menghilangkan Rasa Sakit
Jika anda mengkonsumsi jus buah manggis setiap hari maka dapat membanti mengurangi rasa nyeri. Teori ini sudah banyak dibuktikan oleh beberapa ahli dengan beberapa responden.

Manfaat Buah Manggis Untuk Mencegah Batu Ginjal
Seseorang yang mengkonsumsi buah manggis maka akan sering mengalami buang air kecil, hal inilah yang bisa menghindarkan anda dari penyakit batu ginjal.untuk mendapatkan manfaatnya usahakan konsumsi buah manggis rutin minimal 3 ons dalam tiap harinya.

Khasiat Buah Manggis Untuk Menurunkan Berat Badan
Ternyata kandungan Xanthone selain bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes dan penyakit jantung, zat Xanthone ini juga bermanfaat untuk melunakkan kembali sel-sel membrane yang sudah membesar dan mengeras bersama besarnya tubuh kita.

Menurunkan kolesterol
Kolesterol yang berlebihan akan menempel di dinding dan menyempitkan pembuluh darah. Dan kondisi ini bisa dikurangi dengan zat xanthones yang terdapat pada buah manggis.

BAHAYA DAN EFEK SAMPING KULIT BUAH MANGGIS

Seperti berbagai bahan herbal lainnya, tubuh tentu akan mengalami anti-reaksi terhadap pemakaian pertama kali. Nah, berdasarkan mangosteen-natural-remedies.com, yang biasanya terjadi dari efek samping ramuan kulit manggis adalah:

Alergi ringan : Kulit menjadi kemerahan, Terjadinya pembengkakan, Gatal-gatal pada beberapa bagian tubuh, Kulit jadi bersisik.

Alergi yang mempengaruhi sistem kerja tubuh : Nyeri sendi, Sakit kepala, Nyerit otot, Perut mual, kembung, Insomnia dan gangguan istirahat lainnya seperti jantung berdebar.

Ringkasan Manfaat Buah Manggis
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh
  • Menyembuhkan peradanganMemperbaiki komunikasi antar sel
  • Mengagalkan kerusakan DNA.
  • Alat bantu sistem getah beningMembantu penurunan berat badan
  • Menyeimbangkan sistem kelenjar endokrin
  • Membantu meringankan penyakit wasir
  • Membantu menurunkan kadar gula dalam dara
  • Meringankan penyakit kulit kemerah-merahan/bersisi
  • Membantu menyembuhkan luka
  • Membantu mencegah penyakit jantung
  • Memperkuat pembuluh darah
  • Menurunkan kolesterol LDL
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Membantu mencegah arteriosclorosis
  • Membantu menghentikan diare
  • Dapat meringankan peradangan usus besar ataupun kecil
  • Bisa mencegah salah satu penyakit radang usus besar
  • Membantu menurunkan demam
  • Dapat mengatasi keracunan makanan
  • Menyembuhkan luka tenggorakan
  • Membantu menyembuhkan sariawan
  • Membantu mengurangi migran (sakit kepala sebelah)
  • Dapat  mengurangi sakit gigi
  • Dapat meningkatkan kemampuan untuk mengatasi stess
  • Dapat membantu meringankan sakit perut.
  • Meringankan radang tenggorokan (bronchitis), pembengkakan paru-paru (emphysema), dan radang paru-paru (pneumonia).

Cara Membuat Jus Kulit Manggis
Saat Anda makan buah manggis, kulitnya jangan langsung dibuang. Karena justru dalam kulit manggis tersebut terdapat khasiat yang besar bagi kesehatan. Kita bisa memanfaatkannya dengan mengolah kulit buah manggis menjadi minuman yang dikonsumsi secara rutin. Minuman sari kulit buah manggis terkenal dengan nama sirup xanthone. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.
Caranya dengan mencuci bersih kulit 2 buah manggis, kemudian direbus dalam 4 gelas air. Masak hingga tinggal 2 gelas saja. Minumlah secara rutin 2-3 kali sehari. Anda juga bisa mengolah jus buah manggis seperti membuat jus pada umumnya. Bila kurang manis, Anda bisa menambahkan madu.

Hati-hati dalam mengonsumsi kulit buah manggis, konsultasikan pada ahlinya agar tidak menimbulkan efek samping karena salah dalam mengonsumsinya seperti keracunan, alergi dan lain-lain.

Loading...
loading...

Blog, Updated at: 18:54:00

0 komentar: